Info Jakarta

pusat informasi di kota jakarta

Menu

Jepang akan Kembangkan Tenaga Surya

Sep
17
2017
by : . Posted in : Post

Perdana Menteri Jepang Naoto Kan

Wartapedia – Seperti diketahui bencana tsunami yang melanda pesisir timur Jepang juga menghantam reaktor nuklir Fukushima Daiichi. Hantaman gelombang itu menyebabkan kebocoran pada pembangkit nuklir. Akibat kebocoran tersebut Jepang mengalami krisis energi.

Tidak mau kejadian serupa terulang, Pemerintah Jepang mengumumkan akan mengembangkan panel surya sebagai alternatif energi terbarukan. Jepang berencana tidak lagi mengandalkan nuklir sebagai energi utama. Selain angin, tenaga surya merupakan sumber energi yang akan dikembangkan.

Rencana Jepang ini diumumkan Perdana Menteri Jepang Naoto Kan pada Konferensi Tingkat Tinggi G8 yang berlangsung di Deauville, Prancis, Mei silam. Jepang akan mewajibkan setiap bangunan untuk menggunakan panel surya.

Harian Nikkei memberitakan, PM Naoto berpendapat bahwa instalasi panel surya akan membantu Jepang mencapai tujuan menggunakan energi terbarukan sebagai pengganti sumber energi konvensional. “Pada 2030, semua bangunan baru dan rumah-rumah di Jepang akan memiliki panel surya,” ujarnya.

Untuk mendukung rencana ini, Jepang akan menurunkan biaya PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) secara drastis, yakni sepertiga pada 2020 dan seperenam pada 2030 dibandingkan harga saat ini.

Sebuah skema percontohan untuk tenaga surya di tingkat ritel di Jepang telah dijalankan sejak bulan November tahun lalu, dimana pemerintah memberikan subsidi dan keringanan pajak kepada pemilik rumah yang menggunakan solar panel serta kepada produsen solar panel dan sumber energi yang terbarukan.

Diperkirakan rencana baru ini bisa meningkatkan kapasitas listrik bebas karbon sampai dengan 50.000 megawatt dalam 10 tahun setelah peluncuran, tiga kali lipat dari tingkat saat ini.(*)


wartapedia

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Jepang akan Kembangkan Tenaga Surya

Monday 20 February 2017 | Post

Empuknya Industri Bakery Indonesia Menjelang hari raya umat muslim dan kristiani, yakni lebaran dan natal, merupakan…

Sunday 25 June 2017 | Post

Absolute Shopping Festival Exhibition Blok M Plaza,  26 Juni – 16 Juli 2017. Bazaar Harmoni Exchange…

Tuesday 8 August 2017 | Post

Batik warna coklat? Ya, batik ini identik dengan batik pejabat. Lihat deh para pejabat kalau memakai…

Tuesday 7 March 2017 | Post

Go Tik Swan lahir di Desa Kratonan, Serengan, Surakarta, pada 11 Mei 1931. Keluarganya termasuk cukup disegani…