Info Jakarta

pusat informasi di kota jakarta

Menu

Kamera Lubang Jarum Buatan Dalam Negeri: Onrust Pinhole Camera

Feb
15
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post

Kamera lubang jarum adalah sebuah kamera yang tidak menggunakan lensa untuk menangkap gambar akan tetapi sebuah ruang kedap cahaya serta sebuah lubang kecil dibutuhkan untuk melakukan proyeksi gambar secara terbalik. Sayangnya, kamera dengan teknologi analog ini pelan-pelan ditinggalkan seiring berkembangnya IPTEK.

Kamera lubang jarum

Kali ini, berasal dari kota Bandung, anak bangsa dari negeri kita sendiri, Indonesia, menghadirkan sebuah kamera lubang jarum yang dinamakan Onrust Pinhole Camera oleh pembuatnya. Kayu jati merupakan bahan utama yang digunakan untuk dijadikan bodinya. Sebenarnya, bahan apa saja dapat digunakan untuk membuat sebuah kamera lubang jarum meskipun barang tersebut adalah bekas dan tak terpakai sekalipun.

Hasil foto Onrust Pinhole Camera (Kredit : Onrustpinhole)

1.2

Aria Haryana namanya. Ia adalah sang pembuat kamera lubang jarum ini. Pemuda yang berasal dari Bandung ini juga sebelumnya telah sukses membuat Neo Pinhole yang dari sekitar setahun yang lalu sudah dipasarkan. Tentunya, Onrust Pinhole Camera ini dipasarkan pula melalui media sosial seperti pendahulunya.

 1.3

Hasil foto Onrust Pinhole Camera (Kredit : Onrustpinhole)

Perbedaan Neo dan Onrust adalah dari segi estetikanya. Sedangkan pada segi komponen, pendahulu Onrust kalah berkelas dibandingkan Onrust sendiri. Namun hal-hal tersebut tak membuat sang pembuat mundur dan ia tak menampik bahwa hasil karyanya ini masih jauh dari kata sempurna. Ini adalah karena sang pembuat kamera unik ini awalnya hanya ingin memberitahukan semua orang terutama kepada pemuda-pemudi yang kreatif bahwa membuat kamera tidaklah serumit yang kita bayangkan. Barang-barang bekas disekitar kita pun sangat bisa dijadikan sebuah kamera jika ide kreatif kita tuangkan pada benda tersebut.

1.4

Hasil foto Onrust Pinhole Camera (Kredit : Onrustpinhole)

Diungkapkan oleh Arie, kotak pembungkus kamera ini dapat juga digunakan sebagai kamera lubang jarum lain tetapi dengan dimensi yang lebih besar. Spesifikasi dari kamera ini sangatlah sederhana; kayu jati dibuat untuk dijadikan bodinya, panjang fokal 25mm, format film 35mm, serta f/119 untuk aperture. Selain itu, tripod di bagian bawah kamera ini pun hadir untuk menjadi pelengkap.

Jika anda berminat membeli Onrust Pinhole Camera ini, situs resminya dapat anda kunjungi. Kamera unik ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp319.000 saja. Usaha kecil menengan (UKM) yang berlokasi di kota Bandung pun masih diberdayakan oleh pembuatan kamera berbahan kayu ini.

Arie sendiri mengungkapkan bahwa jika dengan skala pabrik besar kamera ini dibuat, maka akan jauh lebih cepat waktu produksinya serta biaya pembuatan akan dapat dihemat sehingga harga kamera ini juga akan menjadi lebih murah. Namun bagi Arie, yang paling penting ialah memajukan daerah asalnya sendiri ketimbang mencari keuntungan semata.

1.5

See the video “How to Develop Your Own Pinhole Camera Photographs”

(sumber: Onrust Pinhole Camera)


Transport in Jakarta

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Kamera Lubang Jarum Buatan Dalam Negeri: Onrust Pinhole Camera

Tuesday 15 August 2017 | Post

Tim Indonesia, yang terdiri atas Jasmine Nurul Izza Bachtiar dan Alya Laksmi Kamillah yang didampingi oleh…

Saturday 5 August 2017 | Post

Bandara Indonesia kembali mendapatkan pengakuan dan penghargaan internasional. Kali ini, tiga bandara yang dikelola PT Angkasa…

Tuesday 28 February 2017 | Post

Received a glossy red box that says ‘Open Your Dream’ and when I opened it of…

Friday 7 July 2017 | Post

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) pun akan menyelenggarakan KAI Travel Fair (KA-TF) 2017 selama dua…