Lewat Splow House, Delution Raih Penghargaan Internasional Architizer A+ Awards

Jakarta adalah salah satu kota terpadat penduduknya di dunia, dan arsitek berpikir untuk mendesain rumah yang nyaman di area yang kecil dengan ruangan yang dibutuhkan dan berdana terbatas. Perusahaan konsultan perencanaan arsitektur dan desain interior tanah air, Delution Architect berhasil meraih penghargaan International Architizer A+ Awards 2017 lewat hasil karyanya, Splow House yang diumumkan pada 11 April lalu. Penghargaan diserahkan pada 11 Mei 2017 di Gala Architizer A+Awards, New York AS.

Splow house, singkatan dari Split-Grow House merupakan rumah yang dibangun di daerah Tebet, Jakarta Selatan tahun 2016. Rumah ini memiliki konsep sebagai rumah yang dapat berkembang, menjadi tantangan untuk mendesain rumah yang nyaman untuk dihuni dengan luasan 120 meter persegi dengan budget terbatas.

Dengan lebar 6 meter dan panjang 15 meter, rumah didesain agar mendapatkan pencahayaan alami dan sirkulasi udara dari luar yang tentunya akan menghemat energi dari penggunaan lampu dan pendingin ruangan. Luasan yang kecil tidak menjadi masalah untuk memiliki ruang yang dibutuhkan dengan biaya terbatas. Rumah ini memungkinkan untuk penambahan ruang dikemudian hari ketika pemilik rumah memiliki budget lagi.

Rumah yang terlihat kecil dan cukup luas di dalam ini tidak hanya sekedar nyaman saja namun juga berhasil mendapatkan penghargaan International Architizer A+ Awards 2017 untuk kategori Arsitektur dan Hunian Kecil versi Public Choice.

Atas pencapaian ini, CEO Delution Muhammad Egha mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung yang telah memberikan voting untuk Delution.

“Alhamdulillah, terima kasih yang sebesar- besarnya kepada teman- teman, keluarga, media, serta para sahabat lainnya yang sudah meluangkan waktu untuk memvote kami,” ucap Egha.

Egha mengaku, tantangan yang dihadapi cukup berat mengingat mereka harus berhadapan dengan arsitek lain dari luar negeri seperti dari Amerika Serikat, China, dan Estonia untuk memenangkan kategori Arsitektur hunian kecil ini.

“Kami merupakan salah satu nominasi dari Indonesia, dan pada saat itu saingan kami juga cukup berat. Yakni beberapa arsitek dari luar negeri yang telah memiliki nama besar. Namun, dengan dukungan dari seluruh elemen masyarakat indonesia, akhirnya membawa kami sebagai juara dalam ajang ini,” ujar pengusaha muda yang telah merintis bisnis sejak tahun 2013 ini.

Architizer A+ Awards sendiri adalah penghargaan international yang tidak hanya melibatkan komunitas arsitektur, namun juga fashion, penerbitan, desain produk, pengembangan real estate, dan teknologi dari seluruh dunia. Sebagai salah satu nominasi dari Indonesia dan pesaing dari seluruh dunia, tentunya para arsitek muda ini berhasil membuat bangga tanah air.

Ingin tahu penampakan Splow house? simak videonya ya…

Sumber: furnizing.com (04/05/17), arsitektur.asia (14/04/17), architizer.com


Indonesia Proud

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment