Menu

YUK MEMBATIK !

Jan
06
2017
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post

Batik adalah merupakan salah satu cara untu membuat bahan pakaian. Selain itu, batik juga bisa mengacu pada beberapa hal berikut. Pertama adalah mengenai pewarnaan kain dan yang kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut. Kata ‘batik’ merupakan gabungan dari dua kata bahasa jawa yaitu ‘amba’ yang berarti ‘menulis’ dan ‘titik’ yang bermakna ‘titik’.

batik

Didalam batik terdapa seni pula dalam pengerjaannya, seni pewarnaan kain dengan teknik pencegahan menggunakan malam adalah merupakan cara membatik seni kuno. Penemuan di Mesir menunjukkan bahwa teknik ini telah dikenal semenjak abad ke-4 SM karena adanya kain pembungkus mumi yang terdapat pla didalamanya. . Di Asia, teknik serupa batik juga diterapkan di Tiongkok semasa Dinasti T’ang (618-907) serta di India dan Jepang semasa Periode Nara (645-794). Di Afrika, teknik seperti batik dikenal oleh Suku Yoruba di Nigeria, serta Suku Soninke dan Wolof di Senegal.

Di Indonesia batik sudah dikenal sejak zaman Majapahit, dan menjadi sangat populer pada akhir abad XVIII atau awal abad XIX. Semua yang dihasilan adala batik tulis dan kemudia mulai dikenal batik cap yang dikenal sejak awal abad XX setelah Perang Dunia I sekitar tahun 1920-an. Semakin kesini industri dan globalisasi yang memperkenalkan teknik membatik secara otomatis serta motif-motif bati baru bermunculan. Dikenal sebagai batik cap, sementara batik yang diproduksi dengan menggunakan canting adalah merupakan batik tulis.

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.

Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak “Mega Mendung”, dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki. Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.

Dalam segi warna dan corak yang terdapat pada batik, hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai pengarub asing. Pada awalnya bati memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan hanya beberapa yang boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga mempopulerkan corak phoenix.

Pada awalnya batik dibuat diatas bahan berwarna putih yang terbuat dari kapas, dinamakan kain mori. Dewasa ini batik jga dibuat dengan berbagai bahan lainnya, diantaranya adalah seperti sutera, polister,rayon, dan bahan sintetis lainnya. Pada motif, dibentuk dengan menggunakan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus dan kuas untuk motif yang lebih besar. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan. Biasanya pewarnaan dimulai dari warna-warna muda dan kemudian dilanjutkan dengan warnawarna yang lebih tua. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.

ayo membatik

Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam membatik, diantaranya adalah:

  • Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
  • Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari

Tak hanya mengenai cara membatik, asal pembuatan batikpun menjadi hal yang perlu diketahui.

Batik Jawa

Batik jawa adalah merupakan sebuah warisan kesenian buadaya Indonesia, yang dimiliki oleh khusus nya daerah Jawa secara turun menurun. Pada batik Jawa, memiliki motif-motif yang berbeda-beda. Batik Jawa memiliki makna pada setiap corak dan motif nya yang berbeda- beda. Arti yang terdapat pada motif tersebut merupakan makana yang teerkandung dari leluhur mereka, yaiut para penganut animisme, dinamisme, hindu dan budha. Batik Jawa banyak berkembang pada daerah Solo, sehingga batik Jawa pun dikenal sebagai batik Solo.

Source: http://aephidayat.blogspot.co.id/2011/01/seni-batik.html


Transport in Jakarta

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

tags:
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya YUK MEMBATIK !

Sunday 8 January 2017 | Post

SUASANA ruang tamu di rumah Arfi’an Fuadi, 28, di Jalan Canden, Salatiga, Jawa Tengah, masih dipenuhi…

Wednesday 21 December 2016 | Post

” Jual kompor batik minyak tanah Jual kompor batik minyak tanah hub adi 0812 253 72378…

Thursday 9 October 2014 | Post

MERAPIKAN BUSANA Biasanya, jika anda telah berada dekat pada kursi anda dan anda telah menurunkan tubuh…

Monday 16 March 2015 | Post

ADALAH … . . WILAYAH PROVINSI . DAERAH TAKLUKAN . DAERAH OTONOMI . WILAYAH ADMINISTRASI Di…