Info Jakarta

pusat informasi di kota jakarta

Menu

Berkeliling di Phnom Penh

Jul
14
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post

Hiburan Malam – Kali ini kita akan berkeliling dalam hal wisata, Kamboja mungkin tidak setenar negara tetangganya yaitu Vietnam. Angkor Wat di sebelah timur menjadi ikon wisata terbesar negara tersebut.

Namun, Phnom Penh, ibukota negaranya pun menyimpan banyak potensi wisata yang sangat menarik. Bagi penggemar wisata sejarah, kota ini wajib dikunjungi. Apalagi sekarang ketika Kamboja sudah membebaskan biaya visa bagi wisatawan dari Indonesia.

Banyak orang yang menjadikan Phnom Penh sebagai tempat transit bagi mereka yang sedang dalam perjalanan dari Siem Reap ke Ho Chi Minh City di Vietnam atau sebaliknya. Bila Anda memang hanya berada di kota ini selama satu hari saja, apa saja yang wajib dikunjungi?

(Phnom-Penh)

Royal Palace atau Istana Kerajaan

Berbeda dengan keadaan sekeliling yang sederhana, istana kerajaan Kamboja sangat mewah dengan dominasi warna emas. Bagi Anda yang pernah berkunjung ke istana kerajaan Thailand, arsitektur Istana Kerajaan di Kamboja pun serupa.

Nama asli istana ini adalah Preah Barum Reachea Veang Chaktomuk. Raja-raja Kamboja menempati istana ini sejak dibangun pada tahun 1860an.

Salah satu bangunan yang paling menonjol di kompleks istana ini adalah Silver Pagoda atau Wat Preah Keo dalam bahasa Khmer. Pagoda perak ini terletak di sebelah selatan istana.

Di dalam pagoda tersebut disimpan berbagai harta karun berupa emas dan patung Buddha yang bertahtakan berlian. Salah satu yang disimpan adalah Maitreya Buddha, sebuah patung Buddha berukuran sebesar manusia dihiasi 9584 butir berlian.

Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan singgasana raja, paviliun tempat diadakannya hiburan untuk raja, serta kebun indah yang ditanamani beraneka pepohonan dan bunga-bungaan. Salah satu yang paling menarik adalah bangunan besi bergaya Perancis yang merupakan hadiah dari Napoleon II.

Wat Phnom

Arti harafiah dari Wat Phnom adalah “kuil di gunung”. Bangunan ini didirikan di atas bukit pada tahun 1373. Anda harus mendaki tangga untuk mencapai puncaknya. Di sekeliling bangunan kuil banyak monyet yang berkeliaran. Hati-hati dengan barang bawaan anda.

tuol-sleng-genocide-museum

Tuol Sleng

Museum Genosida Tuol Sleng menjadi salah satu tujuan utama wisatawan yang datang ke Phnom Penh. Museum ini dulunya adalah sekolah yang diubah menjadi penjara pada masa pemerintahan Khmer Merah antara tahun 1975 hingga 1979.

Selama empat tahun tersebut sekitar 20 ribu orang – termasuk perempuan dan anak-anak – dipenjara dan disiksa di tempat ini.

Bagi penyuka sejarah, kunjungan ke tempat ini pasti akan mengesankan – walau bukan tidak mungkin bulu kuduk Anda akan merinding. Walaupun telah diubah menjadi museum, pemerintah Kamboja membiarkan keadaan seperti semula.

Anda akan dapat menyaksikan berbagai peralatan penyiksa yang digunakan rezim Khmer Merah, sel-sel tahanan, foto-foto para tawanan, serta bekas-bekas darah yang masih menempel di lantai.

Yang paling terkenal di sini adalah “peta tengkorak” yaitu peta Kamboja yang terbuat dari 300 tengkorak manusia. Dikabarkan bahwa masih banyak warga setempat yang seolah-olah mendengar teriakan korban yang disiksa di malam hari.

Untungnya, walau saya menginap di hotel yang berada tepat di depan Tuol Sleng, saya masih dapat tidur nyenyak!

Killing Fields Choeung Ek

Untuk melengkapi wisata sejarah ke Kamboja, kunjungan ke Killing Fields atau Choeung Ek harus dilakukan. Di sinilah tempat Khmer Merah membantai para tahanan yang tadinya ditawan di Tuol Sleng.

1189967_orig

Choeung Ek berada sekitar 17 km di sebelah selatan Phnom Penh. Yang paling menonjol di kompleks ini adalah sebuah bangunan berlapis kaca, di mana disimpan lebih dari 5000 tengkorak korban kekejaman Khmer Merah.

Psar Russi atau Pasar Rusia

Lelah berkeliling kota, Anda dapat menutup perjalanan dengan berbelanja di Russian Market atau Pasar Rusia yang terletak di sudut Jalan 163 dan Jalan 444 (jalan di Kamboja memang menggunakan angka sehingga cukup membingungkan).

Menurut saya, berbelanja di pasar ini jauh lebih menyenangkan daripada di Vietnam atau Thailand. Barang-barang yang dijual beragam, kualitasnya pun bagus. Anda dapat menemukan cenderamata berupa kaus, kerajinan tangan, pernak-pernik, sarung bantal, tas, dan sebagainya.

Kelebihan yang utama adalah harganya yang lebih murah. Selain itu, menurut pengalaman saya, pedagang di Kamboja lebih mudah untuk ditawar! Domino 99


Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Berkeliling di Phnom Penh

Tuesday 18 July 2017 | Post

menerima Sewa Organ Tunggal untuk berbagai daerah di jakarta, depok, bekasi, tangerang, bogor, Jabodetabek untuk acara seperti…

Saturday 31 December 2016 | Post

Jual Tas Bayi HDY Baby Diaper Bag @ TasBayi.JawaraShop.com Islam adalah agama yang sangat lengkap dan…

Wednesday 16 August 2017 | Post

Benarkah di Jakarta semuanya serba uang? Tidak juga, sesungguhnya masih ada sejumlah hal yang bisa didapatkan…

Tuesday 9 February 2016 | Post

Besar : tbl. @ 7700 K: @7300 = (72pcs) 525600rb Tpis. @ 4500 K: @4250 (72)…