Menu

UJI ANALISA SEJARAH DAN IPS

Mar
23
2015
loading...
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post

3.      Metode Penentuan Subyek Penelitian
a)   Populasi
Menurut Dermawan Wibisono (2003:25), “ Populasi adalah sekumpulan yang lengkap dari orang, kejadian atau benda yang memiliki karakteristik umum”. Populasi yang dugunakan dalam

penelitian ini adalah para pelanggan maupun pengunjung yang mengunjungi Palur Plasa dan Mall Luwea di daerah Palur.

b)   Sampel
Menurut Dermawan Wibisono (2003:26), “Sampel adalah bagian dari populasi yang terdiri dari bebrapa anggota yang dipilih dari populasi”. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari para Ibu sebanyak 10 orang, Bapak sebanyak 10 orang, dan Remaja sebanyak 10 orang.
c)   Sampling
Menurut Sugiyono (2010:62), “Teknik sampling adalah merupakan teknik pengambilan sampel”. Pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan random sampling, karena setiap elemen dari populasi mempunyai peluang sama dan diketahui untuk terpilih sebagai subyek.
4.      Variabel Penelitian
Dalam penellitian ini terdapat variabel bebas dan variabel terikat, jumlah dari variabel terikat (Y) adalah satu variabel, dan jumlah variabel bebas (X) adalah dua variabel. Variabel dalam penelitiuan ini adalah sebagai berikut:
a)   Variabel terikat
Variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas, dimana variabel terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan (Y).
b)   Variabel bebas
1)      Manajemen Pemasaran (X1)
Manajemen pemasaran merupakan proses pengorganisasian dan pelaksanaan dari suatu rencana untuk mempromosikan barang dan jasa yang di jual oleh suatu perusahaan
2)      Tingkat Harga (X2)
Harga merupakan nilai atu jumlah uang yang ditentukan untuk suatu barang atau jasa berdasarkan harga pokok produk, serta disepakati dalam proses pertukaran atau jual beli.
5.      Sumber Data
a)      Data Primer
Data Primer merupakan data yang diperoleh dari responden secara langsung dengan menggunakan angket atau wawancara sebagai cara untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Data diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi dan observasi.
b)      Data Sekunder
Data Sekunder merupakan data yang diperoleh dari hasil komunikasi dengan pihak manajer pemasaran dan karyawan swalayan.
6.      Teknik pengumpulan data
Teknik Pengumpulan Data merupakan cara untuk memperoleh data dan keterangan-keterangan yang dibutuhkan untuk membuat suatu penelitian. Data dan keterangan-keterangan tersebut dapat diperoleh dengan metode pengumpulan data. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan metode-metode sebagai berikut :
a)      Metode Dokumentasi
Menurut Suharsimi Arikunto (2006:231), menyatakan bahwa, “Dokumentasi yaitu mencari dan mengumpulkan data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatn, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti,notulen, raport dan lain sebagainya”. Penlitian ini menggunakan data dokumentasi yang berupa catatan yang diperoleh dari pernyataan para konsumen ataupun pelanggan.
b)      Metode Interviu (Interview)
Menurut Suharsimi Arikunto (2006:227), menyatakan bahwa,
Interview yang sering juga disebut dengan wawancara atau kuesioner lisan, adalah sebuah dialog yang dilakukan oleh pewawancara(interviewer). Interviu digunakan peneliti untuk menilai keadaan seseorang, misalnya untuk mencari data tentang variable latar belakan murid, orang tua, pendidikan, perhatian  dan sikap terhadap sesuatu.
Dalam hal ini peneliti secara langsung melakukan wawancara dengan para konsumen yang mengunjungi swalayan.
c)      Metode Pengamatan ( observasi)
Menurut Suharsimi Arikunto (2006:229), menyatakan bahwa,“ Pengumpulan atau observasi adalah suatu teknik yang dilakukan dengan caramengadakan pengamatan secara teliti serta pencatatan secara sistematis”.
7.      Teknik Uji Prasyarat Analisis
Teknik uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik uji normalitas data dan teknik uji linieritas, yaitu sebagai berikut:
a)            Uji Normalitas Data
   Bertujuan untuk mengetahui sample sample berasal dari populasi berdistribusi normal atau tidak, untuk menguji normalitas data dari variabel-variabel digunakan rumus Chi-Kuadrat.
Langkah-langkah uji normalitas dengan rumus :
          
1)      Pengamatan terhadap dijadikan angka dengan rumus
2)      Data diurutkan dan hitung peluang
3)      Dihitung  atau perbandingan antara subyek dan jumlah subyek.
4)      Menghitung harga mutlak dan yang paling besar sebagai
Jika maka populasi terdistribusi normal (Budiyono,2000)
b)            Uji Linieritas
                    Uji linieritas merupakan langkah untuk mengetahui status linier tidaknya suatu distribusi sebuah data penelitian. Hasil yang diperoleh melalui uji linieritas akan menentukan teknik analisis regresi yang akan digunakan. Jika hasil uji linieritas merupakan data yang linier maka digunakan analisis regresi linier. Sebaliknya jika hasil uji linieritas merupakan data yang tidak linier maka analisis regresi yang digunakan nonlinier. Dasar pengambilan keputusan dari uji ini dapat dilihat dari nilai signifikansi. Apabila nilai signifikansi > 0,05 dapat disimpulkan bahwa hubungannya bersifat linier.
8.      Teknik Analisis Data
           Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan model regresi berganda. Untuk mengetahui variabel bebas yang jumlahnya dua variabel atau lebih terhadap variabel terikat, maka persamaan regresinya menggunakan persamaan regresi berganda.
           Dalam persamaan ini variabel terikat yang berupa tingkat kepuasan pelanggan di tunjukkan dengan variabel (Y), variabel manajemn pemasaran ditunjukkan dengan variabel (X1), variabel tingkat harga yang relatif lebih mahal ditunjukkan dengan variabel (X2), Untuk itu model persamaan regresinya adalah sebagai berikut:
           Y = a + b1X1 + b2X2 + b3D + e
Keterangan:
Y                           : Meningkatnya penjualan
a                            : konstanta regresi
b1, b2, b3              : Koefisien regresi
D                           : inovasi
X1, X2, X3           : Variabel promosi, harga yang murah, dan inovasi
e                            : Faktor eror

artikel lainnya UJI ANALISA SEJARAH DAN IPS

Thursday 3 May 2018 | Post

Awalan ME ditulis serangkai dengan kata yan g diawalinya.  Ada enam variasi penulisan ME, yaitu: Me-…

Saturday 21 January 2017 | Post

Ini nih model seragam batik modern kreasi kita. Dengan perpaduan kain polos, border logo, dan batik…

Thursday 22 March 2018 | Post

Saya sering melihat blog-blog tentang cerita fiksi.  Beberapa diantaranya tidak bermutu. Baik ceritanya, tokohnya, dan alurnya…

Thursday 4 January 2018 | Post

Cruising aboard a three weeks old PK-LUP | ID6951 Bukan, bukan seperti Frequent Flyer lainnya yang…