Menu

Lewat Alat Deteksi Serangan Jantung, Mahasiswa Undip Raih Medali di Jerman

Feb
05
2018
by : . Posted in : Post

Tim mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menorehkan prestasi yang membanggakan dengan berhasil meraih medali lewat hasil temuan merekan berupa alat pendeteksi jantung pintar di ajang iENA International Trade Fair Ideas Inventions New Products Germany 2017 yang berlangsung di Nuremberg Jerman pada 2-5 November 2017.

Tingginya angka kematian akibat penyakit jantung membuat Christian M.T Sinaga, Kawidian Putri Bayu Alam, Mariana Tampubolon, Nurwarrohman Andre Sasongko, dan Hizroh Rochmah Tulloh membuat alat untuk mendeteksi secara sigap perubahan detak jantung untuk mencegah serangan mendadak yang disebut SAD-Heart/Smart Alert Detection of Heart.

Atas temuan tersebut, mereka berhasil meraih silver medal pada ajang bergengsi iENA International Trade Fair Ideas Inventions New Products Germany. Tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan penghargaan khusus berupa special awards dari JSC NIIAS, Rusia.

Tim berhasil membawa pulang silver medal setelah bersaing dengan 850 inventors dari 45 negara, di antaranya dari Jerman, Hong Kong, India, Iran, Iraq, Malaysia, Rusia, Korea, Portugis, dan Polandia yang mengikuti ajang tahunan yang diselenggarakan International Federation of Inventors Association (IFIA).

Ajang tersebut memang dikenal giat mencari generasi penemu dari belahan dunia. Tim berharap prestasi yang sudah diraih dapat menginspirasi mahasiswa Indonesia untuk mengembangkan ide dan temuannya. Harapan khusus dari tim semoga penemuan alat jantung pintar selanjutnya dapat dikembangkan dan kelak bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia sehingga menurunkan angka kejadian kematian akibat serangan jantung.

Sumber: undip.ac.id (28/12/17), okezone.com (29/12/17)

Indonesia Proud

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Lewat Alat Deteksi Serangan Jantung, Mahasiswa Undip Raih Medali di Jerman

Tuesday 16 January 2018 | Post

Bazaarjakarta.com kembali menyelenggarakan bazaar di Jakarta, dengan jadwal sebagai berikut: Bazaar Gedung ANTAM Jakarta : 31…

Thursday 21 December 2017 | Post

Prof. Dr. Hendarmawan, Ir. M.Sc., (kedua dari kanan) bersama Dekan FTIP Unpad Dr. Edi Suryadi, M.T.,…

Friday 7 April 2017 | Post

Rey Enterprise mempersembahkan Bazaar Perkantoran dan Mall Jakarta 2017: Bazaar Multi Product @ Area Lobby &…

Friday 17 February 2017 | Post

asyiknya berjualan di tungguin sama anak, hehe… Padahal anaknya yang lebih senang karena berhasil “nginthili” alias…