Info Jakarta

pusat informasi di kota jakarta

Menu

SMAN 28 Jakarta Bawa Indonesia Juara Folklor Dunia di Bulgaria

Jun
22
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post

Tim kesenian Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 28 Jakarta mengharumkan negara dengan memenangkan Grand Prix pada kejuaraan dunia “World Cup of Folklore” ke-2 yang diselenggarakan pada 11-20 Mei 2017 di Kota Veliko Tarnovo, Bulgaria. Mereka juga memperoleh sertifikat juara pertama dan voucher sebesar 1.000 euro dari European Association of Folklore Festivals (EAFF).

Kejuaraan ini diselenggarakan serentak dengan VIII Bulgarian National Championship of Folklore “Euro folk 2017” dan XXI Stara Planina Festival “Balkan Folk.” Ketiga forum tersebut kurang lebih diikuti 200 group dengan 4.000 peserta, musisi, penyanyi, dan penari. Acara ditayangkan langsung di EuroFolK TV, yang merupakan TV Internet dengan siaran ke seluruh dunia. Selain itu, penampilan terbaik juga ditayangkan di lebih dari 20 stasiun TV kabel Bulgaria dan TV satelit.

Tari yang ditampilkan Tim SMAN 28 berjudul Enggang Babalian dari Dayak-Kalimantan, menceritakan tentang seorang putri, yang merupakan reinkarnasi burung enggang, menjadi panutan karena kebijaksanaannya.

Tarian Enggang Babalian menampilkan kostum yang luar biasa berwarna–warni berupa bulu-bulu burung Engang, api, serta gerakan tari dan menyanyi yang dinamis dan kompak. Sehingga tidak heran para juri terpana melihat kualitas tinggi tarian yang ditampilkan dan memberikan gelar juara utama.

Untuk menghadapi kompetisi ini, tim tari SMAN 28 berlatih selama 3 bulan di bawah asuhan pelatih Bapak Rohimi. Sebelumnya tim ini juga telah memenangkan berbagai kejuaraan internasional, salah satunya Grand Prix pada Sea Sun Festival and Competition tahun lalu di Spanyol.

Pada World Cup of Folklore ini, Indonesia tidak hanya diwakili tim SMAN 28 Jakarta. Tim Indonesia lainnya yang menorehkan prestasi gemilang adalah SMA Al-Azhar Tangerang yang memperoleh juara ke-3 serta voucer penghargaan dan Sanggar Seni Padee Bidjeh Aceh yang juga memperoleh penghargaan untuk tarian yang ditampilkan, yaitu Meusare-sare, Rapai Gelang, dan Saman Gayo.

Sumber: kemlu.go.id (22/05/17)


Indonesia Proud

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya SMAN 28 Jakarta Bawa Indonesia Juara Folklor Dunia di Bulgaria

Friday 5 May 2017 | Post

Prajamukti Adhidewa Triwinasis (17) dan Muhammad Harizki Aditya (17) mencetak prestasi membanggakan dengan meraih gelar juara…

Saturday 9 September 2017 | Post

  I had been invited by Mr. Udaya Halim the  owner of Museum Benteng Heritage at…

Sunday 20 August 2017 | Post

Siti Farahdina dan Hans Bastian Wangsa di IEYI 2017, Jepang. Pelajar Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan…

Thursday 17 August 2017 | Post

Wartapedia – Produsen pelumas senjata, Silver Bullet Gun Oil mengklaim, pemimpin Al Qaede Osama bin Laden…