Menu

Cara Memelihara Lingkungan Alam

Mar
23
2015
loading...
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post

A. Cara Memelihara Lingkungan Alam
       Alam memberikan apa yang dibutuhkan manusia. Hanya saja yang perlu diingat dan diwadapai bahwa kondisi lingkungan alam dapat berubah. Lingkungan alam dapat mengalami kerusakan. Penyebabnya ada dua faktor. Pertama karena faktor alam. Faktor ini disebabkan perubahan alam secara alamiah. Misalnya terjadinya bencana

alam. Akibat bencana alam maka permukaan bumi mengalami perubahan. Begitu pula dengan kondisi lingkungan alam dapat berubah. Misalnya, adanya gunung meletus, gempa bumi, angin ribut, tsunami, dan kekeringan. Setiap perubahan tersebut memiliki dampak tersendiri.

              Faktor kedua sebagai perusak alam adalah faktor manusia. Faktor ini disebabkan oleh tindakan manusia. Manusia selalu berupaya memanfaatkan alam sesuai dengan nafsunya tanpa mempertimbangan kelestarian dan untuk generasi mendatang. Akhirnya lingkungan alam menjadi rusak. Jika lingkungan rusak maka timbulah bencana. Beberapa bencana yang terjadi, misalnya banjir, longsor, dan kebakaran hutan. Bencana tersebut akibat ulah manusia itu sendiri. Akibatnya, manusia banyak mengalami kerugian. Kehidupan manusia pun menjadi terganggu.
1.    Memelihara Kelestarian Air
             Setiap makhluk hidup sangat memerlukan air, karena jika kekurangan air makhluk hidup tidak lagi dapat bertahan hidup. Makhluk hidup akan mati. Air bagi manusia digunakan untuk keperluan mandi, mencuci, memasak, minum, dan lain-lain. Hewan menggunakan air untuk minum, tanaman memerlukan air untuk tumbuh dan berkembang.
       (gambar sungai yang bersih)
             Lingkungan alam yang di dalamnya terdapat air antara lain sungai, lautan, dan danau. Lingkungan buatan yang berguna untuk menampung air adalah waduk. Kita harus menjaga kebersihan air, karena air yang kotor dan tercemar tidak dapat digunakan untuk kehidupan manusia. Air yang kotor dapat menjadi sumber penyakit bagi makhluk hidup.
             Rumah tangga dan pabrik adalah sumber utama pencemar air. Air yang membawa dan mengandung bahan buangan berbagai kegiatan penduduk dan pabrik disebut dengan air limbah. Air limbah rumah tangga umumnya berupa air bekas cucian yang mengandung detergen (pembersih baju). Adapun, air limbah pabrik merupakan air bekas hasil produksi yang banyak mengandung senyawa logam berat dan beracun. Air limbah dapat menyebabkan hal-hal sebagai berikut.
a.    Sumber penyakit, seperti gatal-gatal, penyakit kolera, disentri, dan tipus.
b.    Kenyamanan lingkungan terganggu karena baunya yang busuk dan tidak sedap dipandang mata.
c.    Tumbuhan dan binatang yang hidup di dekat atau di dalamnya akan mati karena keracunan.
             Air merupakan karunia Tuhan yang harus dijaga keberadaan dan kebersihannya. Kelestarian air dapat kita jaga dengan melakukan hal-hal sebagai berikut.
a.   Tidak membuang sampah di sungai atau saluran air.
b.   Menanam pepohonan, karena akar pohon dapat menyimpan air sehingga mata air tetap terjaga dan longsor bisa dihindari.
c.   Menggunakan air secukupnya, tidak berlebih-lebihan.
d.   Tidak membuang zat beracun ke dalam air mengalir.
e.   Setiap industri harus mempunyai tempat pengolahan air limbah sebelum dibuang ke sungai atau laut.
       Ciri-ciri air yang sudah tercemar adalah:
a.   berbau;
b.   warna keruh, cokelat, atau hitam;
c.   mengandung racun.
2.    Menjaga Kelestarian Udara
             Setiap hari makhluk hidup bernapas memerlukan udara atau oksigen (O2). Mereka memerlukan udara yang bersih untuk bernapas. Dengan demikian, udara amat penting bagi kehidupan. Tanpa udara semua makhluk hidup akan mati. Untuk itu, udara perlu dijaga kebersihannya.
Text Box: Asap pabrik dan kendaraan bermotor mengandung zat yang beracun. Asap tersebut akan bercampur dengan awan. Saat terjadi hujan zat tersebut akan turun bersama hujan kemudian masuk kedalam tanah. Karena masuk kedalam tanah zat beracun akan mencemari tanah. Hujan tersebut dikenal dengan hujan asam.             Akan tetapi, kadang kala udara yang dihirup sudah tercemar. Apalagi di kota-kota besar. Asap sisa proses produksi di pabrik dan kendaraan bermotor adalah penyumbang terjadinya pencemaran udara. Bahkan, pada tahun-tahun terakhir ini, kebakaran hutan yang sering terjadi di Sumatra dan Kalimantan menjadi penyumbang pencemaran udara di Indonesia yang  terbesar. Bahkan, dampak dari asap kebakaran hutan ini sampai dirasakan oleh penduduk negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Pencemaran udara disebut juga dengan polusi udara.
             Udara perlu dijaga kebersihannya. Untuk mengurangi pencemaran udara maka dapat dilakukan hal sebagai berikut.
a.   Pabrik-pabrik harus memiliki cerobong asap yang tinggi untuk membuang sisa hasil pembakaran dari proses produksinya.
b.   Untuk mengurangi terjadinya pencemaran udara sebaiknya di kanan kiri jalan raya ditanami pohon.
c.    Gunakan jenis bahan bakar yang tepat untuk mesin kendaraan dan mesin pabrik sehingga dapat mengurangi polusi udara.
d.   Mesin-mesin kendaraan dan juga mesin-mesin pabrik yang sudah tua dan berpotensi menimbulkan polusi udara sebaiknya dilarang beroperasional atau perlu diganti.
(gambar pabrik dengan cerobong yang mengeluarkan asap tebal)
3.    Memelihara Kelestarian Tanah
              Indonesia terkenal sebagai negeri yang subur. Ini berarti tanah di Indonesia adalah tanah yang subur. Namun kita jangan sampai lalai memeliharanya, karena tanah yang subur lama kelamaan bisa menjadi tandus. Bagaimanakah cara memelihara kesuburan tanah? Cara memelihara kesuburan tanah seperti berikut ini.
a.   Memberi Pupuk
             Secara alami tanah mengandung unsur hara. Unsur hara bisa habis jika tanah ditanami secara terus menerus dan kurang diberi pupuk. Oleh karena itu, pepohonan harus dipupuk sehingga pohon tidak menghabiskan unsur hara yang ada di dalam tanah.
b.   Menanam Pohon di Lahan Tandus
             Tanah yang tandus hanya ditumbuhi ilalang. Tanah yang tandus dapat diubah menjadi subur dengan cara menanami pepohonan pada tanah itu. Pohon yang ditanam adalah pepohonan yang mudah tumbuh, misalnya pohon lamtoro atau pohon gamal. Daun-daun yang berjatuhan lama kelamaan membusuk dan berubah menjadi pupuk, sehingga tanah tersebut tidak lagi tandus.
c.    Tidak Membuang Sampah Anorganik pada Tanah
             Sampah terdiri atas sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang bisa membusuk secara alami. Sampah organik bisa dijadikan kompos. Contohnya daun, kulit buah, sisa makanan, sayur-sayuran, dan lain-lain. Sampai organik ini akan membusuk dan menghasilkan pupuk. Sampah organik yang sudah membusuk membuat tanah menjadi subur.
             Sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat membusuk secara alami. Sampah anorganik berasal dari benda-benda yang bukan makhluk hidup. Sampah anorganik tidak bisa membusuk walaupun sudah lama di dalam tanah, sehingga akan mencemari tanah. Contoh sampah anorganik adalah kaleng bekas, plastik, botol, karet, dan lain-lain. Sampah Anorganik ini sebaiknya dibakar atau didaur ulang.
             Lereng gunung atau bukit bisa sangat berbahaya. Apalagi lereng tersebut gundul. Oleh karena itu, perlu dibuatkan sengkedan atau sering disebut terasiring. Terasiring dimaksudkan untuk menahan longsoran agar tidak langsung ke bawah. Dengan demikian, tanah longsor dapat kita hindarkan. Lereng curam kemudian dibuat berundak-undak. Setelah jadi, barulah ditanami dengan pohon. Terutama pohon berakar banyak dan kuat.
4.    Memelihara Kelestarian Hutan
             Lingkungan alam yang di dalamnya banyak menyimpan sumber daya alam disebut hutan. Hutan ditumbuhi berbagai macam tanaman dan merupakan tempat hidup bagi hewan. Untuk itu, kita harus menjaga kelestarian hutan dengan upaya sebagai berikut.
a.   Tidak melakukan pembakaran hutan.
b.   Menebang pohon dengan sistem pilih dan tebang tanam.
c.   Menami kembali hutan yang gundul.
Ayo, Uji Pemahamanmu
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Mengapa manusia sangat bergantung pada lingkungan?
Jawab:
Manusia sangat bergantung pada lingkungan karena manusia sering memanfaatkan dan mengambil dari linkungan untuk kebutuhannya.
2.      Mengapa kita harus menjaga kebersihan air?
Jawab:
Kita harus menjaga kebersihan air karena air yang kotor dapat menjadi sumber penyakit bagi makhluk hidup.
3.      Apa fungsi pemberian pupuk pada tanah?
Jawab:
Pupuk yang diberikan pada tanah berfungsi memberi unsur hara yang diserap oleh tanaman.
4.      Sebutkan negara tetangga yang terkena imbas kebakaran hutan di Indonesia!
Jawab:
Negara tetangga yang terkena imbas kebakaran hutan di Indonesia adalah Malaysia dan Singapura.
5.      Apa yang dimaksud dengan sampah organik?
Jawab:
Sampah organik adalah sampah yang bisa membusuk secara alami.
B. Memelihara Lingkungan Buatan
              Lingkungan buatan pun perlu kita pelihara. Lingkungan buatan pun bisa mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut bisa karena faktor alam. Bisa pula karena kelalaian manusia. Berikut ini cara memelihara lingkungan buatan sekitar kita.
1.    Menjaga Lingkungan Rumah dan Sekitarnya
             Rumah yang terawat dan bersih membuat betah para penghuninya. Sebaliknya, rumah yang kotor dan tidak terawat membuat penghuninya sakit-sakitan dan tidak nyaman untuk tinggal di tempat itu. “Rumahku adalah istanaku”. Kata-kata tersebut tentunya sering kamu dengar, bukan? Ya, sebaiknya kita membuat rumah yang kita tinggal menjadi bersih dan terawat sehingga membuat kita bangga untuk tinggal di dalamnya.
             Memelihara kebersihan dan kerapian rumah menjadi tanggung jawab penghuni rumah tersebut. Apabila diperlukan pada hari libur dapat diadakan kegiatan merapikan rumah secara bersama-sama seluruh anggota keluarga.
             Ada beberapa cara untuk memelihara rumah agar selalu kelihatan bersih dan terawat, antara lain sebagai berikut.
a.   Bangunan rumah dibersihkan setiap hari, misalnya sebagai berikut:
1)   dengan menyapu lantai setiap pagi dan sore;
2)   mengepel lantai rumah minimal seminggu sekali;
3)   membersihkan perabotan rumah, seperti meja, kursi, peralatan elektronik lainnya setiap hari;
4)   dinding rumah biar tidak kusam paling tidak tiga tahun sekali; dilakukan pengecetan ulang;
5)   segera ganti genting yang bocor;
6)   segera ganti kayu yang telah lapuk agar rayap tidak menyebar.
b.   Halaman sekitarnya dibersihkan dari sampah.
c.    Lakukan penghijauan di sekitar rumah dan sekolah.
       d.   Jangan biarkan bak sampah terlalu penuh sampah, apalgi sampai tumpah. Angkut sampah yang ada ke tempat penampungan.
       (gb. Bersih-bersih rumah)
3.    Pemeliharaan Jalan Sekitar
             Jalan-jalan yang ada di sekitar kita, ada yang dibangun oleh pemerintah, tetapi tidak sedikit yang dibangun atas biaya masyarakat sendiri (swadaya). Untuk membangun sebuah jalan beraspal ataupun cor beton memerlukan biaya yang besar. Untuk itu, jalan harus kita jaga. Terutama kebersihan dan keutuhannya. Terkadang kita melihat jalanan yang kotor. Di tepiannya banyak sampah bertumpuk. Akhirnya sampah tersebut tumpah ruah ke jalan. Kondisi tersebut tentunya tidak menyehatkan. Warga di sekitar pun akan terkena penyakit. Untuk itu, semua warga negara harus ikut menjaga dan memelihara jalan yang telah dibangun. Jalan yang dibangun dengan biaya mahal harus dirawat.
             Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar jalan yang telah dibangun dapat bertahan lama, antara lain, sebagai berikut.
a.   Jangan biarkan air menggenang di jalan karena dapat menyebabkan aspal mudah terkelupas. Untuk itu, pinggir jalan dibuatkan saluran air.
b.   Apabila ada tumpahan oli atau minyak segera diberi pasir agar tidak membahayakan pengendara lain dan membuat aspal mudah rusak.
c.    Kendaraan yang lewat terlalu berat yang tidak sesuai dengan kelas jalannya. Apabila hal ini terjadi maka jalan cepat rusak. Apabila hal ini terjadi maka jalan cepat rusak.
d.   Cepat laporkan kepada dinas terkait apabila menemui jalan berlubang atau rusak agar segera diperbaiki sehingga tidak makin parah.
             Jalan yang rusak harus segera diperbaiki. Jalan yang rusak cirinya berlubang dan hancur. Jalan yang rusak disebabkan oleh berbagai hal. Pertama, akibat cuaca dan perubahan kondisi alam. Kedua, akibat kelalaian manusia. Misalnya, melintas di jalanan dengan kendaraan berat. Sementara daya tahan jalannya tidak sesuai dengan berat kendaraan. Jalanan yang rusak dapat menyebabkan kecelakaan yang kadang kala sampai menimbulkan korban jiwa. Oleh karena itu, jalan rusak harus segera diperbaiki. Caranya dengan memperbaiki fisik jalan, misalnya dengan mengaspal ulang atau mengecor dengan beton.
(gb. Perbaikan jalan)
3.    Pemeliharaan Taman
             Taman merupakan tiruan lingkungan alam. Taman ditanami oleh tumbuhan dan pepohonan. Itu sebabnya, taman menjadi rindang dan hijau. Taman pun memberikan rasa sejuk dan nyaman. Taman ada yang dibuat disekitar rumah. Ada pula yang dibangun di tempat umum. Misalnya, taman kota. Taman kota banyak dikunjungi orang-orang untuk sekadar melepas lelah, mencari udara segar, dan berolahraga. Hal itu karena di taman kota biasanya juga dilengkapi dengan arena bermain, tempat duduk, dan tempat olahraga lari(jogging track). Pepohonan di taman dapat menjadi penyaring udara. Taman harus dijaga keberadaannya. Ada beberapa cara memelihara taman, antara lain, sebagai berikut.
a.   Tanaman di taman harus dirawat dan dipelihara. Misalnya, dengan menyiramnya secara rutin. Hama dan tanaman pengganggu harus rajin dibersihkan.
b.   Agar tanaman atau pohon di taman tidak dirusak sebaiknya dilindungi dengan diberi pagar.
c.    Taman dibersihkan dari sampah dan kotoran dengan disapu secara teratur. Misalnya pagi dan sore hari.
d.   Taman yang rusak ditata lagi. Misalnya, apabila ada pohon yang mati maka segera ganti dengan tanaman yang baru. Dengan demikian, taman tetap terjaga kelestariannya.
                        (gb kerja bakti di taman)

artikel lainnya Cara Memelihara Lingkungan Alam

Wednesday 25 March 2015 | Post

Proses Interaksi Sosial Interaksi sosial sebagai sebagai salah satu bentuk proses sosial memiliki ciri-ciri tertentu yang…

Thursday 9 February 2017 | Post

Apartemen Mares 2 (https://marlivmargonda.wordpress.com) Apartemen Margonda Garden Resident (Apartemen Mares) ini memiliki kelebihan tersendiri karena dibangun…

Friday 3 November 2017 | Post

Tim Spektronics Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali mencetak prestasi membanggakan di kancah internasional. Tak…

Monday 25 September 2017 | Post

Tim pelajar DKI Jakarta mencetak prestasi membanggakan dengan berhasil meraih juara atau terbaik ketiga dalam the 2nd…