Info Jakarta

pusat informasi di kota jakarta

Menu

Delegasi UI Raih Gelar Juara Umum TEIMUN 2017 di Belanda

Sep
24
2017
by : . Posted in : Post

Delegasi Indonesia yang terdiri dari 5 mahasiswa UI mencetak prestasi membanggakan dengan meraih juara umum di ajang The European International Model United Nations (TEIMUN) 2017 yang berlangsung di Den Haag, Belanda pada 9-16 Juli lalu.

Kelima mahasiswa peraih juara tersebut adalah Juan Octavian Daniel Sidauruk (Teknik Kimia 2013), Dominique Virgil (Hukum 2015), Nadifa Ramadhanty (Hubungan Internasional 2015), Joviana Henza (Hukum 2016), dan Fatih Angling Darmo (Manajemen 2016).

Mereka berkompetisi di empat komite PBB (UN Council) yang berbeda, yaitu Security Council, Human Rights Council, General Assembly, dan Historical Crisis Council. Delegasi UI berhasil meraih 5 predikat Best Delegates (Juara 1) di masing-masing komite yang diikuti dan dengan hasil tersebut juga membawa UI menjadi juara umum perhelatan akbar tahunan tersebut.

Joviana Henza dan Juan Octavian mendapat penghargaan Best Delegate of  Security  Council, dengan Topik South Sudan Civil War & Yaman Civil War. Dominique Tuapetel di Human Rights Council, mengambil topik Statelessness dan Harmful Traditional Practice against Women. Fatih Angling Darmo di Historical Crisis dengan topik: Peace of Westphalia. Dan Zahrana di General Assembly dengan topik  Disaster Resilience dan Education in Rural Areas.

Juan mengatakan bahwa kemenangan ini didapatkan melalui persiapan yang sangat matang selama kurang lebih 9 bulan. Persiapan ini meliputi proses seleksi, training, dan pre-competition sessions yang sangat intensif. Kemenangan ini semakin berkesan karena peserta yang ikut adalah mahasiswa tingkat S1 dan S2 yang memiliki pemahaman mengenai isu internasional terkini serta kemampuan public speaking yang mumpuni.

Joviana mengaku, awalnya sempat minder dengan delegasi dari negara maju yang bergelar master dan dari universitas ternama serta pengalaman mengikuti acara ini 7-10 kali. Tapi, karena percaya diri dan penguasaan materi tadi, maka ia dan teman-temannya sesama mahasiswa mendapat penghargaan Best Delegate.

TEIMUN merupakan suatu kompetisi simulasi sidang Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) yang telah berlangsung selama 30 tahun di Eropa. TEIMUN merupakan lomba MUN tertua, paling bergengsi, dan salah satu yang paling terkenal di tingkat dunia, serta diikuti oleh sekitar 300 mahasiswa dari sekitar 70 negara.

Tidak hanya berisi lomba dan kompetisi, TEIMUN juga diisi dengan berbagai kegiatan sosial seperti program Global Village dan Social Events. Peserta juga dapat mengikuti kegiatan Cultural Excursion ke beberapa tempat bersejarah dan objek wisata seperti Museum Mauritshuis, Madurodam, dan Peace Palace.

Tak hanya itu, peserta juga dapat mengikuti ekskursi ke beberapa badan PBB dan institusi hukum internasional yang terdapat di kota Den Haag, seperti International Criminal Court (ICC), International Court of Justice (ICJ), dan International Criminal Tribunal for the former Yugoslavia (ICTY).

Sumber: ui.ac.id (07/09/17), republika.co.id (19/07/17)


Indonesia Proud

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Delegasi UI Raih Gelar Juara Umum TEIMUN 2017 di Belanda

Tuesday 25 July 2017 | Post

Artis Strength and Fitness – Cross-Training Metcon (Time) 150 Double Unders 100 Wall Balls 40 HSPUs…

Monday 3 April 2017 | Post

http://smak6.bpkpenaburjakarta.or.id/wp-content/uploads/sites/74/2014/11/closing-724×1024.jpg HADIRILAH PENUTUPAN SIXPLOSION 2014 Tema: RICOCHET (Rise in Chants of Celebration, Honour, Enthusiasm and Triumps)…

Tuesday 23 May 2017 | Post

MUSEUM Tekstil boleh “ngumpet” di belakang pedagang kaki lima di Jalan KS Tubun, Tanah Abang, Jakarta…

Thursday 27 July 2017 | Post

Pemandu wisata pelabuhan Sunda Kelapa mendayung perahunya. Selain untuk bongkar muat kapal logistik, pelabuhan Sunda Kelapa…