3 Bandara Indonesia Masuk 10 Besar Dunia versi Airports Council International

Bandara Indonesia kembali mendapatkan pengakuan dan penghargaan internasional. Kali ini, tiga bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I masuk dalam peringkat 10 besar dunia dengan tingkat kepuasan penumpang tertinggi pada kuartal I/2017 versi Airports Council International (ACI).

Tidak tanggung-tanggung, peringkat yang diraih adalah peringkat pertama, kedua, dan kesepuluh. Bandara Sultan Aji Muhamad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur, berhasil menduduki peringkat pertama dari total 85 bandara dunia pada kategori penumpang 5-15 juta orang per tahun.

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menempati peringkat kedua dari total 37 bandara pada kategori jumlah penumpang 15-25 juta orang per tahun. Adapun, Bandara Juanda Surabaya berada di posisi 10 pada kategori yang sama.

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I Danang S. Baskoro mengatakan peningkatan peringkatan kepuasan penumpang menunjukkan komitmen AP I dalam memberikan standar layanan yang baik kepada para penumpang.

“Kami selalu berupaya menjaga dan meningkatkan standar layanan kami bagi pengguna jasa bandara, khususnya penumpang pesawat, agar terwujud service excellence,” katanya.

Danang menambahkan peningkatan peringkat juga merupakan indikator perwujudan visi perseroan untuk dapat menjadi salah satu dari 10 besar pengelola bandara terbaik di Asia ke depannya.

ACI adalah organisasi bandara terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada. Program Airport Service Quality (ASQ) dari ACI merupakan program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara.

Untuk diketahui, program ASQ ini mengukur opini dari 34 indikator kerja, antara lain seperti akses bandara, check in, security screening, fasilitas belanja, restoran dan toilet. ASQ juga menjadi standar dunia untuk mengukur kepuasan penumpang di bandara.

Sumber: bisnis.com (24/07/17)


Indonesia Proud

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment