Info Jakarta

pusat informasi di kota jakarta

Menu

KERJA SAMA

Mar
23
2015
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post

Pengertian Kerja Sama
             Kerja sama adalah melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama oleh dua orang atau lebih. Orang melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Suatu kerja sama akan berhasil dengan baik jika orang melakukannya senang hati. Dalam kerja sama tidak ada unsur paksaan. Mengerjakan sesuatu dengan terpaksa hasilnya tidak baik, karena pekerjaan dilaksanakan dengan

malas-malasan. Kerja sama akan berhasil dengan baik jika tidak ada yang dirugikan. Semua orang mendapatkan keuntungan dari kerja sama yang dilakukan. Setiap orang mendapatkan bagian tugas sesuai dengan kemampuannya.

             Sejak zaman dulu nenek moyang kita sudah terbiasa melaksanakan kerja sama (gotong royong) untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Sampai sekarang, masyarakat Indonesia masih melakukan kegiatan bekerja sama seperti yang dilakukan oleh nenek moyangnya. Kerja sama sangat bermanfaat bagi warga masyarakat Indonesia. Bekerja sama (gotong royong) menjadi ciri khas bagi masyarakat Indonesia. Dengan gotong royong/kerja sama pekerjaan yang berat menjadi ringan dan pekerjaan cepat selesai. Contoh bentuk kerja sama yang ada di Indonesia adalah Gugur Gunung di Jawa.
             Ciri khas dari kegiatan gotong royong sebagai berikut:
1.    dikerjakan oleh banyak orang;
2.    dikerjakan dengan ikhlas dan tanpa pamrih;
       3.    dikerjakan dengan penuh kerukunan.
       Melakukan kerja sama atau gotong royong ini banyak sekali manfaatnya. Akan tetapi, kamu harus ingat! Jangan melakukan kerja sama untuk hal curang atau jelek, bekerja sama memberi jawaban pada saat melaksanakan tes semester, mengerjakan pekerjaan rumah (PR) teman yang malas, dan lain sebagainya. Manfaat dari melakukan kerja sama atau gotong royong, antara lain, sebagai berikut.
1.    membina kerukunan dan persatuan;
2.    pekerjaan yang berat menjadi ringan dan cepat selesai;
3.    menciptakan perdamaian;
4.    menghemat waktu, tenaga, dan biaya;
5.    memiliki banyak teman;
6.    terpenuhinya kebutuhan yang diinginkan;
7.    menciptakan perasaan senasib dan sepenanggungan;
8.    meningkatkan rasa kesetiakawanan sosial.
Ayo, Uji Pemahamanmu
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Jelaskan bagaimana kerja sama dapat berjalan dengan baik?
Jawab:
Suatu kerja sama akan berhasil dengan baik jika orang melakukannya senang hati.
2.      Kerja sama bagaimanakah yang tidak boleh dilakukan?
Jawab:
Kerja sama yang tidak boleh dilakukan adalah kerja sama untuk hal yang curang atau jelek.
3.      Mengapa kerja sama tidak boleh dilakukan dengan paksaan?
Jawab:
Kerja sama tidak boleh dilakukan dengan paksaan karena mengerjakan sesuatu dengan terpaksa hasilnya tidak baik, karena pekerjaan dilaksanakan dengan malas-malasan.
4.      Mengapa diadakan gotong royong?
Jawab:
Gotong royong didakan agar pekerjaan cepat selesai. Jika pekerjaan dirasa berat agar menjadi ringan.
5.      Berikan contoh kerja sama yang tidak boleh dilakukan!
Jawab:
Mengerjakan PR teman yang malas dan memberikan jawaban ulangan.
B. Bentuk-Bentuk Kerja Sama
Kerja sama dapat dilakukan di semua tempat. Kerja sama dapat dilakukan dengan semua orang. Yang terpenting adalah kerja sama tersebut memiliki tujuan yang baik. Kerja sama tersebut semua diuntungkan. Kerja sama tersebut tidak ada unsur paksaan.
1.      Kerja Sama di Lingkungan Rumah
Banyak sekali kerja sama di lingkungan rumah yang biasa dilakukan. Kerja sama tersebut antara lain.
a. Bekerja sama mencari nafkah
Dalam sebuah keluarga ayah bertindak sebagai kepala keluarga. Maka, ayah mempunyai kewajiban mencari nafkah. Akan tetapi, makin banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi oleh suatu keluarga menyebabkan penghasilan keluarga pun bertambah. Untuk itu, saat ini tidak jarang banyak kaum perempuan atau ibu yang ikut bekerja membantu mencari nafkah.
Kaum perempuan boleh membantu bekerja mencari nafkah asalkan tidak meninggalkan kodratnya untuk mengurus suami dan anak. Ibu membantu mencari nafkah dengan cara, misalnya berdagang, menjadi pegawai di pemerintahan ataupun swasta, bertani, beternak, atau menjadi pengrajin.
(gb. Ayah berangkat ke kantor)
b. Bekerja sama menjaga kebersihan rumah
Rumah sebagai tempat tinggal harus selalu bersih. Anggota keluarga harus bersatu menjalin kerja sama. Banyak pekerjaan dalam keluarga. Pekerjaan itu dilakukan bersama. Anggota  keluarga mendapat tugas berbeda. Membersihkan rumah secara bersama-sama. Pekerjaan akan lebih ringan jika dikerjakan secara bersama-bersama. Ayah, ibu, dan anak mendapat tugas sesuai kemampuan masing-masing. Contohnya, merapikan tempat tidur, menyapu, mengepel lantai, mencuci piring, dan sebagainya. Pekerjaan itu harus dilakukan secara ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab.
(gb kerja sama membersihkan rumah)
c. Bekerja sama belajar
Kerja sama juga bisa dilakukan antara kakak dan adik. Misalkan kakak membantu adiknya belajar. Dengan demikian waktu belajar akan lebih terasa menyenangkan.
2.      Kerja Sama di Lingkungan Sekolah
Berikut adalah beberapa kerja sama yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah.
                    a.   Kerja Sama dalam Menjaga Kebersihan Sekolah
             Kerja sama di sekolah dilakukan dengan cara membentuk kelompok piket. Dalam piket setiap murid diberi tugas masing-masing. Biasanya kelompok yang mendapat jatah giliran piket datang lebih awal.  Ada yang menyapu, ada yang mem-bersihkan meja dan kursi, ada yang membersihkan papan tulis, dan sebagainya.
       (gb.petugas piket membersihkan kelas)
             Selain kerja sama membersihkan kelas, kerja sama di lingkungan sekolah juga dapat dilakukan dalam hal lomba kebersihan kelas, kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah, kerja sama dalam pertandingan olahraga antarsekolah, dan sebagainya.
                    2.   Kerja Sama dalam Belajar Kelompok
             Untuk memupuk rasa persahabatan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam pelajaran dibentuklah kelompok belajar. Dalam kelompok ini siswa yang memahami pelajaran tertentu dapat membantu siswa yang kurang memahami. Dengan begitu, semua siswa memiliki kemampuan belajar yang sama. Belajar kelompok juga dapat membuat akrab antarteman sekolah.
                  (gb. Siswa sedang belajar kelompok)
3.      Kerja Sama di dalam Masyarakat
               Kerja sama di dalam masyarakat lebih luas daripada kerja sama di lingkungan rumah dan sekolah. Kerja sama antarwarga mempunyai manfaat, antara lain, sebagai berikut:
a.    pekerjaan berat menjadi ringan;
b.    pekerjaan lebih cepat selesai;
c.    menjaga kerukunan antarwarga;
d.    meningkatkan rasa senasib dan sepenanggungan;
e.    meningkatkan persatuan dan kesatuan.
Banyak kerja sama yang dapat dilakukan di dalam masyarakat. Hal tersebut disebabkan karena di masyarakat lebih banyak masalah yang dihadapi.
a.   Membersihkan Lingkungan
             Lingkungan kelurahan atau Desa A kurang bersih. Sampah-sampah memenuhi saluran air. Saluran air tidak lancar. Apabila hujan turun akan mengakibatkan banjir. Di sana sini ada genangan air. Apabila dibiarkan akan berbahaya. Akibatnya menimbulkan penyakit.
             Pak Lurah mengundang warga untuk bermusyawarah bersama. Mereka sepakat mengadakan kerja bakti. Membersihkan lingkungan kelurahan atau desa. Mereka bekerja penuh semangat. Ada yang mengeruk saluran air. Ada yang mengangkut sampah. Ada juga yang menyapu. Kaum ibu menyiapkan makanan dan minuman. Anak-anak pun tidak tinggal diam.
             Mereka ikut bekerja. Kini lingkungan sudah bersih. Mereka merasa bahagia. Pak lurah mengucapkan terima kasih.
       (gb gotong royong membersihkan desa)
b.   Menjaga Keamanan Lingkungan
             Lingkungan tidak hanya bersih, tapi lingkungan juga harus selalu aman. Keamanan tanggung jawab seluruh warga. Di lingkungan kelurahan ada hansip atau sekarang disebut Linmas (perlindungan Masyarakat). Linmas bertugas menjaga keamanan. Namun, karena jumlah anggotanya yang tidak banyak, sehingga perlu dibantu oleh warga.
             Setiap malam dua orang anggota Linmas dibantu beberapa orang warga mengadakan siskamling. Kegiatan itu dilakukan secara bergilir. Hasilnya lingkungan aman. Warga akan merasa tenang.
       (gb. Orang berjaga di poskamling)
c.    Peringatan Hari-Hari Besar Nasional
             Di lingkungan kelurahan atau desa sering diadakan kegiatan, antara lain, peringatan hari-hari besar nasional, misalnya HUT Kemerdekaan RI. Sebelum kegiatan dilakukan persiapan, mendirikan sebuah panggung. Pekerjaan itu dilakukan bersama-sama bapak-bapak, ibu-ibu, dan para pemuda. Semua bekerja secara ikhlas.
       (gn. Perayaan kemerdekaan Indonesia)
d.   Perayaan Pernikahan
             Di lingkungan tempat tinggal kita sering ada tetangga yang punya hajat, misalnya pernikahan atau khitanan. Orang yang punya hajat biasanya sibuk mempersiapkan segala sesuatunya, misalnya tentang acaranya, bagaimana tempat duduk tamunya, hiburan, dan lain sebagainya. Semua itu kalau dikerjakan sendirian akan membebani pikiran yang punya hajat. Untuk itu, warga sekitar biasanya dilibatkan untuk bekerja sama mensukseskan acara tersebut.  Warga pun ikut membantu baik tenaga maupun pikiran. Semua dilakukan dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. Kerja sama membuat kegiatan lancar sehingga tercipta persatuan dan kesatuan.
e    Mengurus Jenazah
             Bekerja sama di lingkungan tidak hanya dalam waktu senang saja. Bekerja sama juga dapat dilakukan dalam keadaan berduka. Misalnya, membantu mengurus jenazah tetangga yang meninggal. Ketika ada anggota keluarga meninggal, tentunya anggota keluarga lainnya akan bersedih. Akibat kesedihan itu, mereka menjadi  tidak tahu harus berbuat apa dengan jenazah tersebut. Untuk itu, kesadaran warga sangat dibutuhkan untuk membantu mengurusi jenazah.
             Warga akan bekerja sama membantu keluarga yang ditimpa kesusahan sesuai dengan kemampuan. Misalnya, ada warga yang membantu memandikan, mengafani jenazah, membantu memasak, memasang bendera tanda kematian, memesan tempat penguburan, melaporkan ke kantor kelurahan, dan lain sebagainya. Berkat kerja sama dan kesadaran anggota masyarakat, pengurusan jenazah cepat selesai dan beban keluarga yang berduka dapat diringankan.
f.     Meringankan Warga yang Ditimpa Musibah
             Akhir-akhir cuaca di Indonesia tidak menentu. Cuaca yang panas, tiba-tiba berganti dengan hujan deras, bahkan disertai dengan angin ribut. Akibat cuaca yang tidak menentu itu tidak jarang timbul angin ribut, tanah longsor, dan banjir. Muncul peristiwa alam itu pun tidak sedikit yang menghancurkan permukiman. Banyak rumah yang hancur akibat ditimpa pohon atau atapnya diterbangkan oleh angin ribut tersebut. Ada juga rumah warga yang terkena tanah longsor dan banjir besar. Warga yang tertimpa bencana tentunya kebingungan untuk tidur, berteduh, atau melakukan aktivitas lainnya.
             Dalam keadaan yang demikan, kerja sama warga untuk sekadar meringankan beban warga dan atau sekadar membantu menyediakan makan minum sangat diperlukan.
       (kerja sama membangun rumah)
g.   Meringankan Beban Tetangga yang sakit
             Tidak selamanya manusia itu hidup sehat, kadangkaal kita pun akan mengalami sakit. Apabila ada anggota keluarga sakit dan  harus menginap di rumah sakit, tentu saja pengobatannya membutuhkan biaya besar. Beban ini makin berat apabila mereka termasuk keluarga tidak mampu.
             Menghadapi hal-hal yang demikian, hendaknya setiap warga mempunyai kesadaran untuk bekerja sama meringankan beban keluarganya. Minimal warga bersama-sama menjenguk si sakit akan menjadi obat mujarab untuk kesembuhannya. Kedatangan tetangga akan menjadi sarana penghibur bagi si sakit karena merasa ada yang memperhatikan
(Gb. Menjenguk orang yang sakit)
Ayo, Uji Pemahamanmu
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Apa hal terpenting dalam melakukan kerja sama?
Jawab:
Hal terpenting dalam melakukan kerja sama adalah bertujuan baik tidak merugikan orang lain.
2.      Apa kewajiban ayah dalam keluarga?
Jawab:
Kewajiban ayah dalam keluarga adalah mencari nafkah.
3.      Berikan contoh kerja sama di rumah!
Jawab:
Contoh kerja sama di rumah adalah membersihkan rumah bersama di hari minggu.
4.      Berikan contoh kerja sama di masyarakat!
Jawab:
Contoh kerja sama dalam masyarakat adalah gotong royong membersihkan selokan.
5.       Bagaimana pembagian piket di kelasmu?
Jawab:
Pembagian piket dikelas dilakukan tiap hari satu kelompok, kecuali hari minggu.
Ayo, Berlatih
        I.            Memupuk Kerja Sama
Kerjakan sesuai dengan perintah!
Buatlah kelompok yang beranggotakan empat orang!  Pilihlah salah satu kampung/desa yang memiliki organisasi karang taruna! Bertanyalah pada ketua karang taruna tersebut kegiatan apa saja yang dilakukan karang taruna tersebut! mintalah dokumentasi kegiatannya untuk di foto copi! Tulis hasilnya dalam buku tugas dan sertakan pula dokumentasinya!
      II.            Mengasah Kemampuan
Kerjakan sesuai dengan perintah!
Berikan lima contoh kerja sama yang dapat dilakukan dalam lingkup kelas, lingkup sekolah, dan lingkup rumah! Kerjakan dalam buku tugas!
Daftar Istilah
Anggota                     :          orang yang menjadi bagian dari suatu golongan
Gotong royong         :          bekerja bersama-sama
Siskamling                 :          sistem keamanan lingkungan.
Warga                        :     sebutan bagi perkumpulan anggota keluarga yang hidup secara berkelompok
Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya KERJA SAMA

Tuesday 20 June 2017 | Post

Banyak kalangan di dalam negeri meminta Pemerintah Indonesia jangan terbuai dengan janji investasi China. Pemerintah harus…

Thursday 13 July 2017 | Post

Artis Strength and Fitness – Cross-Training Coaching Comments Week 2 of improving our Double Unders. Last…

Friday 6 January 2017 | Post

Batu Gantung Parapat Danau Toba (https://caricerpenku.blogspot.co.id) Pada jaman dahulu kala di sebuah desa kecil di tepi…

Wednesday 25 March 2015 | Post

OPEC BERUPAYA MENSTABILKAN HARGA MINYAK DI PASAR INTERNASIONAL DAN MENJAMIN KESINAMBUNGAN PASOKAN MINYAK KEPADA NEGARA-NEGARA KONSUMEN.…