Menu

Tim Peneliti Unpad Raih Penghargaan Green World Awards 2017 di Dubai

Dec
21
2017
loading...
by : . Posted in : Post

Prof. Dr. Hendarmawan, Ir. M.Sc., (kedua dari kanan) bersama Dekan FTIP Unpad Dr. Edi Suryadi, M.T., (kedua dari kiri) dan Dosen FTG Unpad Dr. Cipta Endayana, M.T., (paling kiri) saat menerima penghargaan “Green Award 2017” di Dubai

Tim peneliti dari Indonesia dari Universitas Padjadjaran (Unpad) berhasil meraih penghargaan bergengsi di Ajang Green World Awards 2017 di Dubai. Penyerahan piala dan sertifikat dilakukan di The RTA Auditorium, Dubai, pada 11 Desember 2017 yang diwakili Hendarmawan, Edy Suryadi, dan Cipta Endayana.

Tim ini merupakan satu-satunya tim dari Indonesia yang berhasil meraih penghargaan atas dedikasinya dalam aplikasi pengelolaan lingkungan terbaik di dunia. Tidak kurang dari 500 tim telah dinominasikan dan setelah proses seleksi yang ketat ini, tim Indonesia berhasil keluar sebagai tim terbaik dalam kategori Sustainability and Water Management.

Tim peneliti dari Unpad ini tergabung dalam Sustainable Water Resources Team di Unpad yang beranggotakan para doktor dan profesor dari 3 cabang keilmuan, yakni dari Fakultas Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Industri dan Pangan, serta Fakultas Ilmu Komunikasi. Selain itu, penelitian ini didukung pula oleh BATAN dan PUSAIR.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Prof. Dr. Hendarmawan, Ir., M.Sc., Prof. Dr. Edi Suryadi, Ir., M.T., Dr. Agus Rahmat, M.Pd., Dr. Cipta Endayana, M.T., Teuku Yan Waliana Muda Iskandarsyah, PhD, Undang Mardiana, M.T., Petrus Satiman, M.T., Satrio, M.T., dan Febriwan Mochamad, M.T.

Hendarmawan mengemukakan bahwa penelitian ini berupaya mengonservasi ketersediaan air di daerah kawasan industri dan permukiman melalui rekayasa metode tertentu. Penelitian ini telah dilakukan Prof. Hendarmawan sejak 2007 silam. Metode rekayasa ini menghasilkan hubungan sosial yang erat antara industri dan masyarakat. Selain bersifat transdisiplin, secara tidak langsung penelitian ini telah mengimplementasikan model kerja sama antara akademisi, industri, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Ada cerita menarik dari keikutsertaan Unpad di ajang “Green World Award 2017” ini. Hendarmawan menceritakan bahwa keikutsertaan tersebut berawal saat ia mengajukan hibah internasional ke Uni Eropa.

“Beberapa teman-teman senior di Eropa tertarik dengan penelitian ini. Mereka pun mendorong saya untuk mengikutsertakan penelitian ini di lomba,” jelasnya.

Alasannya, penelitian ini sudah sampai pada taraf pelibatkan transdisiplin ilmu. Di Uni Eropa sendiri, belum ada penelitian terkait ini yang melibatkan peneliti dari berbagai bidang ilmu.

Hasil penelitian tersebut akan dipublikasikan dalam The Green Book, sebuah referensi internasional terkemuka terkait beberapa aplikasi pengelolaan lingkungan terbaik dari seluruh dunia. Beberapa negara juga tercatat sebagai penerima penghargaan untuk dedikasinya pada lingkungan, seperti Inggris, Korea Selatan, Turki, Malaysia, dan India.

Green World Awards merupakan ajang dimana sektor-sektor strategis seperti National Government, Regional Government, Government Agency, Industry, maupun sector academia diberikan penghargaan atas dedikasinya terhadap pratik pengelolaan lingkungan terbaik di seluruh dunia dalam menghadapi tantangan isu global climate change.

Ajang yang telah digelar sejak tahun 1994 ini dikelola oleh The Green Organization, sebuah organisasi nirlaba internasional, independen, dan tidak berafiliasi dengan kelompok politik tertentu. The Green Organization Headquarter bermarkas di London, Inggris. Penyelenggaraan lembaga ini didukung penuh oleh The Environment Agency, Chartered Institute of Environmental Health, dan the Chartered Institution for Wastes Management, dan badan independen lainnya.

Sumber: kemlu.go.id (19/12/17), unpad.ac.id (18/12/17)


Indonesia Proud

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

artikel lainnya Tim Peneliti Unpad Raih Penghargaan Green World Awards 2017 di Dubai

Tuesday 20 June 2017 | Post

Eterna NYM 3×2.5 (50 m) Rp 466.000,- (klik untuk ukuran lain) Supreme NYM 3×2,5 (50 m)…

Monday 17 November 2014 | Post

RI DEWARUCI Dewaruci dianggap sebagai kapal “Ibu” karena dari sinilah kemudian dilahirkan pelaut-pelaut ingguh TNI Angkatan…

Tuesday 27 June 2017 | Post

Buat yang lagi pengen ke mall daerah Jakarta Selatan khususnya Tebet, mall Kota Kasablanka bisa jadi…

Saturday 21 October 2017 | Post

Perpustakaan identik dengan orang aneh. Orang yang mau-maunya masuk ke lorong-lorong sempit. Diapit oleh lemari tinggi.…