Info Jakarta

pusat informasi di kota jakarta

Menu

Tim UI Raih Juara 1 ICAEW Southeast Asia Business Challenge 2017 di Malaysia

May
31
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post

Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali mencetak prestasi membanggakan. Mereka yang tergabung dalam tim Nusantara Consulting Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI berhasil meraih gelar juara pertama dalam ajang Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) Southeast Asia Business Challenge 2017 yang diadakan pada 19 Mei lalu di Kuala Lumpur, Malaysia.

Tim Nusantara UI terdiri dari mahasiswa jurusan Ilmu Akuntansi FEB UI, yaitu Ivan Sabastian, Karunia Muliani, Faris Nahar, Ivan Sanders, Gina Rusdina, dan Jordan Simatupang. Mereka berhasil mengalahkan 10 tim lainnya yang berasal dari berbagai universitas unggulan negara di Asia Tenggara, seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia. Dalam kompetisi tingkat Asia Tenggara ini, 11 tim finalis yang terpilih telah memenangkan kompetisi ICAEW Business Challenge di tingkat negara masing-masing yang diadakan antara Maret dan April 2017.

Menurut Jordan, ketua tim Nusantara, kunci kemenangan mereka adalah karena mereka teliti membaca soal yang diberikan.

“Dari 3 soal yang diberikan, hanya 1 yang berupa pertanyaan langsung, sisanya berupa pernyataan yang menyatakan pertanyaan tersirat. Nah, tim lain sepertinya tidak menyadari hal ini,” ungkap Jordan.

Atas kemenangan mereka, seluruh anggota tim mendapatkan paket perjalanan wisata ke London dengan biaya yang sepenuhnya ditanggung oleh ICAEW, yang merupakan organisasi konsultan akuntan terkemuka di dunia yang berkantor pusat di London dengan kantor cabang di seluruh dunia, termasuk Kuala Lumpur, Singapura, Vietnam dan Indonesia.

ICAEW Business Challenge 2017 adalah kompetisi tahunan yang diadakan oleh ICAEW dengan tujuan untuk melahirkan generasi-generasi pemuda yang inovatif dan kreatif, sebuah ajang kompetisi unik yang menantang keterampilan dan pengetahuan finansial dan bisnis.

Dalam ICAEW Business Challenge, tiap tim akan diberikan studi-studi kasus yang menantang mereka untuk dapat berpikir inovatif dan kreatif dalam memecahkan masalah bisnis yang ada. Untuk itu, daya analisis mereka juga dituntut untuk peka serta mempunyai indera kesadaran komersil yang tajam dalam memecahkan studi kasus yang diberikan.

Kompetisi tahunan ini diadakan untuk menentukan generasi depan pemimpin bisnis berikutnya serta mengembangkan wadah bakat ICAEW. Dalam kompetisi satu hari tersebut, para calon pemimpin bisnis muda dituntut untuk menganalisis, merekomendasikan dan memberikan presentasi sebuah solusi untuk memecahkan kasus bisnis nyata kepada panel juri yang terdiri atas profesional terhormat se-Asia Tenggara dari berbagai industri.

Panel juri terdiri atas pemimpin terkemuka di industri masing-masing, yang juga merupakan anggota ICAEW Chartered Accountants.

Mark Billington, ICAEW Regional Director for Southeast Asia, mengatakan, pada tataran bisnis yang cepat berubah ini dimana faktor-faktor seperti teknologi disruptif mempunyai peran besar, sangat penting bagi para mahasiwa kini untuk mempersiapkan masa depan mereka.

“ICAEW Southeast Asia Business Challenge adalah tempat dimana yang tercedas bertemu dan mahasiwa diberikan sebuah pengalaman simulasi bisnis yang realistis serta kesempatan untuk meluaskan pengetahuan dan menajamkan keterampilan mereka.” ujarnya.

Selain mahir secara teknis, mahasiswa juga harus menunjukkan bahwa mereka mempunyai indera kesadaran komersil yang tajam dan sudah mengembangkan keterampilan yang dicari oleh perusahaan – itu berarti terus mengikuti perkembangan dunia bisnis serta mengambil kesempatan yang muncul dalam membangun softskills mereka.

Ahmad Hasriq Azalan ACA, Head of Corporate Planning, Risk Management & Internal Audit. PT Gunanusa Utama Fabricators, yang merupakan anggota panel juri, mengatakan, ICAEW Southeast Asia Business Challenge sangat memenuhi tujuannya untuk memberikan mahasiswa dengan pengetahuan praktis mengenai isu-isu bisnis yang nyata.

“Kompetisi ini tidak hanya membuka pintu bagi mahasiwa untuk bertemu dengan perusahaan terkemuka, tapi juga memberikan kesempatan bagi para perusahaan untuk melihat bakat terbaik yang dapat mereka akses. Partisipan hari ini telah menunjukkan kompentensi di bidang-bidang yang melampaui keterampilan teknis dan analisa, termasuk berbagai soft skills seperti mengatur waktu, hubungan interpersonal dan keterampilan komunikasi yang sangat dicari oleh perusahaan.” ungkapnya.

Sementara, Jordan mengatakan bahwa menjadi bagian dari ICAEW Southeast Asia Business Challenge merupakan pengalaman yang sangat berharga.

“Kami merasa sangat terhormat karena telah diberikan kesempatan untuk berkompetisi di tingkat regional Asia Tenggara, berbagi wawasan dengan rekan mahasiwa lainnya dan bertemu dengan pakar-pakar industri se-Asia Tenggara untuk lebih mempelajari jenjang karir di bisnis dan finansial.” pungkasnya.

Sumber: ui.ac.id (24/05/17), industry.co.id (22/05/17)


Indonesia Proud

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Tim UI Raih Juara 1 ICAEW Southeast Asia Business Challenge 2017 di Malaysia

Saturday 12 August 2017 | Post

Dua mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad), Giovani Nickson Zefanya  dan Thalita Aldrianita, menorehkan prestasi membanggakan dalam ajang…

Sunday 12 March 2017 | Post

Pansy Opt for modern batik look in this captivating saroong with beautiful floral pattern.. 500.000 IDR…

Tuesday 8 August 2017 | Post

Ketika saya sedang berjalan-jalan di alun-alun kota Nganjuk di waktu Lebaran. Saya melihat TABAMAS, Taman Bacaan…

Wednesday 31 May 2017 | Post

Harga Jual Kaca Tempered 3, 4, Dan 5mm Termurah Harga Paling Murah Harga Kaca Tempered 3mm…