Menu
Dapatkan Produk Produk Snack Berkualitas KHAS SOLO yang dikirim ke JAKARTA

Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

May
31
2015
by : dijakarta4. Posted in : Post
Dijatuhkannya Bom Atom di Hiroshima (6 Agustus 1945) dan Nagasaki (9 Agustus 1945) oleh Sekutu telah melumpuhkan kekuatan Jepang. Pada tanggal 15 Agustus 1945 kaisar Hirohito secara resmi mengumumkan penyerahan Jepang terhadap Sekutu. Peristiwa tersebut ditutup-tutupi oleh Jepang agar tidak tersebar sampai kenegara jajahan.
1.    Peristiwa Rengasdengklok
Peristiwa menyerahnya Jepang kepada sekutu terdengar oleh Sutan Syahrir dan menyampaikannya kepada golongan pemuda. Golongan Pemuda menanggapi berita tersebut dengan mengadakan rapat tanggal 15 Agustus 1945 di Gedung Mikrobiologi di Jl. Pegangsaan Timur No. 13 Jakarta, rapat dipimpin oleh Chairul Saleh, diikuti oleh Djohar Nur, Kusnandar, Subadio, Subianto, Margono, Wikana, dan Armansyah. dalam rapat tersebut diambil keputusan untuk segera melaksanakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dan menyampaikannya melalui Darwis dan Wikana ke Bung Karno dan Bung Hatta. Keinginan tersebut ditolak oleh bung Karno dan Bung Hatta.  Suasana tersebut disaksikan oleh golongan nasionalis angkatan tua lainnya, seperti Mohammad Hatta, dr. Buntaran, dr. Samsi, Mr. Ahmad Subardjo, dan Mr. Iwa Kusumasumantri. Beberapa keputusan rapat itu antara lain, sebagai berikut.
a.    Menegaskan bahwa kemerdekaan Indonesia adalah hak dan urusan rakyat Indonesia sendiri, tak dapat digantungkan kepada orang dan kerajaan lain.
b.    Segala ikatan dan hubungan dengan janji kemerdekaan dari Jepang harus diputuskan.
c.    Sebaliknya, diharapkan segera diadakan perundingan dengan Soekarno – Hatta agar mereka segera menyatakan proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Terjadi perbedaan pendapat antara golongan muda dan golongan tua ingin kemerdekaan dilakukan dengan persiapan yang matang dan melalui badan resmi yaitu PPKI.
Keinginan golongan muda yang ditolak membuat mereka mengadakan rapat pada pukul 24.00 WIB menjelang tanggal 16 Agustus 1945 di Jl. Cikini 71, Jakarta. Selain dihadiri oleh pemuda-pemuda yang berapat di ruangan Lembaga Bakteriologi, rapat dihadiri juga oleh Sukarni, Jusuf Kunto, dan dr. Muwardi dari Barisan Pelopor, serta Shodanco Singgih dari Peta. Keputusan rapat tersebut adalah menculik Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Tujuannya ialah untuk menjauhkan Sukarno dan Hatta dari pengaruh Jepang. Dipilihlah daerah Rengasdengklok untuk mengamankan mereka dengan pertimbangan jauh dari jalan raya dan bila tentara Jepang datang ke Rengasdengklok dapat dengan mudah terawasi. Selain itu juga terdapat kekuatan PETA dibawah Subeno.
    Di Rengasdengklok pemuda mendesak Soekarno untuk segera melakukan proklamasi kemerdekaan. Sementara di Jakarta terjadi perdebatan antara Ahmad Soebardjo dengan Wikana agar Soekarno dan Hatta segera dikembalikan ke Jakarta. Setelah ada jaminan bahwa Ir. Soekarno dan Moh.Hatta bersedia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada esok harinya tanggal 17 Agustus 1945. Selain itu Ahmad Soebardjo juga memberikan jaminan akan dilakukan proklamasi kemerdekaan selambat-lambatnya tanggal 17 Agustus 1945 pada pukul 12.00 WIB. Ahmad Soebardjo segera diantarkan Jusuf Kunto dan Wikana ke Rengasdengklok. Setelah terjadi kesepakatan dari semua pihak, maka Soekarno-Hatta dikembalikan ke Jakarta.
   
2.    Penyusunan Naskah Proklamasi
Rombongan tokoh Indonesia  dari Rengasdengklok setelah sampai di Jakarta. Kemudian Soekarno dan Hatta di bawa ke Rumah Laksamana Maeda Jalan Imam Bonjol No.1 untuk meminta bantuannya. Laksamana Maeda menjamin keselamatan mereka dan mengizinkan rumahnya sebagai tempat rapat.
Perumusan naskah proklamasi terjadi di rumah Laksamana Maeda pada malam hari tanggal 16 Agustus 1945. Ahmad Soebardjo mengusulkan kalimat pertama yang berbunyi “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”. Muh. Hatta mengusulkan kalimat kedua yang berbunyi “Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya”. Ir. Soekarno menulis dan merangkai kedua kalimat tersebut dalam selembar kertas.
Naskah tersebut dibacakan dan disesempurnakan di depan Sayuti Melik, Soekarni, Soediro, dan B.M. Diah. Muncul kebingungan dalam menandatangani naskah tersebut. Ir. Soekarno mengusulkan agar semua yang hadir tersebut menandatangani naskah tersebut. Soekarni mengusulkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia. Terhadap usulan tersebut semua yang hadir menyetujui. Naskah tersebut diserahkan pada Sayuti Melik untuk diketik dan kemudian ditandatangani oleh Soekarno-Hatta yang disebut dengan naskah autentik.
Antara naskah konsep dengan autentik terdapat perubahan. Perubahan tersebut antara lain sebagai berikut.
a.    Kata “Proklamasi” diubah menjadi “PROKLAMASI”.
b.    Kata “tempoh’ diubah menjadi “tempo”.
c.    “Wakil-wakil bangsa Indonesia” diubah menjadi “atas nama bangsa Indonesia”.
d.    Djakarta 17-08-05 diubah menjadi “Djakarta, hari 17 bolelan 8 tahoen 05”. Tahun 05 adalah tahun Showa (Jepang), yaitu 2605 yang sama dengan 1945 Masehi.

artikel lainnya Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Monday 10 July 2017 | Post

Toddler outdoor playground Satu lagi sekolah internasional untuk balita dibuka di daerah Menteng: Mighty Minds pre…

Wednesday 21 June 2017 | Post

#SquadGoals, amirite? Weightlifting A) 3FS/6BS @90% of FS x 6 sets B) Snatch: 60/5, 70/4, 75/3,…

Thursday 27 July 2017 | Post

Kabar gembira datang dari Inggris. Paduan Suara Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PSM ITS) Surabaya menorehkan…

Wednesday 24 February 2016 | Post

Menjual perhiasan dari mutiara air laut dan air tawar asli lombok dengan kami membuka toko penjualan…

Rekening


BRI : 051201005742507 An/ : Budi Prihono, S.Sos
MANDIRI : 1380010506520 An/ : Budi Prihono, S.Sos
BNI : 0282198021 An/ : Budi Prihono, S.Sos
BCA : 0770538343 An/ : Budi Prihono, S.Sos
Info & Pemesanan : Kayamara Group, Perumnas Jl. Salak 5 No. 125 RT. 001/019, Ngringo, Jaten, Karanganyar 57772
0271-8202839
085647595948
085647595948