Info Jakarta

pusat informasi di kota jakarta

Menu

Jeroan Semarang (wisata kuliner Semarang)

Aug
19
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post

Kenapa saya kasih judul Jeroan Semarang ? Karena hampir semua makanan khas Semarang disajikan dengan jeroan, baik sebagai makanan utama atau makanan pendamping. Hahahahha gawat kan. Siap-siap minum obat asam urat dan kolesterol ya.

Kuliner Semarang bisa dibagi berdasarkan beberapa kategori:

  1. Kategori jam buka: buka pagi, buka siang, buka sore/ malam
  2. Kategori hari buka: hari biasa, akhir minggu saja (weekend market)
  3. Kategori jenis makanan: jadul (pinggir jalan/ warung/ resto kuno), modern (kafe/ resto)

    Saya pergi 4 hari dari Kamis-Minggu, gak bawa anak. Jadi ya…praktis sempet nyobain macam-macam makanan. Saya gak mau makan di resto modern yang lagi kekinian di Semarang, yaaaa karena di Jakarta mah banyak. Yang saya kejar ya makanan tradisionalnya. Maklum udah > 10 tahun gak ke Semarang.

    Saya review makanan berdasarkan yang paling berkesan menurut saya ya…

    Babat Gongso dan Nasi Goreng Babat Pak Karmin 

    Babat Gongso

    Babat Gongso isinya gak cuma babat, tapi ada jeroan lain seperti usus dan paru. Bisa minta jeroan semua. Dimasak pakai bumbu kecap pedes, enaknya… bisa dimakan pakai nasi putih atau pakai nasi goreng babat (karena babat di nasi goreng sedikit).

    Nasi goreng babat dengan telor dadar di atasnya

    Nasi gorengnya gak kalah nikmat. Model nasi goreng basah dan manis. Bisa minta pedes jadi lebih nikmat dan gak terlalu manis. Yang khas dari nasgor babat ini adalah 1/4 telor dadar lebar yang ditaruh menutupi nasi goreng. Bisa minta ekstra pete kalau suka….jadi nasi goreng babat pete deh. Yummy…

    Oya jangan lupa minta acar ketimun yang segar dan manis. Dipotong dan diracik fresh di dapur belakang. Meskipun nasi goreng babat banyak di Semarang, nasi goreng pak Karmin ini sudah bertahan lebih dari 40 tahun dan tetap terkenal. Baca artikel mengenai keistimewaan nasi goreng babat pak Karmin disini. Makanan ini masuk menu kuliner siang ya…baru buka jam 11 siang sampai habis.

    Kue Lekker Paimo 

    Kenapa saya begitu berkesan dengan kue lekker ini? Karena dapetinnya susah… berjuang… sama kayak gudeg ceker Solo yang baru melayani konsumen jam 2 pagi.

    Bentukannya ya gerobak macam begini. Ini gerobaknya dibawa masuk ke dalam ballroom. Itu kue lekker sebanyak itu gak boleh dibagi sampai ada aba-aba dari panitia.

    Kue lekker ini sama dengan kue lekker di Jakarta… bedanya bisa diisi macem-macem seperti martabak tipker. Sebut saja ovomaltine, green tea, hingga menu asin seperti mozarella sosis.

    Banyak kue lekker lain di Semarang, cuma yang ini beken banget karena pelopor dan dapetinnya susah pakai ngantri. Padahal warungnya cuma pakai sepeda yang ditutup payung layaknya pedagang kue lekker lain. Kue lekker ini baru mulai melayani pelanggan jam 10, namun lapak sudah buka dari jam 9 pagi. Konsumen pun sudah tampak antri dari jam 9, konsumen yang datang harus menuliskan pesanan di secarik kertas lalu nunggu.

    Akhirnya kesampean juga nyobain kue lekker Paimo

    Saya gak punya waktu untuk antri dan gak ada di daftar gojek (yes di Semarang ada gojek)… tapi dasar emang jodoh… di acara cultural night yang saya hadiri, ada stand kue lekker Paimo. Itupun juga harus nunggu 1 jam setelah acara dimulai dan dibatasi 2 buah/ orang. Saya nyobain yang pisang coklat keju… rasanya… ya kue lekker. Saya rasa agak gak worth it ya nunggu lama untuk itu. Hehehhehe… mungkin harusnya coba versi mozarella ya. Atau pesen martabak tipker aja di Jakarta.

    Kue Lekker Paimo tutup di hari Minggu


    Nasi Ayam Bu Pini 

    Nasi ayam di Semarang banyaaaak sekali. Saya cicipin yang Nasi ayam bu Pini karena lokasi di sebrang hotel Crowne tempat saya tinggal dan direkomendasikan oleh teman saya.

    Ini warung nasi ayam Bu Pini yang baru digelar jam 6 sore

    Warung baru digelar jam 6 sore. Jadi pas saya datang ya baru buka banget. Pas masuk, mbok lagi mengaduk-ngaduk bumbu kuning yang wanginya sedap banget. Katanya…bumbu kuning itu yang jadi khas nasi ayam bu Pini. Boleh tambah terus-terus pula bumbu kuningnya.

    Rupanya nasi ayam itu seperti nasi liwet Solo. Nasi porsi kecil dengan sedikit suwiran ayam di atasnya, dikasih telor bacem separo, lalu disiram sayur labu bersantan. Udah begitu aja..

    Serunya nasi ayam Bu Pini

    Yang istimewa ya makanan tambahannya: aneka sate jeroan, tahu dan tempe bacem, siomay goreng, dan martabak telur. Tak lupa bumbu kuning yang bisa diambil sepuasnya. Wah nikmat banget deh.

    Ini loh saus kuning super harum dan martabak telor di belakang

    Nasi Pindang Kudus Gajah Mada 

    Nasi pindang Kudus Gajah Mada

     Walau porsinya kecil, tapi nasi ini mantap sekali karena kuahnya pekat banget. Selain nasi pindang, ada menu soto daging yang gak kalah enaknya. Jangan lupa cemilannya: perkedel, tahu, tempe dan krupuk.

    Kuah Asem-Asem Koh Liam 

    Kuah asem asem Koh Liam

    Ini kuah asem daging legendaris banget. Enak layaknya kuah asem….gak nemu bedanya sama menu kuah asem lain sih. Menu kuah asem diakui halal, tapi warung itu juga menyediakan menu non-halal. Sempet cobain babi kecap yang juga enak kayak semur.
    Menu lain yang juga enak-enak 

    Tahu gimbal di sebelah nasgor babat pak Karmin

    Es krim Oen’s Symphony dari Toko Oen

    • Tahu gimbal di warung sebelah nasi goreng babak pak Karmin
    • Nasi gandul pak Memet
    • Mie jowo pak Gareng dengan sate ayamnya yang gemuk dan empuk
    • Martabak Siliwangi – martabak asin dan martabak manisnya enak. Mirip martabak san fransisco di Bandung
    • Es krim dan sate babi di toko Oen
    • Lumpia Semarang – kayaknya semua lumpia di Semarang enak deh
    • Resto Pesta Keboen – makanan rata-rata enak, bisa ambil krupuk sepuasnya
    • Resto Warung Penang – lebih asik untuk nongkrong, resto luas, kopinya enak (kopi modern)

    Kampung Semawis/ Semawis Night Market/ Semawis Weekend Market 

    Semawis night market

    Sesuai namanya, kuliner ini hanya buka malam minggu (Jumat dan Sabtu) dan buka di malam hari. Terletak di daerah pecinan/ china town, wiskul ini seru sekali. Berupa 1 jalanan panjang yang dikhususkan untuk pejalan kaki. Aneka kedai makanan memenuhi salah 1 sisi jalan. Beragam makanan dapat ditemukan; mulai dari aneka masakan babi batak, es duren, es serut raksasa, aneka jajanan Taiwan atau Korea, tongseng, jus segar, dan tentunya kuliner Semarang lain.

    Gak usah takut jalanin kuliner Semarang karena porsi kecil dan harga bersahabat. Cuma nasi goreng babat yang porsinya agak besar. 


    hariharibersamasikecil

    Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

    Comment

    loading...


    bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

    artikel lainnya Jeroan Semarang (wisata kuliner Semarang)

    Sunday 11 June 2017 | Post

    Dengan hormat, Salam sejahtera kami sampaikan semoga Bapak/Ibu senantiasa dikaruniai nikmat sehat serta kelancaran /keberhasilan dalam…

    Sunday 16 April 2017 | Post

    Dear all, Please come and join us : Filed under: mbatik Mbatik Yuuuk!!! Bagikan:Comment Related posts:…

    Tuesday 20 June 2017 | Post

    Eterna NYM 3×2.5 (50 m) Rp 466.000,- (klik untuk ukuran lain) Supreme NYM 3×2,5 (50 m)…

    Sunday 30 July 2017 | Post

    Rata rata harga jasa  organ tunggal di tempat kami hanya Rp.300.000/musisi  untuk perjamnya. Minimal order untuk…