Info Jakarta

pusat informasi di kota jakarta

Menu

Seberapa Parah Ekonomi Amerika?

Jul
02
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post

Seberapa parah kah ekonomi Amerika saat ini? Mungkin hal itu adalah pertanyaan yang paling relevan melihat fakta-fakta dilapangan yang semakin menunjukkan Amerika Serikat sedang tercekik parah. Defisit anggaran negara melambung dan Washington kesulitan membayar utang. Saat ini kekuatan dollar Amerika sebagai mata uang dunia bagai berada diujung tanduk.

Wartapedia – Gambaran buruknya ekonomi Paman Sam semakin diperparah dengan usulan yang pernah diutarakan Presiden Barack Obama akhir tahun silam. Ketika itu Obama mengusulkan pembekuan gaji para pegawai federal selama dua tahun kedepan. Pembekuan ini hanya berlaku untuk karyawan sipil di pemerintahan termasuk di Departemen Pertahanan, namun personel militer tidak akan dikenakan kebijakan ini.

Menurut Gedung Putih pembekuan ini akan menghemat US$ 2 milyar pada tahun fiscal 2011, dalam lima tahun kedepan AS dapat menghemat US$ 28 juta dan lebih dari US$ 60 miliar selama sepuluh tahun. Namun tentu saja, kebijakan ini langsung ditolak 600.000 pegawai federal.

Memasuki tahun awal tahun 2011, Ekonomi Amerika belum juga bisa keluar penuh dari ancaman resesi. Bahkan sejumlah ekonom dunia memprediksi AS akan dilanda resesi kedua pada tahun ini. Pasalnya, meski dianggap telah berhasil melalui resesi ekonomi pada tahun 2009, namun nyatanya pemulihan ekonomi AS dianggap masih labil.

Selama berada dalam krisis, pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat disokong oleh belanja pemerintah dalam jumlah besar, hal ini mendorong kecemasan baru para ekonom, karena hal ini belum cukup untuk mengurangi angka penggangguran yang menyentuh 9,8 persen.

Resesi Kedua?

Dalam Reuters 2011 Investment Outlook Summit para ekonom yang hadir sepakat mengatakan bahwa Amerika akan kembali diguncang resesi pada pertengahan 2011. Resiko pemburukan ekonomi ini masih ada dalam bayang-bayang, sebab kebijakan menggelontorkan uang secara besar-besaran yang dilakukan The Federal Reserve (The Fed) dinilai tidak akan bisa menggenjot pertumbuhan ekonomi, dimana dalam waktu yang bersamaan tidak adanya momentum pertumbuhan.

Selain itu, dampak dari defisit anggaran dan beban utang tidak bisa diabaikan begitu saja. Dampak tersebut luar biasa besar sehingga menyebabkan Kementerian Keuangan AS tak mempunyai kemampuan untuk membayar gaji, pensiun dan misi-misi Amerika di Seluruh dunia.

Washington membutuhkan dana segar yang tersedia dalam sepekan kedepan untuk menekan dampak defisit anggaran, karena sama halnya dengan negara di dunia, kas negara Paman Sam pun terkumpul sebagian besar dari pajak dan berbagai macam pinjaman. Hingga kini, utang AS berada dalam batas tertinggi di level US$ 14,3 triliun.

Pertumbuhan Semu Perbankan AS

Ancaman suramnya ekonomi Amerika Serikat pada tahun 2011 juga berdampak besar pada dunia perbankan. Perbankan AS yang digadang-gadang telah lolos dari krisis ternyata hanya mengalami pertumbuhan semu.

Sebuah studi yang dilansir beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa sekitar seratus bank di AS, yang telah diselamatkan oleh pemerintah federal menghadapi prospek kebangkrutan lagi. Departemen Keuangan di bawah Treasury Department under the Troubled Asset Relief Program (TARP) pernah mengeluarkan dana sebesar US$ 4,2 juta untuk menyelamatkan 98 bank yang dinilai telah kolaps, dan bank-bank tersebut saat ini terancam bangkrut lagi.

Hingga Februari 2011 ini, tercatat sudah 22 bank yang telah ditutup. Sebagaimana dikutip Reuters, pada tahun 2010 sebanyak 157 bank sudah ditutup akibat krisis keuangan berkepanjangan, sedangkan di 2009 ada sebanyak 140 bank. Penutupan ini terjadi pada bank kecil yang asetnya kurang dari US miliar. Penutupan tersebut karena dampak dari krisis keuangan 2007-2009.

Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) mengumumkan akan segera menutup 4 bank pada pekan ini. Bank tersebut adalah Habersham Bank Clarkesville, Georgia, delapan cabang bank tersebut akan dibuka lagi sebagai bagian dari SCBT Asosiasi Nasional (SCBT.O). Pada tanggal 31 Desember 2010, Habersham Bank memiliki aset USD387,6 juta dan simpanan USD339,9 juta.Citizen Bank of Effingham of Springfield, Georgia, nantinya akan dibuka kembali sebagai cabang HeritageBank of the South (HBOS.O). Pada tanggal 31 Desember 2010, Citizens Bank Effingham memiliki aset sekira USD214,3 juta dan simpanan USD206,5 juta.

Charter Oak Bank of Napa, California, nantinya dua cabangnya akan dibuka lagi sebagai cabang Bank of Marin. Pada 31 Desember 2010, Charter Oak Bank memiliki aset USD120,8 juta dan simpanan USD105,3 juta. San Luis Trust Bank, FSB of San Luis Obispo, California, yang satu cabangnya akan dibuka kembali sebagai bagian dari California First Bank. Pada 31 Desember 2010 memiliki aset sebesar USD332,6 juta sedangkan simpanannya sebesar USD272,2 juta.

Dari penutupan bank serta pencetakan uang kertas besar-besaran dilakukan pemerintah Amerika Serikat untuk menyelamatkan ekonominya, namun nyatanya memasuki tahun 2011 prospek ekonomi AS masih suram. Dari luar terlihat ekonomi AS tumbuh tetapi hal itu hanya bersifat sementara, menurut ekonom kebijakan yang diambil Amerika Serikat merupakan bom waktu yang bisa membuat Amerika seperti Yunani dan Irlandia. (*)

Dari berbagai sumber
Foto: Istimewa


wartapedia

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Seberapa Parah Ekonomi Amerika?

Tuesday 20 March 2012 | Post

Bagi murid muridku yang berbahagia, berikut ini saya postingkan Modul Menejemen File dan MS Office Word…

Monday 22 February 2016 | Post

Beberapa informasi tentang took jilbab Indonesia. Toko raja murah no reviews , toko makanan sehat bringharjo…

Thursday 5 October 2017 | Post

Calling All Tenant !! Hallo sahabat Jakarta, Podjok Production kembali menyelenggarakan acara bazaar loh. Catat tanggal…

Saturday 26 August 2017 | Post

Artis Strength and Fitness – Cross-Training Metcon (Time) Teams of 2 75 Pull ups 75 Burpees…