Menu

2017
by : . Posted in : Post

Jogja – Solo Magelang dalam 14 Jam

Awal Agustus ini saya dapat undangan resepsi pernikahan salah satu rekan di kantor, resepsinya Sabtu tanggal 19 Agustus di Solo, so yeah… ini akan jadi pertama kalinya saya ke Solo. Tapi kenapa ada Jogja dan Magelang? Iya, karena tanggal 17 Agustusnya libur dan ada beberapa teman yang akan datang resepsi akhirnya memutuskan ambil cuti dan liburan di Jogja tanggal 18 – 19 Agustus sebelum dan sesudah acara resepsi. Jadi, saya ikut mereka dulu jalan jalan di Jogja di hari kedua saja, tanggal 18nya saya masih ngantor (ceritanya rajin 😎), baru berangkat ke Jogja dengan kereta tanggal 18 malam.

Untuk tanggal 19 Agustus, kami jadwalkan berburu sunrise ke Punthuk Setumbu di Magelang, baru kemudian ke acara resepsi di Solo dan sorenya free time nunggu waktu balik. Karena harus ngejar moment sunrise, maka wajib tiba dini hari di Jogja, jadinya saya dan beberapa teman memilih berangkat Jumat malam dengan kereta Argo Lawu yang jadwalnya paling cocok tiba di Stasiun Yogyakarta jam 3.48. Oke Jumat malam perjalanan dimulai dari Gambir dengan Argo Lawu.

KA Argo Lawu | photo: fazword

14 jam Jogja, Magelang dan Solo bukan dimulai dari Gambir, tapi dimulai dari setiba di Stasiun Yogyakarta tepat pukul 4.00 WIB saat saya bangunin teman yang sudah di Jogja untuk ketemu di stasiun.

Stasiun Yogyakarta | photo: fazword

• Mulai: 4.00 WIB tiba di Stasiun Yogyakarta

Untuk transportasi kami sewa mobil + driver 12 jam dari jam 4 pagi ini sampai jam 4 sore nanti, cocok untuk diajak maen sekalian resepsi ke Solo. Pagi itu mobil sewaan kami sudah datang, jadi langsung aja di mobil sambil nunggu teman lainnya datang dari penginapannya dekat stasiun. Setelah kumpul semua, langsung tancap gas ke Magelang, tujuan Punthuk Setumbu. Jogja – Punthuk Setumbu pagi itu ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dengan suasana jalanan sepi menjelang shubuh. Kami tiba di Punthuk Setumbu selepas orang pulang berjamaah shubuh di masjid, sekitar jam 5.15.

• 5.15 WIB: tiba di Phuntuk Setumbu

Parkr Punthuk Setumbu | photo: faztravelog

Berhubung weekend, di parkiran Punthuk Setumbu waktu itu cukup ramai wisatawan yang datang… tapi ternyata di atas ntar lebih rame lagi hahaha

Kami langsung beli tiket masuk Punthuk Setumbu untuk wisatawan domestik dengan harga 15ribu/orang.

Tiket Punthuk Setumbu | photo: faztravelog

Sebelum masuk gerbang pendakian ke Punthuk Setumbu ada musholla jadi kami sholat dulu sebelum naik. Beres sholat langsung naik. Perlu kurang lebih 10 menit untuk mendaki dengan medan yang lumayan bikin ngos ngosan haha.. jalanan naik ke Punthuk Setumbu sudah bagus.

Jalan Naik ke Punthuk Setumbu | photo: faztravelog

Sambil naik ke atas kelihatan pagi itu berkabut, sepertinya sunrise akan tertutup…. Nah tips untuk fans film AADC 2 nih,Β  paling cocok nanjak ke Punthuk Setumbu ini sambil dengerin lagunya Melly Goeslaw yang Jangan Ajak Ajak Dia hahaha.. ya kan? πŸ˜›

Tiba di puncaknya yang namanya Nirwana Sunrise Punthuk Setumbu, sebagai penikmat sunrise saya setuju dengan nama ini karena dari tempat ini bisa melihat sang fajar terbit di antara dua lereng Merapi dan Merbabu, coba deh browsing hashtag #punthuksetumbu di instagram… an eyegasm πŸ™‚ πŸ™‚

Sayang sekali waktu itu sedang berkabut…

Sunrise Punthuk Setumbu | photo: faztravelog

• 5.58: Nirwana Sunrise Punthuk Setumbu

Sang surya memang tidak pernah ingkar janji untuk kembali lagi setelah gelap semalam, perlahan lahan cahaya jingga muncul di antara lebatnya kabut pagi itu…

Semakin tinggi semakin jelas, selamat pagi! πŸ™‚

• 6. 10 WIB: Selamat pagi!

Sunrise Punthuk Setumbu | photo: faztravelog

Selain sunrise, dari Punthuk Setumbu ini juga bisa terlihat Candi Borobudur yang pagi itu berbalut kabut, syahdu sekali.

Ada yang lihat Borobudur di foto – foto di atas? Lebih jelasnya ini posisinya

Oke stop, kita nikmati pagi dulu.

…………………………..

Menjelang setengah 8 pagi, kami akhirnya harus turun dan kembali ke Jogja. Harus segera persiapan ke Solo, agenda utama trip ini kan di Solo hehe.. mengingat perjalanan Jogja – Solo sekitar 2 jam jadi maksimal kami sudah harus berangkat ke Solo sekitar jam 9.

Satu sisi lain di Punthuk Setumbu adalah view ini, lumayan banyak juga muncul di instagram.

Punthuk Setumbu | photo: faztravelog

• 7.35: Turun dari Punthuk Setumbu

Jalanan Punthuk Setumbu | photo: faztravelog

Kami langsung jalan lagi ke Jogja ke penginapan teman yang kemarin, sebelum kesana kami mampir cari sarapan dulu di… saya lupa nama jalannya, tapi yang pasti sarapannya di angkringan, mumpung lagi di Jogja jadi harus cobain makan di angkringan di kota asalnya.

Setelah numpang mandi dan siap – siap di penginapan teman, langsung checkout dan berangkat ke Solo.

• 9.30: Berangkat ke Solo

Termasuk sudah telat sih ini berangkatnya jam setengah 10 karena undangan resepsinya cuma sampai jam 12. Kalo perjalanan pas 2 jam berarti sampai sana sekitar setengah 12, sudah mau beres haha.. dan ya betul sekali kami tiba di tempat resepsi jam setengah 12 lewat.

• 11.30 – 13.05: Solo, resepsi

Kenapa bisa sampe jam 1 padahal acaranya sampai jam 12? Karena sudah kepalang tanggung datang acara mau beres, akhirnya lanjut aja ngobrol di lokasi acara sampai mempelainya pulang duluan dibanding kita πŸ˜›

Ok perjalanan selanjutnya balik ke Jogja, estimasi sampai Jogja sekitar jam 3 sore. Perjalanan balik kali ini beberapa kali ketemu macet apalagi saat dekat bandara Adi Sucipto karena waktu itu sedang ada acara wisuda penerbang Sekolah Penerbang TNI AU di Lanud Adi Sucipto.

• 15.15: Alun – Alun Utara Jogja

Tiba di Jogja dan karena selanjutnya adalah acara bebas, kami akhirnya minta didrop-off di Alun Alun Utara Jogja ke pak sopir mobil sekalian waktu sewanya juga habis disitu. Di situ juga ada Masjid Gede Kauman, jadi bisa sholat sekalian. Selesai sholat, sisa waktu dihabisin dengan jalan-jalan di alun-alun sambil nunggu waktu pulang. Saya sendiri akan pulang ke Bandung dengan penerbangan Lion Air JT755 jam 18.10 , teman yang lain akan langsung pulang ke Jakarta dengan kereta sekitar jam 7 malam. Jadi, masih ada beberapa jam yang bisa dinikmati sore itu. Di alun-alun bisa ngapain aja? Bisa foto-foto πŸ˜€ . Oh ya karena menurut info tidak boleh bebas masuk Keraton, jadi cukup di depan nya aja.

Alun – Alun Utara Jogja | photo: faztravelog

Di Alun – Alun ini rasanya pemandangan luas sekali, mungkin karena kebanyakan lihat macet dan gedung tinggi di Jakarta kali ya πŸ˜€

Alun Alun Utara Jogja | photo: faztravelog

Karena flight saya jam 18.10, jadi sekitar jam 5 saya sudah harus tiba di Bandara Adi Sucipto. Akhirnya, sekitar jam setengah 5 saya pamit ke teman – teman dan otw ke JOG. Ke bandara kali ini saya pake ojek online biar bisa lebih cepat lewatin macet tadi.

• 16.21: Otw Bandara JOG

Sekitar jam 17 sore saya tiba di Bandara JOG, kemudian ke check in desk untuk cetak ulang boarding pass yang sudah saya check-in kan via web sebelumnya.

• 17.09: Bandara Adi Sucipto

Flight saya ke Bandung sudah tertera di FIDS dan dijadwalkan berangkat on time.

FIDS Bandara JOG | photo: faztravelog

Oh ya saya ketemu teman yang tadi datang di resepsi juga, dia seharusnya terbang ke Surabaya jam 4 sore tapi malah delay jadi jam 6 haha.. malah ketemu saya yang flightnya belakangan.

• 17.45: Boarding flight JT755

Pukul 17.45 panggilan boarding untuk penerbangan saya terdengar, penerbangan teman saya tadi belum ada juga haha πŸ˜›

Saya boarding duluan ditemani Sunset di Jogja sore itu, wonderful Jogja! πŸ™‚

Sunset Bandara Jogja | photo: faztravelog

• 18.23: Takeoff dan terima kasih 14 Jam Jogja, Magelang, dan Solo!

Setelah menunggu giliran takeoff yang sore itu cukup lama, akhirnya jam 18.23 pesawat saya takeoff menuju Bandung untuk penerbangan kurang lebih 40 menit ke depan. Dan disinilah, 14 jam di Jogja, Magelang dan Solo saya berakhir. Terima kasih, saya pasti kembali lagi. Rasanya masih banyak tempat yang harus dikunjungiΒ  setelah mendengar cerita teman saya yang liburannya dua hari.

Fazword’s Travelog

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Jogja, Magelang dan Solo dalam 14 Jam

Thursday 9 October 2014 | Post

PUBLIC SPEAKING Public Speaking pada kenyataannya sangat dekat dengan ehidupan kita sehari-hari. Kita menikmati sebuah public…

Monday 26 June 2017 | Post

Prestasi membanggakan di bidang olahraga sepak bola kembali ditorehkan anak Indonesia di level intersional. Tim Sekolah…

Monday 25 September 2017 | Post

Aku dan Laptop Baru Impianku (An story by Rezky YayangYakhamid)   Oktober 2017 “Selamat sore,” “Sore,”…

Sunday 10 December 2017 | Post

Festival Jaksa Reborn & Jaksa Etnic Festival 2017 22-23 Desember 2017 @ Sepanjang Jalan Jaksa Jakarta…