Menu

Organisasi Konfrensi Islam (OKI)

Mar
17
2015
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post


Organisasi ini dibentuk sebagai reaksi atas peristiwa pembakaran Masjid al Aqsa (Baitul Mahdis) di Yerussalem pada tanggal 21 Agustus 1969. Bagi umat Islam, Masjid al Aqsa merupakan tempat suci ketiga sesudah Mekkah dan Madinah.
1)         Penyelenggaraan Konferensi
Pada tanggal 22 Agustus 1969 diadakan pertemuan negara-negara anggota liga Arab. Konferensi Menteri Luar Negeri berlangsung pada tanggal 22–26 Agustus 1969, hasil yang dicapai adalah sebagai berikut.
a)        Tindakan Israel yang dengan sengaja ingin memusnahkan Masjid al Aqsa merupakan suatu kejahatan yang tidak dapat diterima.
b)        Tindakan Israel itu ingin merongrong kesucian umat Islam dan Nasrani serta mengancam keamanan Arab dengan kekuatan senjata.
2)         Tujuan OKI
Tujuan dibentuknya OKI adalah meningkatkan solidaritas Islam antarnegara anggota; melenyapkan rasial, diskriminasi kolonialisme dalam segala bentuknya; mengoordinasikan usaha-usaha untuk melindungi tempat-tempat suci; membantu perjuangan rakyat Palestina untuk mendapatkan tanah airnya; memperteguh semua perjuangan muslim.
Untuk mencapai tujuan OKI tersebut ditentukan lima prinsip, yaitu persamaan mutlak antarnegara anggota; menghormati hak untuk menentukan nasib sendiri; menghormati kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas wilayah negara; penyelesaian masalah secara damai; larangan mengancam atau menggunakan kekerasan terhadap integritas wilayah.
Untuk mencapi tujuan, OKI memiliki badan-badan, seperti  badan utama; komite khusus; badan-badan subsider. OKI bersikap melayani kepentingan negara-negara Arab yang berpusat di Timur Tengah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu  latar belakang terbentuknya OKI bersumber pada masalah di Timur Tengahl; lebih dari setengah anggota OKI adalah negara-negara Arab yang wilayahnya di Timur Tengah.
3)         Konfrensi Tingkat Tinggi OKI
KTT OKI yang dihadiri oleh 28 negara Islam tersebut menghsailkan berbagai keputusan yang intinya adalah sebagai berikut.
a)     Menutuk pembakaran Mesjid Al-Aqsa oleh Israel.
b)     Menunutut dikembalikannya kota Jerusalem sebagaimana sebelum perang tahun 1967.
c)     Menuntut penarikan tentara Israel dari seluruh wilayah Arab yang diduduki.
d)     Menetapkan pertemuan tingkat Menlu di Jeddah pada bulan Maret 1970.
Sesuai dengan pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri di Jeddah pada tahun 1970, dibentuklah sekretariat tetap OKI di Jeddah dan diadakanya pertemuan rutin OKI. Berikut beberapa penyelenggaraan KTT OKI.
a)     KTT ke-1 diselenggarakan di Rabat, maroko (1969).
b)     KTT ke-2 diselenggarakan di lahore, Pakistan (1974).
c)     KTT ke-3 diselenggarakan di MekkaH, Arab Saudi (1981).
d)     KTT ke-4 diselenggarakan di casablanca, Maroko (1984).
e)     KTT ke-5 diselenggarakan di Kuwait City, Kuwait (1987).
f)       KTT ke-6 diselenggarakan di Dakkar, Senegal (1991).
g)     KTT ke-7 diselenggarakan di Casablanca, Maroko (1994).
h)     KTT ke-8 diselenggarakan di Teheran, iran (1997).
i)        KTT ke-9 diselenggarakan di Doha, Qatar (2000).
j)        KTT ke-10 diselenggarakan di Putrajaya, Malaysia (2003).
k)      KTT ke-11 diselenggarakan di Mekkah, Arab Saudi (2005).
    4)         Keanggotaan Indonesia dalam OKI
Dalam kaitannya dengan Indonesia, ada beberapa hal yang perlu dibicarakan, yaitu sebagai berikut.
a)        Kedudukan Indonesia dalam OKI sangat unik karena Indonesia bukan negara Islam melainkan negara yang berdasarkan Pancasila.
b)        Dari sudut politik luar negeri Indonesia, Indonesia adalah negara anggota OKI yang secara eksplisit menyatakan prinsip-prinsip kebebasan dan independensi sebagai pegangan politik luar negerinya.
Keterlibatan Indonesia di dalam OKI adalah sebagai suatu usaha untuk ikut menciptakan kehidupan dunia yang aman dan damai. Ikut sertanya Indonesia dalam OKI diharapkan dapat menggalang dukungan bagi kepentingan Indonesia dalam forum internasional.
Indonesia menjadi tuan Rumah Konfrensi Tingkat Menteri OKI pada tanggal 9 Desember 1996. Konfrensi tersebut menghasilkan keputusan antara lain sebagai berikut.
a)     Masalah Palestina adalah masalah utama bagi dunia Islam.
b)     Mengecam keras tindakan Israel yang menghambat proses perdamaian.
c)     Mengakui integritas dan kedaulatan Bosnia Herzegovina sesuai batas wilayah secara internasional.
d)     Menghimbau agar diadakan perundingan damai di wilayah Jammu dan Kashmir.
e)     Menghimbau pihak-pihak yang bertikai di Afhghanistan segera mengadakan gencatan senjata.
f)       Meyerukan kepada Irak agar mau bekerja sama dengan Palang Merah Internasional dalam upaya melaksanakan resolusi PBB.
g)     Mengecam tindakan agresi AS ke Libya.
h)     Mendukung dengan tegas posisi Indonesia di Timor Timur.
e.     Uni Eropa
Uni Eropa (UE, bahasa Inggris: European Union atau EU) adalah sebuah organisasi antar-pemerintahan dan supranasional yang terdiri atas negara-negara Eropa. Sejak 1 Januari 2007 Uni Eropa telah memiliki 27 negara anggota. Persatuan ini didirikan atas nama tersebut di bawah Perjanjian Uni Eropa (yang lebih dikenal dengan Perjanjian Maastricht) pada 1992. Namun, banyak aspek dari EU timbul sebelum tanggal tersebut melalui organisasi sebelumnya, kembali ke tahun 1950-an. Lembaga organ penting di dalam UE adalah Komisi Eropa, Dewan Uni Eropa, Dewan Eropa, Mahkamah Eropa, dan Bank Sentral Eropa. Terdapat pula Parlemen Eropa yang anggota-anggotanya dipilih langsung oleh warga negara anggota.
            Keinginan untuk menyatukan masyarakat Eropa sebenarnya telah jauh ada sebelum Perang Dunia I dan Perang Dunia II berlangsung. Ketika Perang Dunia II berakhir, keinginan untuk menyatukan Eropa muncul kembali. Didorong oleh keinginan untuk membangun kembali Eropa dan menghilangkan kemungkinan perang lainnya maka dibentuklah European Coal and Steel Community oleh Jerman, Prancis, Italia, dan negara-negara Benelux. Hal ini terjadi setelah  diadakan Perjanjian Paris (1951), ditandatangani pada April 1951, dan dimulai pada Juli 1952. Keberhasilan tersebut menyebabkan negara-negara anggota bergerak menuju bidang yang lebih luas. Henry Spaak (Menteri Luar Negeri Belgia) mendapat kepercayaan untuk membentuk komisi penjajagan kemungkinan integrasi yang lebih luas. Komisi Spaak berhasil menyelesaikan dua buah konsep, yaitu European Economic Communitydan Erupean Atomic Energy Community.
            Setelah itu, terbentuk juga European Economic Community yang didirikan atas dasar  Perjanjian Roma pada 1957 dan diimplementasikan pada 1 Januari 1958. Komunitas tersebut berubah menjadi Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) yang merupakan “pilar pertama” dari Uni Eropa. Tujuan dari MEE adalah sebagai berikut.
a)     Kerja sama yang lebih erat di antara negara-negara Eropa.
b)     Menjamin kemajuan ekonomi dan sosial dengan aksi bersama dalam menghapus pengahalang-penghalang yang membagi dan memisahkan Eropa.
c)     Mencapai integrasi Eropa yang aman dan makmur serta bersatu.
Pada tahun 1992 dibentuk Pasar Tunggal Eropa, untuk membangun basis ekonomi terlebih dahulu. Tahub 1999 diterapkan penggunaan satuan mata uang Eropa (EURO). Selanjutnya, Uni Eropa berevolusi dari sebuah badan perdagangan menjadi sebuah kerja sama ekonomi dan politik. Hingga saat ini anggota Uni Eropa pada tahun 2007 mencapai 27 negara.
f.        APEC (Asia Pacific Economic Cooperation)
APEC atau kerja sama negara-negara  Asia Pasifik terbentuk tahun 1989 pada pertemuan tingkat menteri di Canberra (Australia). Sampai 2011 ini anggota APEC telah berjumlah 21 negara. Sekretariat APEC berada di negara Singapura. Gagasan APEC diprakarsai oleh Robert Hawke (Perdana Menteri Australia). Latar belakang pembentukan kerja sama regional di kawasan Asia Pasifik, antara lain perubahan dalam konstelasi politik dunia, adanya dinamika proses globalisasi, dan adanya kekhawatiran akan gagalnya perundingan Putaran Uruguay.
KTT APEC yang dihadiri oleh kepala negara dan pemerintahan diadakan setiap tahun di negara-negara anggota. Pertemuan pertama organisasi APEC diadakan di Canberra, Australia pada tahun 1989. Sampai dengan November 2010, KTT APEC telah dilaksanakan sebanyak 22 kali. KTT APEC ke-22 dilaksanakan di Yokohama, Jepang pada bulan November 2010.
Keberadaan APEC sangat penting bagi Indonesia karena sesuai dengan politik luar negeri yang bebas dan aktif. Indonesia memanfaatkan APEC sebagai upaya untuk menertibkan kehidupan dunia sebagaimana telah diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945. Indonesia menginginkan APEC menjadi forum konsultasi yang bersifat jujur, adil, terbuka, bebas, dan saling menguntungkan.
Deklarasi Bogor yang menetapkan kawasan Asia Pasifik menjadi kawasan perdagangan bebas bagi semua anggota APEC tahun 2020 menuntut bangsa Indonesia berbenah diri sebaik mungkin di segala bidang, misalnya dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, penguasaan teknologi, dan memantapkan kelembagaan ekonomi.
Ruang lingkup kegiatan APEC meliputi pertukaran informasi dan konsultasi tentang kebijaksanaan-kebijaksanaan yang relevan dengan usaha-usaha bersama untuk memperta­han­kan laju pertumbuhan, meningkatkan kesesuaian, dan mengurangi ketimpangan sosial.
Sekilas Info
Afghanistan dahulu merupakan negara dibawah jajahan Uni Soviet. Di Afghanistan muncul organisasi Taliban dan faksi-faksi suku di Afgahnistan untuk mengusir Uni Soviet dari Afghanistan. Dalam perjuangnya mengusir Uni Soviet organisasi tersebut mendapat bantuan senjata dari Blok Barat. Uni Soviet dapat didesak keluar dari Afghanistan pada tahun 1989. Sepeninggal Uni Soviet terjadi pertiakian antara Taliban dan faksi-faksi suku di Afghanistan. Kelompok Taliban berhasil mengalahkan faksi-faksi suku dan mengubah Afghanistan menjadi negara Islam.
Uji Pemahaman Materi
Tugas Kelompok!
Kerjakan sesuai dengan perintahnya!
1.      Bentuklah kelompok yang beranggotakan 4-5 orang!
2.      Buatlah makalah mengenai konflik yang terjadi di Yugoslavia!
3.      Carilah sumber baik dari buku materi, buku bacaan, internet dan media cetak!
4.      Kumpulkan makalah tersebut pada guru untuk mendapatkan penilaian!
Tugas Kelas
Kerjakan sesuai dengan perintahnya!
Saat ini dunia telah memasuki era globalisasi. Globalisasi telah memberikan pengaruh baik bidang politik dan ekonomi bagi dunia.  Diskusikan dengan teman sebangkumu mengenai hal berikut ini!
1.      Apa yang dimaksud dengan gloalisasi?
2.      Faktor apa saja yang mendorong terjadinya globalisasi?
3.      Dampak apa saja yang ditimbulkan dari globalisasi?
4.      Bagaimana peran Indonesia pada era globalisasi?
Kerjakan dalam buku tugasmu, kemudian melalui arahan dari guru, presentasikan hasilnya di depan kelas!
Kata-kata Penting
APEC : forum kerjasama ekonomi negara-negara di kawasan Asia Pasifik
Atlantic Charter : Piagam Atlantik yang  berisi hak menentukan nasibnya sendiri, HAM, dan ditandatangani oleh Presiden AS FD Roosvelt dan PM Inggris Winston Churchill. Piagam ini sebagai dasar dari chalter of peac (piagam perdamaian)
Apartheid : politik diskriminasi warna kulit yang terjadi di Afrika Selatan oleh keturunan Eropa terhadap orang kulit berwarna
Camp David                         : suatu tempat di Amerika Serikat dimana disilenggarakannya perundingan damai anatara Anwar Sadat (Mesir) dengan Menachem begin (Israel) mengenai penyelesaian konflik Timur Tengah
Glasnot : program Gorbachev yang intinya adalah keterbukaan politik di Uni Soviet
GNB : Gerakan Nonblok atau Nonalignment (NAM) merupakan gerakan yang tidak memihak/netral terhadap blok barat dan blok timur
Perestroika : program Gorbachev yang berisi restrukturisasi atau perbaikan ekonomi di Uni Soviet dan negara Blok Timur
SALT : Strategic Arms Limitation Talks  (Perjanjian Pembatasan Persenjataan Strategis)
START : Strategic Arms Reduction Treaty  (Perjanjian Pengurangan Persenjataan Strategis)
Timur-Barat : hubungan antara negara-negara Blok Barat (kapitalis-demokrasi)
Utara-Selatan : hubungan antar negara-negara yang berada di utara (negara maju) dengan negara yang ada di selatan (negara berkembang)
Uji Kompetensi Siswa
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
1.       Rezim yang pernah berkuasa di Kamboja dan melakukan pembantaian warga Kamboja adalah rezim ….
a. Hun Sen
b. Lon Nol
c. Norodom Sihanouk
d. Heng Samrin
e. Son San
2.      Rakyat Kamboja memberikan dukungan kepada tokoh yang dianggap pemimpin sejati rakyat Kamboja, yaitu ….
a. Son San
b. Lon Nol
c. Norodom Sihanouk
d. Hun Sen
e. Heng Samrin
3.      Perang Teluk I (Iran-Irak) pada awalnya disebabkan oleh ….
a. persaingan Iran-Irak untuk menjadi pemimpin bngsa Arab
b. perebutan daerah Shatt Al Arab
c. berkembangnya Syiah di Iran dan Sunni di Irak.
d. ikut campurnya negara Barat karena terancam kepentingannya di Timur Tengah
e. Syiah masuk ke Irak
4.      Serangan Irak ke Kuwait pada Perang Teluk II pertama kali terjadi pada tanggal ….
a. 1 Agustus 1990
b. 2 Agustus 1990
c. 3 Agustus 1990
d. 4 Agustus 1990
e. 5 Agustus 1990
5.      Operasi yang dilakukan oleh tentara multinasional yang dipimpin Amerika Serikat diberi nama ….
a. Perdamaian
b. Badai Gurun
c. Badai Gurun Pasir
d. Badai Perdamaian
e. Badai Teluk
6.      Pemilu multiras pertama di Afrika Selatan yang sekaligus menandai berakhirnya Apartheid diadakan pada tahun ….
a. 1990
b. 1991
c. 1992
d. 1993
e. 1994
7.      Perundingan pertama untuk mendamaikan Palestina dan Israel bertempat di ….
a. Way River
b. Madrid
c. Camp david
d. Kairo
e. Oslo
8.      Berikut yang tidaktermasuk akibat Revolusi Iran adalah ….
a. Berdirinya Negara Islam Iran
b. Berkemebangnya Syiah di Iran
c. berkembangnya Syiah di Irak
d. terjadi ketegangan antara Iran dan Irak
e. timbulnya perpecahan di negara-negara Arab
9.      Tembok Berlin yang menjadi pemisah antara Jerman Barat dan Jerman Timur terjadi pada tanggal ….
a. 7 November 1989
b. 8 November 1989
c. 9 November 1989
d. 10 November 1989
e. 11 November 1989
10.  Masalah Irak dan Kuwait dapat diselesaikan dengan operasi militer serta dengan ….
a. Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 659
b. Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 660
c. Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 661
d. Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 662
e. Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 663
11.  Berikut yang bukantermasuk UU berbau Rasial yang dihapus Presiden F.W. de Clerk adalah ….
a. UU Pemilikan Tanah Tahun 1913
b. UU Pemilikan Tanah Tahun 1914
c. UU Pemilikan Tanah Tahun 1937
d. UU Pendaftaran Penduduk
e. UU Daerah Pemukiman
12.  Dikeluarkannya Balfour Declaration oleh Inggris bertujuan untuk memikat hati bangsa ….
a. Arab
b. Palestina
c. Yahudi
d. Turki
e. Mesir
13.  Berikut yang merupakan tokoh pejuang Paletina adalah ….
a. Ali Khomaini
b. Benjamin Netanyahu
c. Yitzhak Rabin
d. Yasser Arafat
e. Anwar Sadat
14.  Perjanjian Way River II berlangsung di Negara ….
a. Mesir
b. Amerika Serikat
c. Arab Saudi
d. Swiss
e. Kanada
15.  Perlawanan terhadap Politik Apartheid di Afrika Selatan dilakukan oleh berbagai kalangan berikut, Kecuali….
a. PBB
b. ANC
c. GNB
d. negara Barat
e. negara Afrika
16.  Berikut yang merupakan faktor pendorong berdirinya OKI adalah ….
a. Perang Irak-Iran
b. penandatanganan Perjanjian Camp David
c. pembakaran Masjid Al-Aqsa di Jerusalem
d. invasi Israel ke Libanon
e. Invasi Irak ke Kuwait
17.  Pembersihan etnis dengan membanati etnis Islam Bosnia dilakukan oleh ….
a. Serbia
b. Bosnia Herzgovina
c. Yugoslovia
d. Macedonia
e. Montenegro
18.  Invasi Amerika Serikat ke Irak terjadi pada masa kepemimpinan ….
a. Bill Clinton
b. George W. Bush Jr
c. George W. Bush
d. Jimmy Carter
e. Barrack Obama
19.  Yugoslavia merupakan negara yang dibentuk oleh ….
a. Stalin
b. Mikael Gorbachev
c. Joseph Brosz Tito
d. Milosevic
e. Nikita Kurchev
20.  PBB dan dunia internasional baru memberikan reaksi untuk menyelesaikan pembersihan etnis oleh Serbia setelah diancam oleh negara ….
a. Arab Saudi
b. Indonesia
c. Turki
d. Mesir
e. Iran
21.  Invasi Amerika Serikat ke Afghanistan dimulai pada tanggal ….
a. 4 Oktober 2001
b. 5 Oktober 2001
c. 6 Oktober 2001
d. 7 oktober 2001
e. 8 Oktober 2001
22.  Bersatunya masyarakat Eropa merupakan dampak dari keberhasilan ….
a. European Atomic Energy Community
b. European Economic Community
c. European Coal and Steel Community
d. EUROP
e. Komisi Spaak
23.  Berikut yang bukantermasuk tujuan dari penyatuan masyarakat Eropa adalah ….
a. Kerja sama yang lebih erat diantara negara-negara Eropa
b. menjamin kemajuan ekonomi masyarakat Eropa
c. mencapai integritas eropa
d. menghapus penghalang yang memisahkan Eropa
e. menciptakan kekuatan baru di dunia
24.  Dasar pendirian APEC yang digagas Australia adalah ….
a. dukungan dan kerja sama dengan negara-negara berkembang
b. menyeragamkan bea masuk impor
c. adanya dinamika proses globalisasi
d. pembangunan infrastruktur negara-negara Pasifik
e. menyatukan negara-negara di kawasan Pasifik
25.  Latar belakang pendirian gerakan Nonblok adalah ….
a. perebutan pengaruh antara AS dan Uni Soviet
b. pembakaran masjid Al-Aqsa
c. menentang sistem komunisme yang berkembang di dunia
d. perjuangan melepaskan diri dari kolonialisme
e. memajukan ekonomi negara-negara anggota
B. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang paling benar!
1.      Harapan akan adanya penyatuan Jerman Barat dan Jerman Timur dimunculkan oleh tokoh komunis yang bernama ……. Mikhail Gorbachev
2.      Kamboja mendapatkan kemerdekaan dari Prancis pada tanggal 9 November 1953 dengan bentuk kerajaan yang dipimpin oleh ……. Norodom Sihanouk
3.      Untuk meredekan sengketa di Shatt al Arab antara Iran dan Irak ditandatangani perjanjian ….. Algeir
4.      Dalam pemilu multiras perrtama di Afrika Selatan dimenangkan oleh  …. African National Congress
5.      Perjanjian Camp David antara Israel dan Mesir disaksikan oleh Presiden Amerika Serikat …. Jimmy Carter
6.      Jendral Serbia yang ditempatkan di Bosnia dan melakukan pembantian rakyat Bosnia bernama ….. Rodko Miadik
7.      Peristiwa yang memicu Amerika Serikat melakukan invasi ke Afghanistan adalah … Peritiwa 11 September
8.      Adanya istilah kelompok Utara dan Selatan didengungkan pada forum politisi internasional yang diketuai oleh ….. Willie Brandt
9.      Gerakan yang tidak memihak baik blok Barat maupun timur dikenal dengan …. Gerakan Nonblok
10.  Berdirinya ASEAN ditandai dengan ditandatanganinya …… Deklarasi Bangkok
C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang paling benar!
1.      Apa yang menyebabkan terjadinya konflik Kamboja?
Jawab:
Penyebab dari konflik Kamboja adalah perebutan kekuasaan antara Pol Pot yang didukung Khmer Merah dan Heng Samrin yang didukung  Vietnam. Tokoh yang berkonflik sering berganti anatara satu tokoh dengan tokoh lainnya, tetapi kekuatan yang mendukung dibalik tokoh-tokoh tersebut adalah Khmer Merah dan Vietnam. Masuknya pasukan Vietnam semakin menambah rumit konflik di kamboja.
2.      Sebutkan faktor yang medorong terjadinya Perang Teluk I (Irak dan Iran)!
Jawab:
Faktor yang mendorong terjadinya Perang Teluk I adalah sebagai berikut.
1)     Irak khawatir akan meluasnya pengaruh Revolusi Iran di bawah Imam Khomeni. Revolusi tersebut berhasil menggulingkan dinasti Reza Shah Pahlevi yang memerintha Iran dan mendirikan Republik Islam Iran yang dipelopori kaum Mullah (Ulama Syiah).
2)     Irak secara sepihak membatalkan perjanjian dengan Iran, yaitu perjanjian Algier mengenai penguasaan bersama daerah Shat el Arab yang kaya akan minyak.
3)     Ketika Irak dibawah Saddam Husein, dia ingin mengembalikan daerah yang pernah dikuasai oleh Kerajaan Babylonia.
3.      Sebut dan jelaskan undang-undang Afrika Selatan yang mengandung unsur rasial (Apartheid)!
Jawab:
Undang-undang Afrika Selatan yang mengandung unsur rasial adalah sebagai berikut.
a.     Land Act, yaitu undang-undang yang melarang kulit hitam untuk memiliki tanah diluar ketentuan.
b.     Group Areas Act, yaitu undang-undang yang mengatur pemisahan warga negara kulit hitam dengan kulit putih.
c.     Population Registration Act, yaitu undang-undang yang mewajibkan warga kulit hitam mendaftarkan diri menurut kelompoknya masing-masing.
4.      Sebutkan golongan/etnis yang ada di negara Yugoslavia!
Jawab:
Golongan/etnis yang ada pada masyarakat Yugoslavia terdiri atas Serbia beragama Katholik Ortodok; Kroasia beragama Katholik Roma; Slovenia beragama Katolik Roma; Montenegro beragama Kristen Ortodok; Macedonia beragama Kristen Ortodok; Bosnia-Herzegovina beragama Islam.
5.      Apa saja tujuan dari gerakan Nonblok?
Jawab:
Tujuan dari Gerakan Nonblok antara lain sebagai berikut.
a.     Pengurangan ketegangan antara Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Blok Timur pimpinan Uni Soviet.
b.     Pendukung perjuangan dekolonisasi dan memegang teguh perjuangan melawan imperialisme, kolonialisme, neo-kolonialisme, rasionalisme, Apartheid, dan zionisme.
c.     Sebagai wadah perjuangan negara-negara yang sedang berkembang.
d.     Tidak membenarkan usaha penyelesaian sengketa dengan kekerasan.
e.     Memajukan kerja sama di bidang ekonomi, sosial, dan politik antara sesama anggota dan memelihara keamanan dan perdamaian dunia.
Uji Kreativitas
Kerjakan sesuai dengan perintahnya!
Konflik Israel-Palestina telah berlangsung sangat lama. Konflik tersebut timbul akibat perebutan tanah Palestina. Gambarlah peta yang merupakan letak dari Israel dan Palestina! Perjelaslah dimana wilayah Isreal dan dimana wilayah Palestina saat ini, serta bedakan warna keduanya! Berikanlah keterangan letak kota, nama daerah, dan lain-lainya.
Perbaikan
A. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar!
1.      Indonesia menjadi mediator bagi penyelesaian masalah Kamboja dengan penyelenggaraan ….. Jakarta Informal Meeting
2.      Perang Teluk I antara Irak dan Iran juga dikenal dengan Perang ….Revolusi Iran/Pertahanan Suci/Perang 8 tahun
3.      Penyebab bertambah rumitnya masalah Israel-Palestina karena janji Inggris yang dikenal dengan…… Balfour Declaration
4.      Negara-negara berkembang yang mempunyai kekayaan alam yang melimpah tetapi terkendala oleh penguasaan teknologi dan pengetahuan dikenal dengan …. kelompok Selatan
5.      ASEAN berdiri pada tanggal …… 8 Agustus 1967
B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Sebutkan tindakan PBB sehubungan adanya Rezim Apartheid di Afrika Selatan!
Jawab:
Tindakan PBB terhadap Afrika Selatan sehubungan dengan adanya politik apartheid ini, antara lain sebagai berikut:
a.   membentuk komite khusus yang menentang apartheid (1962);
b.   menyerukan embargo senjata secara sukarela terhadap Afrika Selatan (1963) dan menjadi wajib pada tahun 1974;
c.   memberlakukan boikot budaya dan olahraga sehingga para seniman, aktor, dan olahragawan tidak bisa tampil di Afrika Selatan (1968).  
2.      Bagaimana kesepakatan Perundingan Daytona pada tanggal 14 Desember 1995 di Paris?
Jawab:
Kesepakatan yang dicapai dalam perundingan Dayton yang ditandatangani di Paris pada tanggal 14 Desember 1995 isinya sebagai berikut.
a.   Bosnia-Herzegovina tetap sebagai negara tunggal secara internasional.
b.   Ibu kota Sarajevo tetap bersatu di bawah Federasi Muslim Bosnia-Kroasia dan beberapa wilayah administrasi otonom kontrol Serbia-Bosnia.
c.   Radovan Karadzic dan Jenderal Miadic yang dianggap sebagai penjahat perang oleh Mahkamah Internasional tidak boleh memegang jabatan.
d.   Pengungsi berhak kembali ke tempatnya.
e.   Pemilu akan diselenggarakan antara 6–9 bulan sesudah penandatanganan Perjanjian Paris.
3.      Apa yang kamu ketahui tentang Tragedi 11 September?
Jawab:
Tragedi 11 September adalah peristiwa runtuhnya gedung World Trade Centre yang menjadi lambang kekuatan ekonomi Amerika Serikat. Gedung tersebut runtuh akibat ditabrak oleh pesawat yang dibajak oleh teroris. Selain gedung WTC ada pesawat yang dibajak dan ditabrakan ke gedung Pentagon. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 11 September 2001. Hal tersebut menimbulkan kebijakan politik baru Amerika Serikat. Preiden George Bush kemudian menyatakan perang terhadap terorisme di dunia.
4.      Apa yang meyebabkan Jepang dapat melewati krisis akibat kalah dalam Perang Dunia II dan keluar menjadi negara  Industri yang berhasil?
Jawab:
Faktor yang menyebabkan Jepang dapat melewati krisis dan menjadi negara industi yang berhasil adalah berkat tingkat pendidikan dan pengajaran Jepang yang sudah maju, disiplin kesadaran nasional yang tinggi, serta tersedianya cukup fasilitas kesehatan bagi rakyat.
5.      Sebutkan komite ekonomi yang dimiliki organisasi ASEAN!
Jawab:
Komite ekonomi yang dimiliki ASEAN adalah sebagai berikut.
a.   Komite Perdagangan dan Pariwisata (Committee on Trade and Tourism/COTT) berkedudukan di Singapura.
b.   Komite Industri Pertambangan dan Energi (Committee on Industri, mineral, and energy/COIME) berkedudukan di Filipina.
c.   Komite keuangan dan perbangkan (Committee on Finance and Bank/COFAB) berkedudukan di Thailand.
d.   Komite pangan, pertanian, dan kehutanan (Committee on Food Agriculture and Foresty/COFAF) berkedudukan di Indonesia.
e.   Komite Transportasi dan Komunikasi (Committee on Transportation and Com­muni­cation/COTAC) berkedudukan di Malaysia.
Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Organisasi Konfrensi Islam (OKI)

Wednesday 31 May 2017 | Post

Sersan Hamzah, penembak terbaik diarak pada penutupan AASAM 2017 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD)…

Tuesday 17 March 2015 | Post

Setelah Perang Dunia II muncul Rusia dan Amerika sebagai negara Super Power. Kedua negara tersebut terus…

Monday 6 March 2017 | Post

Bekerja  di  ibukota   paling gampang ya naik kendaraan umum. Alasannya supaya tidak lelah menyetir karena…

Tuesday 13 March 2012 | Post

Microsoft Word 2007 merupakan versi terbaru dari Microsoft Office dengan perubahan tampilan atau fitur yang jauh…