Menu

SBAI Garuda Jaya Jadi Juara Barcelona Football Festival 2017 di Spanyol

Jun
26
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post

Prestasi membanggakan di bidang olahraga sepak bola kembali ditorehkan anak Indonesia di level intersional. Tim Sekolah Bola Anak Indonesia (SBAI) Garuda Jaya, asal Jakarta yang turun di kelas B03, yakni untuk kelompok usia di bawah 14 tahun, berhasil tampil sebagai juara Barcelona Football Festival 2017 yang berlangsung pada 27-28 Mei lalu di Salou Cambrillia South Barcelona.

Di laga final, Garuda Jaya mengalahkan klub asal Irlandia, Palmerstown FC dengan skor 1-0. Selain meraih gelar juara, tim wakil Indonesia yang pemberangkatannya didukung penuh dan diprakarsai  Badan Liga Sepakbola Pelajar Seluruh Indonesia (BLISPI) ini, juga meraih dua trofi lain, yaitu pemain terbaik atas nama Syarif Hidayatullah dan penjaga gawang terbaik M. Rafi Dwi Cahyo.

“Kami semua sangat senang bisa mendapatkan trofi best player, best keeper dan juara,” kata kapten SBAI Garuda, Syukran Arabia Samual.

“Kami sungguh-sungguh dalam turnamen ini karena ingin memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia. Kami tidak mau mengecewakan semua yang sudah mendukung kami dan alhamdulillah kami bisa keluar sebagai juara,” imbuhnya.

Perjalanan Menuju Juara

Tergabung di Grup C dengan tim dari Inggris (Whitley Boys Club Blues), Islandia (Fram Reykjavic 1) dan Prancis (FC Bazillac), SBAI Garuda berhasil memuncaki klasemen dengan nilai 7 poin.

Dilansir dari laman resmi Barcelonafootballfestival.com, SBAI Garuda Jaya mengawali pertandingan perdana dengan kemenangan 6-0 atas Whitley Boys Club Blues. Selanjutnya SBAI bermain imbang 1-1 dengan tim Fram Reykjavic 1. Saat laga terakhir grub C, SBAI merayakan pesta gol di gawang FC Bazillac dengan skor 9-0.

Tidak hanya jadi juara Grup C, Syarif Hidayatullah dkk. tercatat jadi kontestan kedua paling agresif dalam urusan mencetak gol. Sebanyak 16 gol dilesakkan ke gawang lawan dalam tiga pertandingan. Jumlah itu hanya terpaut dua gol dari kontestan Grup A asal Prancis, Aviron Bayonnais FC, yang mengoleksi sebanyak 18 gol.

Berstatus juara grup, SBAI kemudian bertemu tim dari Inggris, Sale United FC yang menjadi runner up grup D di babak perempatfinal. Namun, Sale United harus mengakui keunggulan SBAI dengan skor 5-0.

Kemenangan atas Sale United mengantarkan SBAI Garuda Jaya ke semifinal dan harus berhadapan dengan Aviron Bayonnais FC dari Prancis. SBAI Garuda Jaya berjuang keras menaklukkan Aviron Bayonnais FC. Duel sesama tim agresif ini diakui tim pelatih sebagai pertandingan terberat yang dijalani SBAI Garuda Jaya. Namun, berkat determinasi tinggi, wakil Prancis itu mampu ditekuk dengan skor tipis 1-0, yang sekaligus mengantarkannya ke babak final.

Menghadapi tim dari Irlandia, Palmerstown FC, Andrian Rusdianto jadi pencetak gol tunggal atas Palmerstown FC dan dinobatkan sebagai juara di kelompok umur U-14.

BFF, SBAI Garuda Jaya & ESP

Barcelona Football Festival (BFF) adalah turnamen sepakbola internasional untuk anak laki-laki, yang diadakan di Salou dan Cambrils di selatan Barcelona. Turnamen ini dirancang untuk memberikan sepakbola yang menyenangkan dimana ada kombinasikan antara sepakbola dan liburan. Pertandingan dilangsungkan selama dua hari penuh, selain itu tim peserta juga akan merasakan kunjungan ke markas Barcelona, stadion Camp Nou.

Turnamen ini disetujui oleh Federasi Sepak Bola Catalan (FFF) dan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Sekitar 110 tim dari 15 negara berpartisipasi dalam Barcelona Football Festival tahun ini.

“Kami bersyukur akhirnya bisa menjuarai turnamen ini. Tahun ini jadi keikutsertaan kami yang ketiga kalinya. Sebelumnya, kami sudah jadi peserta pada tahun 2015 dan 2016. Ketika itu prestasi terbaik kami masuk tiga besar,” ungkap Rusman, asisten pelatih SBAI Garuda Jaya.

Kebahagiaan pun menyelubungi tim SBAI Garuda Jaya atas prestasi ini. Perjuangan dan jerih payah selama ini terbayar lunas dengan prestasi membanggakan ini.

Rusman menuturkan dalam turnamen kali ini, SBAI diperkuat sebanyak 23 pemain. Para pemain merupakan gabungan anak didik SSB yang ada di Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Lampung. Mereka sudah ditempa dalam pemusatan latihan sejak Desember 2016. “Lokasi TC berpindah-pindah, mulai Jakarta, Bandung, dan terakhir di Puspitek Serpong,” kata Rusman.

Saat ini para pemain SBAI Garuda Jaya masih menanti kabar menyenangkan lainnya. Rusman mengungkapkan bila Barcelona Football Festival juga diramaikan dengan keberadaan para pemandu bakat. Panitia pelaksana turnamen membentuk tim pemandu bakat sendiri.

“Pemain yang masuk talent scouting dari tim Barca Cup akan dipanggi untuk mengikuti seleksi di Barcelona. Jika lolos, mereka masuk program beasiswa ESP (Entry Soccer Professional). Semoga saja ada anak didik kami yang lolos,” harap Rusman.

Berikut susunan tim SBAI Garuda Jaya.

Pemain: Muhamad Rafi Dwi Cahyo, Mohammad Wahyu Buono, Muhammad Aditya Ma’moer, Earthon Samuel Nikijuluw, Biyon Dewadra Gunawan, Dhafin Muhammad Rizki, Mohamad Syahrul Rabbal, Rakhmadani Farisi, Rio Helmi Saputra, Ramadhanis Oktaviriandika, Revano Adhiendra, Syarif Hidayatullah, Ikhsan Yazid Nurul Awwalin, Reynard Emery Mahawira Haage, Axel Aufar Safrudin, Mafridza Riansyah Putra, Kasma Manggala, Rabbani Tasnim Siddiq, Fachri Ichsan Priatna, Dwi Arya Firmansyah, Fitra Rafiadin, Andrian Rusdianto dan Syukran Arabia Samual.

Pelatih: Rusma

Manajer Tim: Dani Septia Iskandar

Sumber: indosport.com, bola.com (29/05/17), bola.republika.co.id (01/06/17)


Indonesia Proud

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya SBAI Garuda Jaya Jadi Juara Barcelona Football Festival 2017 di Spanyol

Tuesday 5 September 2017 | Post

Artis Strength and Fitness – Cross-Training Metcon (AMRAP – Reps) In 1min 40 Double Unders Max…

Tuesday 1 March 2016 | Post

SE Sekjen Kemenag tentang Seragam Pakaian Dinas Baru Pegawai ASN … yang baru telah diatur oleh…

Friday 16 June 2017 | Post

Artis Strength and Fitness – Cross-Training Tomorrow will be our last day for our Free Week!…

Wednesday 21 June 2017 | Post

dari jalanan utama, stasiun ini tidak terlihat. dan bisa dibilang gue ga terlalu tahu lewat mana…