Menu

BENTUK KERAGAMAN DI MUKA BUMI

Mar
25
2015
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post
Keragaman Bentuk Muka Bumi Standar Kompetensi 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia. Kompetensi Dasar 1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.

            Bumi yang bulat ternyata memiliki bentuk permukaan tidak rata. Ada bagian yang cekung dan ada yang menonjol. Bagian yang menonjol dapat berupa bukit, gunung, maupun pegunungan Sedangkan, bagian yang cekung dapat berupa lembah, danau, maupun lautan. Mengapa ada berbagai macam bentuk muka bumi? Bagaimanakah terbentuknya bentuk muka bumi? Pada bab ini akan kita pelajari mengenai bentuk muka bumi.
(gambar pegunungan)
      
A. Ketampakan Bentuk Muka Bumi     
             Bentuk permukaan bumi sangat beragam dari dataran, gunung, pegunungan, lembah, dan masih banyak lagi bentuk lainnya. Bentuk permukaan bumi yang demikan ternyata tidak terbentuk dengan sendirinya. Relief permukaan bumi yang ada sekarang ini terbentuk melalui proses panjang dengan waktu yang lama. Bahkan, dimulai sejak 4,5 miliar tahun yang lalu yang disebut dengan zaman Arkaeozoikum. Pada zaman tersebut kerak bumi baru mulai terbentuk. Seiring proses yang berlangsung terus menerus hingga sekarang, bentuk permukaan bumi menjadi seperti yang ada sekarang. Perubahan permukaan bumi diiringi dengan perubahan kehidupan di atasnya. Salah satunya adalah adanya kehidupan manusia purba dan hewan-hewan besar pada masa itu, seperti dinosaurus dan sebagainya.  
1.    Ketampakan Alam di Daratan
             Ketampakan alam yang ada di daratan, antara lain sebagai berikut.
a.    Dataran rendah, yaitu bagian dari permukaan bumi dengan ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut (dpl) Ketampakan seperti ini  bermanfaat sebagai lahan pertanian, perikanan, pemukiman, dan peternakan. Dataran rendah pada umumnya terdapat di sekitar pesisir pantai.
b.    Dataran tinggi, yaitu daerah datar yang memiliki ketinggian lebih dari 400 meter di atas permukaan laut (dpl). Dataran tinggi dapat dimanfaatkan untuk perkebunan maupun tempat peristirahatan. Selain itu, dataran tinggi digunakan untuk menanam tanaman jenis sayuran dan buah-buahan. Beberapa dataran tinggi di Indonesia, antara lain Alas (Nanggroe Aceh Darussalam), Kerinci (Sumatra Barat), Dieng (Jawa Tengah), Tengger (Jawa Timur), Bone (Sulawesi Selatan), dan Minahasa (Sulawesi Utara).
c.    Gunung merupakan permukaan bumi yang mempunyai ketinggain 500 m di atas permukaan laut. Bagi kehidupan manusia gunung dapat bermanfaat sebagai daerah perkebunan, rekreasi, atau olah raga.
d.    Pegunungan adalah bagian dari daratan yang merupakan kumpulan deretan dari gunung dengan ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan laut. Pegunungan umumnya dipakai untuk rekreasi atau tempat peristirahatan. Beberapa Pegunungan di Indonesia, antara lain Pegunungan Dieng (Jawa Tengah), Sewu (DI Yogyakarta), Schwaner (Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah), Siunandaka (Sulawesi Utara), Utimbela (Gorontalo), Pompange (Sulawesi Tengah), dan Jaya Wijaya (Papua).
2.    Ketampakan Alam di Perairan
             Ketampakan alam yang ada di perairan, antara lain sebagai berikut.
a.    Pantai, adalah dataran yang berbatasan dengan laut yang bermanfaat sebagai tempat pariwisata, perikanan, dan hutan bakau.
b.    Sungai-sungai besar pada umumnya terletak di pulau yang besar pula, seperti Pulau Jawa, Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi dan Pulau Papua. Sungai dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik dan sarana kebutuhan hidup penduduk. Sungai juga dapat berfungsi sebagai alat transportasi seperti sungai-sungai di Kalimantan.
c.    Danau, adalah genangan air yang amat luas yang dikelilingi daratan. Danau digunakan untuk tempat pariwisata dan perikanan.
d.    Selat ,adalah perairan atau laut sempit yang menghubungkan dua buah pulau. Indonesia mempunyai banyak sekali selat karena Indonesia adalah negara kepulauan. Beberapa Selat di Indonesia, antara lain Selat Sunda, Selat Karimata, Selat Bali, Selat Makasar, Selat Badung, Selat Berhala, dan Selat Rote.
             Selain berbagai ketampakan alam perairan tersebut, masih ada satu ketampakan lagi, yaitu lautan. Bentuk permukaan dasar laut ternyata hampir sama dengan ketampakan di daratan, yaitu juga terdapat gunung dan cekungan. Berikut ini merupakan bentuk permukaan bumi dasar laut.
a.    Dangkalan/Shelf/Paparan Benua
       Dangkalan, yaitu laut dangkal yang luas dengan kedalaman 200 m. Contohnya: dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul.
b.    Ambang Laut
       Ambang laut, yaitu dasar laut dangkal dan memisahkan dua laut yang dalam. Contoh: Ambang Laut Sulu dan Ambang Gibraltar.
c.    Gunung Laut
       Gunung laut, yaitu gunung yang muncul di permukaan laut dan kakinya ada di dasar laut. Contoh: Gunung Krakatau di Selat Sunda.
d.    Punggung Laut
       Punggung laut, yaitu bukit di dasar laut yang tidak sampai menyembul ke permukaan laut. Bila punggung laut muncul ke permukaan laut akan menjadi pulau.
e.    Pulau karang, yaitu pulau yang terdiri atas batu karang. Batu karang terbentuk dari binatang karang yang telah mati dan bertumpuk-tumpuk.
f.     Lubuk Laut (Beken)
       Lubuk laut, yaitu dasar laut yang berbentuk cekungan besar dan lebar serta dalam. Contoh: Lubuk Laut Sulawesi dan Lubuk Laut Banda.
g.    Palung Laut (Trog)
       Palung laut, yaitu dasar laut yang dalam, sempit, curam, dan memanjang. Palung laut terjadi karena adanya retakan di dasar laut. Contoh: Palung laut di Mindanau, dan Palung Laut Mariana.
             Semua bentuk ketampakan alam seperti disebutkan di depan terbentuk karena adanya tenaga yang membentuk lapisan kulit bumi. Nah, untuk mengetahui lebih mendalam tentang proses pergerakan dan pembentukan lapisan kulit bumi simaklah uraian berikut!
Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya BENTUK KERAGAMAN DI MUKA BUMI

Saturday 11 February 2017 | Post

Never ignore a person who loves you and cares of you. One day you may realize…

Tuesday 5 December 2017 | Post

Congrats to Mattie Rogers on her stellar performance at Worlds this weekend, sweeping bronze in the…

Monday 26 December 2016 | Post

PLEASE COME & JOIN US EXHIBITION OPENING REMARK by Mr. B. Ruslan – Estubizi owner TALK…

Tuesday 25 July 2017 | Post

jaman gue sma berapa (puluh?) tahun lalu, taman puring itu gue taunya adalah pasar di mana…