Menu

Aries Susanti Rahayu Raih Juara Dunia Panjat Tebing (IFSC) di China

May
18
2018
loading...
by : . Posted in : Post

Kiprah anak negeri di panggung olahraga dunia kembali terukir manis melalui sosok Aries Susanti Rahayu. Atlet panjang tebing asal Indonesia itu berhasil merebut gelar juara dunia dalam kejuaraan International Federation of Sport Climbing (IFSC) yang berlangsung pada 5-6 Mei 2018 di Chongqing, China. Sementara itu, rekannya Puji Lestari menempati podium ketiga.

Tak ada yang menyangka jika wanita berhijab asal Grobogan, Jawa Tengah ini bisa mencuri perhatian, di tengah ketatnya persaingan menghadapi atlet-atlet dari benua Eropa berhasil meraih medali emas di nomor final step-for-step untuk kategori Women Speed.

Lawan yang dihadapi wanita berusia 23 tahun itu bukan atlet sembarangan. Di final, Aries harus menghadapi atlet tangguh dari Rusia, Elena Timofeeva, yang notabene peringkat ketiga kejuaraan dunia sebelumnya di Moskow, Rusia.
Namun, Aries tak terpengaruh dengan popularitas sang lawan. Dia begitu percaya diri melesat melawan gravitasi dan tanpa kesalahan mencapai papan puncak setinggi 50 kaki. Dia berhasil mencatatkan waktu tercepat 7,51 detik. Sedangkan sang lawan harus puas hanya meraih medali perak setelah membukukan waktu 9,01 detik. Ini merupakan gelar pertama bagi Aries Susanti dalam kejuaraan.IFSC mencatat Aries Susanti menempati peringkat ke-5 dunia. Pada tahun lalu, di kejuaraan yang sama dirinya menempati peringkat ke-13. Terhitung sejak tahun 2017 hingga sekarang, Aries Susanti telah mengikuti perlombaan panjat tebing yang diselenggarakan oleh IFSC sebanyak 5 kali, yaitu:

  1. Asian Continental Championship 2017 di Teheran, Iran
  2. IFSC Climbing Worldcup 2017 di Wujian, China
  3. IFSC Climbing Worldcup 2017 di Xiamen, China
  4. IFSC Climbing Worldcup 2018 di Moskow, Rusia
  5. IFSC Climbing Worldcup 2018 di Chongqing, China

Sumber: sport.bisnis.com, sulselsatu.com (09/05/18), sport.idntimes.com (11/05/18)

Indonesia Proud

artikel lainnya Aries Susanti Rahayu Raih Juara Dunia Panjat Tebing (IFSC) di China

Friday 10 November 2017 | Post

Nah ini dia seragam yang sedang jadi trend. Kombinasi batik dengan polos sehingga lebih terlihat muda.…

Tuesday 23 May 2017 | Post

MUSEUM Tekstil boleh “ngumpet” di belakang pedagang kaki lima di Jalan KS Tubun, Tanah Abang, Jakarta…

Thursday 27 July 2017 | Post

Kabar gembira datang dari Inggris. Paduan Suara Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PSM ITS) Surabaya menorehkan…

Wednesday 4 January 2017 | Post

Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start writing!