Menu

Mahasiswa Indonesia Juara Lomba Animasi Asiagraph Reallusion 2017 di Taiwan

Sep
12
2017
by : . Posted in : Post

Lewat karya film animasi pendek, mahasiswa dari Universitas Surya, Tangerang, dan Unikom Bandung mengharumkan nama Indonesia dengan berhasil merebut penghargaan ajang lomba animasi internasional Asiagraph Reallusion Award 2017 yang berlangsung di Hall Universitas Seni Nasional Taiwan pada 23-25 Agustus lalu.

Asiagraph adalah organisasi di bidang pendidikan yang berfokus pada pengembangan teknologi digital, industrial, cultural trends melalui media publish,  moving images, animation, games, dan media art. Asiagraph beranggotakan sarjana dan peneliti-peneliti yang berasal dari bidang pendidikan (universitas), pemerintah, dan perusahaan (industri kreatif) dari berbagai  negara di kawasan Asia Pasifik. Bekerja sama dengan Reallusion Inc., Taiwan, Asiagraph mengadakan perlombaan pembuatan film animasi pendek dalam waktu 48 Jam Nonstop setiap tahunnya.

Dua kelompok mahasiswa itu berhasil mengalahkan 19 tim kuat dari berbagai negara di Asia, seperti Jepang, Malaysia, Cina, Thailand, dan tuan rumah Taiwan.

Tim Universitas Surya yang terdiri atas Faustine Angeline, Grace Samantha Rottie, dan Ray Paulus Timorason meraih best film dengan judul Sidewalk.

Adapun Tim Fadlan Production dari Unikom, Bandung, yang terdiri dari Mohammad Sirojuddin, Dinda Herdiawan, dan Januar Primasti meraih outstanding work dengan animasinya yang berjudul Under the Moonlight.

Sebelumnya, kedua tim tersebut menjadi pemenang di tingkat nasional dalam Local Round Road to Asiagraph 2017 setelah menyisihkan 18 tim universitas yang ada di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta pada 10 Mei lalu di Tarumanagara Knowledge Centre, Universitas Tarumanagara, Jakarta Barat. Dalam lomba tersebut, peserta diwajibkan membuat sebuah video animasi menggunakan software iClone 3D berdurasi maksimal lima menit pada tahap praseleksi.

Kemenangan ini diharapkan dapat meningkatkan sumber daya pada industri kreatif bidang film dan animasi. Di era digital sekarang ini, salah satu bidang yang terus bergerak cepat adalah animasi yang mulai digunakan untuk berbagai keperluan. Kemenangan Indonesia dalam bidang animasi membuktikan bahwa kemampuan Indonesia tidak kalah dari negara lain dan siap bersaing di kancah internasional.

Sumber: tempo.co, surya.ac.id (31/08/17)


Indonesia Proud

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Mahasiswa Indonesia Juara Lomba Animasi Asiagraph Reallusion 2017 di Taiwan

Tuesday 17 January 2017 | Post

Selamat Datang di Museum Angkut | photo: fazword Setelah sebelumnya kita ke Jatim Park 2, tujuan…

Saturday 17 February 2018 | Post

Dear Bazaar Lovers… Bazaar Graha Mandiri : 27-29 Maret 2018 28-30 Mei 2018 Calling All Tenant!!!…

Sunday 4 October 2015 | Post

Hyperlink Membuat atau mengedit alamat hyperlink. 22 Links Mengedit Links penghubung ke dokumen lain. 23 Plug-in…

Saturday 7 February 2015 | Post

Mata Pelajaran Seni Budaya untuk Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunalaras (SMPLB – E) A. Latar…