Info Jakarta

pusat informasi di kota jakarta

Menu

Trip Empat Gili Lombok Timur: Gili Petagan, Gili Bidara, Gili Kapal, Gili Kondo

Aug
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post

Trip Empat Gili Lombok Timur | photo: fazword

Seperti libur panjang lebaran sebelum – sebelumnya, saya dan teman – teman sekolah yang dulu, pergi ngetrip sekalian kumpul – kumpul lagi. Karena kapan lagi kalo bukan libur lebaran begini, di waktu lain biasanya lagi pada nyebar merantau atau sekolah di luar daerah, jadi, momen sekali setahun ini wajib diagendakan ngetrip bareng.

Di libur lebaran 1438H tahun 2017 ini, saya dan teman – teman pilih ngetrip ke Gili di Lombok Timur, karena trio Gili Trawangan Meno dan Air sudah, termasuk ke Gili Nanggu di Lombok Barat juga sudah, biar lengkap kali ini kami pilih ke Lombok Timur. Ada empat Gili yang akan kami babat habis seharian, Gili Petagan, Gili Kapal, Gili Bidara dan Gili Kondo.

Selasa, 27 Juni pagi kami berangkat dari Praya dengan tiga mobil total 21 orang, banyak juga ya πŸ˜€ . Untuk ke Gili Kondo dan sekitarnya, kita harus menyebrang dengan kapal dari Sambelia, Lombok Timur, tepatnya di dermaga dekat pos TNI AL, sekitar 10km ke timur setelah Pelabuhan Kayangan Lombok Timur. Paling mudah di google maps keyword pencariannya “Pantai Pasir Putih TNI AL” seperti di gmaps berikut. Jarak Praya – Pelabuhan penyebrangan Gili Kondo sekitar 72km. Cuma dua jam kok, karena di Lombok bebas macet… πŸ˜›

Maps Praya – Pelabuhan Penyebrangan Gili Kondo | gmaps

Waktu itu kami sampai di Sambelia sekitar jam 12 siang karena sebelumnya mampir jemput teman di Mujur, sekalian halal bihalal di rumahnya ngabisin kue lebaran πŸ˜›

Sebelum masuk dermaga, kami makan dan ibadah sholat dzuhur dulu. Oh ya, sebagai informasi, di Gili nanti cuma ada yang jual makanan di Gili Kondo, waktu itu cuma ada mie instan, jadi yang perlu makan nasi mending makan sebelum nyebrang atau bawa bekal sekalian. Seratus meter sebelum jalan masuk pelabuhan ada warung, kami makan dan sholat di situ. Di situ juga bisa pesan kapal untuk ke Gili Kondo, tapi kami gak pesan disitu, ntar di dermaga saja.

Kontak Kapal ke Gili Kondo | photo: fazword

Sekitar jam 1 baru kami ke dermaga, udah kesiangan sih tapi lanjut aja gass.. panas panas gini biasanya penghitaman kulit jadi maksimal πŸ˜›

Di dermaga, kami pesan kapal include alat snorkeling. Di sini sistem kapalnya sama seperti di Gili Nanggu, pesan untuk rombongan kita saja seharian sampai puas pulang, atau bisa juga layanan antar – jemput bagi yang mau camping. Di Gili Kondo bisa camping loohh.. Nah, karena bisa camping, di dermaga ini juga ada parkir inap, jadi, tenang saja aman.

Parkir Pelabuhan Penyebrangan ke Gili Kondo | photo: fazword

Pelabuhan Penyebrangan ke Gili Kondo | photo: fazword

Setelah semua urusan bayar kapal selesai, yuk mari kita sail off!

Sail off Gili Kapal Trip | photo: fazword

Off we sail Gili Petagan | photo: fazword

Urutan Gili yang akan kita kunjungi kali ini adalah pertama ke Gili Petagan, kemudian snorkeling di dekat Gili Bidara, terus lanjut menepi di Gili Bidara. Ketiga kita ke Gili Kapal, nunggu jam surut air karena kalo air laut sedang pasang, Gilinya tenggelam, kok bisa? Lihat aja ntar πŸ˜€ . Terakhir nanti kita ke Gili Kondo.

Gili Petagan sudah kelihatan dari dermaga, jadi cukup 10 menitan saja kita sudah sampai. Gili Petagan sebenarnya adalah hutan bakau, kita tidak bisa turun kapal di sini, cuma bisa lewat di tengah – tengah gilinya ada celah air laut masuk seperti sungai di antara pohon bakau yang membelah Gilinya, asik kan? Untuk foto – foto juga epic!

Memasuki Gili Petagan | photo: fazword

Di antara Hutan Bakau Gili Petagan | photo: fazword

Gili Petagan Lombok Timur | photo: fazword

Kapten Kapal kami πŸ˜€ | photo: fazword

Dari masuk sampai keluar lagi di ujung satunya, cukup waktu 10 menit saja, bisa juga minta berhenti dulu di tengah – tengah Gili tapi itu kalo tidak ada kapal lain ya, kalo ada bisa bikin macet πŸ˜€

Keluar Gili Petagan, ciao! | photo: fazword

Keluar gili Petagan, lanjut ke snorkeling point di sebelah utara Gili Bidara. Di sini saya gak turun snorkeling, mau banyak foto – foto dan bikin video, nanti saja maen airnya di Gili Bidara dan Gili Kondo πŸ˜€ . Di snorkeling point ini, ikannya banyak dan jinak, dikasih potongan roti langsung datang rame. Saya yang di atas atap kapal saja bisa lihat, apalagi yang snorkeling langsung. Ikan – ikannya lihat di video di bawah saja ya… Saya mau selfie dulu πŸ˜›

Selfie of the day πŸ˜› | photo: fazword

Gili yang kelihatan di belakang saya itu adalah Gili Bidara. Selesai snorkeling ntar kita kesana dan giliran saya yang maen air πŸ˜€

Teman – teman saya yang turun snorkeling maen sama ikan

Snorkeling Gili Bidara | photo: fazword

Gili Bidara Snorkeling Point | photo: fazword

Foto di atas, itu lagi foto di atap kapal menghadap ke Gili Petagan yang tadi, ada beberapa kapal wisatawan yang juga lagi snorkeling di sekitar situ, sama seperti foto paling atas tulisan ini, juga kapal lagi bawa wisatawan yang snorkeling.

Selesai snorkeling di sini, kami lanjut ke Gili Bidara yang pasir putihnya lembut banget, Gili yang masih perawan belum ada bangunan kecuali ada satu saung kecil tempat neduh, lainnya adalah savana dan semak – semak, buat yang suka hunting foto sunset dan siluet, disana dijamin epic. Yuk kesana!

Ke Gili Bidara | photo: fazword

Selamat datang di Gili Bidara!

Gili Bidara Lombok | photo: fazword

Di sini barulah saya turun kapal, maen air nya yang crystal clear water. Siapa coba yang gak tergoda panas panas gini nyebur disitu, yuk nyebur telanjang dada biar gosong nya rata badan gak belang πŸ˜›

Crystal Clear Water @ Gili Bidara Lombok | photo: tafsir – fazword

Belum puas di situ, sudah dipanggil karena harus berangkat lagi. Kali ini ke Gili Kapal. Timingnya harus pas, sekarang air seharusnya sudah surut, jadi Gili Kapalnya tidak tenggelam. Nah kenapa tenggelam? Karena Gili Kapal ini cuma gundukan pasir saja di tengah lautan, luasnya hanya beberapa meter. Saat air sedang pasang, Gilinya tenggelam, saat air surut, barulah kita bisa merapat kesana.

Bisa ngapain di sana? Foto – foto saja sih, buat maen air kayaknya kurang cocok dan bahaya, arus air di sekelilingnya lumayan kuat, maklum posisinya di tengah laut.

Gili Kapal | photo: dory – fazword

Nah itu, Gilinya cuma segitu ukurannya, pasir saja. Kalo foto dengan drone, dijamin epic! Waktu itu gak ada yang bawa, ya udah difoto dari atap kapal saja juga bagus πŸ˜€

Waktu itu saya gak turun karena pada antri 21 orang foto disitu, kebayang bakal jadi lama, jangkar kapal saja gak bisa nancep di pasir nahan kapalnya, kapal oleng kapten πŸ˜›

Puas foto – foto, lanjut ke Gili yang terakhir, Gili Kondo!

Ke Gili Kondo | photo: fazword

To Gili Kondo | photo: fazword

Karena sudah pada lelah, di Gili Kondo gak ada aktivitas maen air, lihat – lihat saja sambil ngobrol. Saya sempat jalan – jalan liat savananya yang bisa dijadiin tempat camping. Cuma sempat foto beberapa dan rekam video, hape saya sekarat mati baterainya habis πŸ˜› Duh.. jadi silent gak bisa ngapa ngapain hahaha.. langsung saja tiduran di pasir berjemur nunggu waktu pulang. Satu foto di Gili Kondo

Gili Kondo Lombok | photo: fazword

Video trip nya termasuk video – video di Gili Kondo ada di bawah ya, worth one minute watching πŸ˜€

Sekitar jam 5 sore akhirnya kami cabut dari Gili Kondo, kembali ke dermaga di Sambelia. Selesai semua, langsung gas lagi mampir ke warung yang tadi siang tempat makan numpang bilas badan sekalian minum yang hangat – hangat.

Kami ketemu waktu sholat maghrib saat masih di wilayah Sambelia, sholat dulu baru lanjut pulang ke Praya. Saya sampai rumah jam 10 malam, setelah sebelumnya mampir makan malam di Kopang dan silaturahmi ke rumah guru SMA saya yang mobilnya tadi kita bawa ngetrip seharian πŸ˜›

Udah malam, badan masih agak lengket sih tapi kalah sama ngantuk, yaudah saya tidur dulu… yang mau nonton videonya sebelum saya tidur, ini dia:

Trip Empat Gili Lombok Timur in 57s

Thanks untuk trip hari ini πŸ™‚

Fazword’s Travelog

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Trip Empat Gili Lombok Timur: Gili Petagan, Gili Bidara, Gili Kapal, Gili Kondo

Monday 8 May 2017 | Post

As more and more people take it to the skies, explore cities, immerse themselves in a…

Sunday 14 May 2017 | Post

Pelajar Indonesia kembali mencetak prestasi dan mengharumkan nama bangsa di dunia internasional dengan berhasil meraih medali…

Wednesday 6 January 2016 | Post

Pentingnya welcome banner untuk onlne shop anda mengapa ? Setiap web atau olshop pastilah ingin memberikan…

Friday 24 February 2017 | Post

Alkisah, ada sebuah kerajaan di daerah Simalungun. Kerajaan itu dipimpin oleh seorang raja yang arif dan…