Menu

Mahasiswa FK UI Raih “Best Presentation Award” Summer Research Program di Jepang

Aug
24
2017
by : . Posted in : Post

Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali cetak prestasi internasional. Fadhian Akbar, mahasiswa Fakultas Kedokteran UI, mengharumkan nama Indonesia dengan berhasil meraih penghargaan “Best Presentation Award” pada ajang The 8th Summer Research Program in Tsukuba yang diselenggarakan pada 17 Juli-1 Agustus 2017 oleh University of Tsukuba, Jepang.

Summer Research Program in Tsukuba merupakan acara tahunan yang diikuti oleh puluhan mahasiswa lintas disiplin ilmu yang berasal dari berbagai negara di dunia. Tidak hanya mahasiswa tingkat sarjana, kegiatan ini pun banyak diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa jenjang magister dan doktor.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat riset kepada para mahasiswa. Selama penyelenggaraan, seluruh peserta dipersilakan melakukan riset sesuai dengan ketertarikannya masing-masing dan peserta akan mendapatkan pengalaman, bimbingan dan pelatihan penelitian di laboratorium yang tersedia di University of Tsukuba.

Pada akhir program, seluruh peserta diminta untuk membuat presentasi singkat mengenai riset yang mereka kerjakan selama kegiatan.

Dalam kesempatan itulah, Fadhian mempresentasikan hasil riset ilmiahnya yang berjudul “Roles of GPNMB S546 in EMT Induction and Tumorigenesis”. Riset ini Fadhian lakukan dibawah bimbingan langsung Prof. Mitsuyasu Kato, kepala laboratorium Experimental Pathology and Cancer Signaling, University of Tsukuba.

Bersama Prof. Kato, Fadhian meneliti tentang Glycoprotein Non Metastatic B (GPNMB), yaitu protein yang banyak ditemukan pada membran sel kanker. Dari hasil uji risetnya didapatkan bahwa hasil mutasi GPNMB dapat melemahkan aktivitas tumor sel.

Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menemukan berbagai persinyalan yang terlibat pada protein GPNMB yang berpotensi menjadi terapi efektif pada pasien kanker.

Sumber: Fadhian Akbar/facebook UI (04/08/17)


Indonesia Proud

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Mahasiswa FK UI Raih “Best Presentation Award” Summer Research Program di Jepang

Friday 24 February 2017 | Post

Alkisah, ada sebuah kerajaan di daerah Simalungun. Kerajaan itu dipimpin oleh seorang raja yang arif dan…

Sunday 31 May 2015 | Post

Pada hari Jum’’at tangggal 17 Agustus 1945, di kediaman Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No.…

Monday 17 November 2014 | Post

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI NONFORMAL, DAN INFORMAL  Memberikan Layanan Pendidikan Sepanjang Hayat endidikan anak usia dini…

Friday 19 February 2016 | Post

Jual Bantal Panas Kesehatan / Bantal Pemanas Panjang Listrik ( GLOBAL Belt Health / FA GLOBAL…