Menu

Tim ITB & UGM Juara Geoquiz Competition di Ajang GIW 2018, Malaysia

May
23
2018
loading...
by : . Posted in : Post

Tim mahasiswa geologi Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) mengharumkan nama bangsa dengan berhasil meraih juara 1 dan 2 di ajang Geoquiz Competition dalam acara Geoscience Industrial Week (GIW) 2018 yang diselenggarakan Departemen Geologi Universiti Malaya pada 16 April 2018 di Malaysia.

Tim mahasiswa Geologi (GEA) Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB berhasil meraih juara pertama di ajang Geoquiz Competition setelah berhasil menyisihkan tim mahasiswa dari UGM.

“Sebenarnya mahasiswa ITB yang masuk finalis di Geoquiz Competition ini ada 6 orang, yaitu Alfath Salvano, Aditya Rizki R, Aditya Yuda, Berliana Yuniar, Hamzah Zamzani, dan Dimas Adi H. Mereka yang berhasil meraih juara satu adalah Alfath, Rizki, dan Yuda,” ujar Fivien Nur Savitri, Kasubdit Humas dan Publikasi ITB.

Di kejuaraan ini, para peserta diuji kemampuannya dalam penguasaan bidang ilmu kebumian dan aplikasi terapannya. Ajang tersebut dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama di pagi hari dan sesi kedua di sore hari. Sebanyak 45 pertanyaan harus dihadapi para peserta pada sesi pertama sebelum menghadapi 60 pertanyaan berikutnya pada sesi kedua untuk dinyatakan sebagai juara GIW 2018.

Saat ditanya tentang persiapan menghadapi ajang ini, Rizki mengatakan bahwa mereka hanya memiliki waktu 2 minggu sejak dinyatakan lolos hingga hari perlombaan. Minggu pertama mereka gunakan untuk mengurus segala keperluan administrasi, baru setelah itu mereka mulai fokus membaca dan mempelajari materi-materi untuk kompetisi.

Rizki mengungkapkan pentingnya kerja sama dalam menghadapi kompetisi ini. “Kami bagi-bagi jobdesc. Kita bidang dan minatnya di mana lalu itu yang kita perdalam. Lalu, kita pakai strategi dan percaya sama teman sendiri,” ungkapnya.

Berhasil menjadi juara pertama bukan berarti mereka tidak menemui kendala sama sekali. Cakupan pertanyaan yang luas selama kompetisi menjadi kesulitan tersendiri. Pertanyaan mengenai geoscience dianggap sebagai yang paling sulit karena cakupannya yang luas.

“Yang sulit bagi kami adalah ketika yang keluar itu bukan pertanyaan geologi tapi pertanyaan tentang perminyakan dan pertambangan,” katanya.

Meskipun ia mengaku tidak mudah meraih juara satu di Geoquiz Competition namun ia merasa semua itu tak lepas dari doa kedua orang tua dan bimbingan dosen mereka, Alfend Rudyawan, S.T, M.T., Ph.D. Rizki dan teman-teman satu timnya merasa bersyukur dengan kemenangan ini.

“Senang bisa bawa nama Indonesia. Kan ini cita-cita setiap orang bisa membawa nama negara di tingkat internasional,” katanya.

Ia berpesan agar mahasiswa ITB tidak hanya fokus pada kemampuan akademik namun juga peduli kepada masyarakat di sekitar. “Seberapa besar kita berpengaruh di Indonesia. Seberapa besar kita mengharumkan nama Indonesia. Kita harus peduli pada masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Adapun tim mahasiswa Teknik Geologi UGM yang tergabung dalam tim Gama Cheetah berhasil menyabet juara 2 dalam Geoquiz Competition tersebut. Tim ini terdiri dari Fauzy Habibie Akhyar, Aditya Hirawan, dan Aya Shika Vinaytha Bangun.

Fauzy Habibe Akhyar mengungkapkan bahwa kompetisi pada tahun ini berlangsung cukup ketat. Terlebih diikuti oleh tim-tim yang pernah meraih gelar juara dalam kompetisi ini di tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini merupakan kali kedua bagi tim Gama Cheetah untuk beradu kemampuan dalam ajang tersebut. Namun, perwakilan UGM pada kali ini harus puas untuk berada di posisi kedua. Sementara peringkat pertama diraih tim ITB dan posisi ketiga tim Chulalongkorn University.

“Kami sudah menunjukkan kemampuan optimal dalam kompetisi ini. Namun, kali ini tim Gama Cheetah belum berhasil mempertahankan gelar juara yang diraih tahun lalu kalah dengan ITB dengan terpaut skor yang cukup tipis,” jelasnya di Kampus UGM.

Aditya Hirawan menyebutkan meski belum bisa mempertahankan gelar juara, namun keikutsertaan dalam ajang GIW ini menjadi pengalaman yang cukup berharga bagi mereka. Bahkan, menjadi pemicu untuk lebih baik lagi di masa mendatang agar dapat merebut kembali gelar juara dalam kompetisi ini.

Sumber: itb.ac.id (01/05/18), ugm.ac.id (25/04/18)

Indonesia Proud

artikel lainnya Tim ITB & UGM Juara Geoquiz Competition di Ajang GIW 2018, Malaysia

Thursday 4 January 2018 | Post

2016 turns out to be an awesome year in term of the number of flights I…

Tuesday 17 March 2015 | Post

HASIL EKSPOR ATAU DARI PENJUALAN JASA MAUPUN DARI TRANSFER. Tingkat devisa umum ditentukan oleh penawaran dan…

Sunday 8 October 2017 | Post

Artis Strength and Fitness – Cross-Training Coaching Comments Gym closed today! Open gym from 7am-8am! If…

Wednesday 6 September 2017 | Post

Kami Three S Entertainment, melayani sewa organ tunggal dengan harga murah di jabodetabek, jakarta, depok, bekasi,…