Info Jakarta

pusat informasi di kota jakarta

Menu

BAB 1 Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan Manusia

Mar
23
2015
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post

BAB 1
Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan Manusia
Standar Kompetensi
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama di sekitar rumah dan sekolah.
Kompetensi Dasar
1.1 Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.

Pernahkah kalian mengamati lingkungan sekitarmu? Kamu akan melihat sawah, sungai irigasi, jalan raya, dan taman. Hal tersebut termasuk dalam lingkungan buatan manusia. Selain itu kalian juga dapat melihat bukit, danau, laut, dan gunung. Hal tersebut termasuk kedalam lingkungan alam. Kamu akan mempelajari lingkungan alam dan lingkungan buatan dalam bab ini. Materi ini bemanfaat agar kamu dapat membedakan lingkungan alam dan lingkungan buatan. Selain itu kamu juga dapat mengetahu manfaat dari lingkungan tersebut.
(gb. danau yang ada rumahnya)                                    
            
A.       Pengertian Lingkungan
        Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar manusia. Lingkungan memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Lingkungan bisa dibedakan atas lingkungan biotik (benda hidup) dan lingkungan abiotik (benda mati). Lingkungan biotik terdiri dari manusia, hewan, dan tumbuhan. Sedangkan lingkungan abiotik diantaranya kursi, rumah, papan tulis, dan segala benda mati di sekitar kita. Secara garis besar lingkungan dibagi menjadi lingkungan alam dan lingkungan buatan. Di kota lingkungan yang mendominasi adalah lingkungan buatan. Sebaliknya di desa lingkungan yang paling banyak adalah lingkungan buatan.
B.      Lingkungan Alam
             Lingkungan alam adalah lingkungan yang merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan alam dapat dibedakan atas lingkungan daratan dan lingkungan perairan. Lingkungan alam daratan yang berada di sekitar kita, antara lain, gunung, pegunungan, dataran rendah, dataran tinggi, dan lembah. Adapun lingkungan alam perairan yang berada di sekitar kita antara lain, sungai, danau, rawa, dan laut. Lingkungan alam sudah ada sejak zaman dahulu. Berikut ini adalah beberapa contoh yang termasuk lingkungan alam.
1.        Gunung dan Pegunungan
             Daratan yang menonjol sangat tinggi dinamakan gunung. Ketinggian gunung di atas 600 m. Di gunung banyak terdapat pepohonan yang rindang. Pada waktu hujan akar akan menyerap air. Air hujan akan terserap oleh tanah. Akar-akar pepohonan akan menahan tanah sehingga tidak terjadi longsor.
             Gunung yang berderet-deret dalam suatu barisan dan sambung-menyambung menjadi satu dinamakan pegunungan. Pegunungan juga dapat disebut kumpulan beberapa gunung.
             Udara di gunung atau pegunungan sejuk karena terletak pada daerah yang tinggi. Banyak orang datang ke pegunungan untuk menikmati kesejukan udaranya dan pemandangan yang indah. Pada malam hari, di kejauhan tampak kelap-kelip lampu di daerah perkotaan sehingga menambah indahnya suasana malam. Daerah pegunungan yang sejuk juga dimanfaatkan oleh petani untuk menanam sayur-sayuran, buah, serta tanaman hias.
             Gunung dan pegunungan memiliki banyak manfaat. Di daerah pegunungan banyak ditumbuhi tanaman yang dapat menyerap dan menyimpan air hujan. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya erosi. Erosi adalah pengikisan tanah yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir dan longsor. Di daerah pegunungan muncul mata air yang akhirnya menjadi sumber air sungai. Selain itu, daerah pegunungan juga dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata karena pemandangannnya yang indah. Tanah dan suhu di gunung sangat cocok untuk perkebunan sayur, buah-buahan, dan teh.
(Gb Gunung)
2.        Bukit
             Bukit adalah tanah yang berbentuk kubah dan mempunyai ketinggian antara 200-300 meter. Bukit lebih rendah dari gunung. Bukit biasa dimanfaatkan untuk berladang atau berkebun oleh para petani. Tanaman yang tumbuh biasanya alang-alang, teh, sayur-mayur, serta palawija.
3.        Hutan
             Hutan adalah daerah yang ditumbuhi banyak pohon. Di hutan terdapat banyak sekali jenis pohon. Ada pohon yang kayunya sangat keras. Ada juga pohon yang kayunya lembek. Ada hutan rimba yang selalu rindang sepanjang tahun. Ada pula hutan yang hanya berisi satu jenis pohon, misalnya hutan jati. Hutan jati ini disebut hutan homogen. Selain itu, ada juga hutan heterogen, yaitu hutan yang isinya bermacam-macam pohon.
             Hutan memiliki banyak manfaat diantaranya adalah:
a.        Sebagai paru-paru dunia;
b.        Penyimpan cadangan air;
c.        Penyedia kayu untuk berbagai keperluan;
d.        Tempat hidup flora dan fauna; dan
e.        Tempat riset dan pendidikan.
(Gb Hutan)
4.        Sungai
             Sungai adalah tempat air mengalir. Sungai ada yang kecil dan besar. Pada zaman dahulu sungai-sungai mengalir air yang jernih, sehingga banyak digunakan  untuk mandi, mencuci, dan mengairi sawah. Di sungai banyak terdapat ikan. Orang-orang yang tinggal di dekat sungai sering menjala atau memancing ikan untuk lauk-pauk.
             Namun, sekarang air sungai kotor dan berbau sehingga tidak bisa digunakan untuk mandi dan mencuci. Ikan-ikan pun sudah jarang bisa ditemukan karena air sungai tercemar limbah dan cara penangkapan ikan yang salah.
             Kita harus menjaga kelestarian sungai karena banyak manfaatnya bagi makhluk hidup. Cara menjaga kelestarian sungai dengan cara tidak membuang sampah ke sungai, tidak menangkap ikan dengan cara meracuni, dan tidak menggunakan arus listrik untuk menangkap ikan. Penggunaan arus listrik atau racun ketika menangkap ikan akan mematikan ikan-ikan kecil dan telur-telurnya. Di samping itu, hewan-hewan kecil dan tumbuhan-tumbuhan kecil juga ikut mati.
                                  Manfaat sungai bagi kehidupan manusia, antara lain:
a.   untuk mandi, mencuci, dan memandikan ternak;    
b.   untuk sarana irigasi;
c.   untuk sarana transportasi (terutama sungai-sungai besar di luar Pulau Jawa), seperti di Sumatra dan Kalimantan; dan
d.   sebagai tempat hidup berbagai macam ikan.
       (gb. Sungai)
5.        Danau
       Danau juga termasuk lingkungan alam. Danau terjadi karena adanya  cekungan di alam yang berisi air, baik dari air hujan maupun mata air yang ada di tempat tersebut. Danau-danau yang ada di Indonesia antara lain sebagai berikut.
a.        Danau Singkarak di Sumatra.
b.        Danau Maninjau di Sumatra.
c.         Danau Batur di Bali.
d.        Danau Poso di Sulawesi.
e.        Danau Towuti di Sulawesi.
f.           Danau Toba di Sumatra.
       Danau sangat bermanfaat bagi manusia. Manfaat danau bagi kehidupan manusia, antara lain, untuk keperluan-keperluan sebagai berikut:
a.           tempat penampungan air,
b.           budi daya ikan air tawar,
c.           tempat wisata,
d.           irigasi atau pengairan sawah, dan
e.           sarana olahraga (dayung).
                                 (gb. Danau)
6.        Laut dan Pantai
             Laut adalah wilayah yang sangat luas dan digenangi air. Laut mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Di dalam laut terdapat berbagai kekayaan alam, seperti ikan, minyak bumi, dan gas. Laut juga dapat dimanfaatkan untuk transportasi dan olahraga air.
             Daerah perbatasan antara laut dan daratan dinamakan pantai. Daerah pantai ada yang terjal dan ada pula yang landai. Pantai yang terjal banyak terdapat karang, sedangkan pantai yang landai berisi hamparan pasir. Daerah pantai yang berisi hamparan pasir banyak dimanfaatkan sebagai objek wisata.
             Di daerah pantai biasanya banyak ditumbuhi tanaman  kelapa dan  bakau.  Tanaman bakau dapat digunakan untuk menahan hempasan ombak, sehingga dapat mencegah terjadinya abrasi atau erosi karena air laut. Selain itu, di bawah tanaman bakau merupakan tempat hidup ikan.
        Penduduk di daerah pantai banyak yang bekerja sebagai nelayan dan budidaya ikan dengan menggunakan air laut. Di samping itu, juga ada usaha pembuatan garam.
             Selain yang telah dijelaskan diatas laut memiliki banyak fungsi/peran/manfaat lainnya.
a.  tempat hidup sumber makanan kita.
b.  pembangkit listrik tenaga ombak, pasang surut, dan angin.
c.   tempat budidaya ikan, kerang mutiara, dan rumput laut.
d.  tempat barang tambang berada.
e.  salah satu sumber air minum setelah dilakukan destilasi.
f.     sebagai jalur transportasi air.
g.  sebagai tempat cadangan air bumi.
h.   sebagai objek riset penelitian dan pendidikan.
(gb. Pantai)
7.        Rawa
              Rawa adalah tanah basah yang selalu digenangi air dan ditumbuhi tanaman. Tanaman yang tumbuh di rawa biasanya enceng gondok dan pandan. Air rawa selalu tergenang dan tidak mengalir seperti sungai. Biasanya berwarna cokelat tua. Di rawa banyak terdapat ikan air tawar. Masyarakat sekitar rawa mencari ikan dengan menggunakan jaring. Rawa sangat cocok untuk memelihara ikan dan udang. Sekarang ini banyak rawa-rawa yang mengalami pendangkalan karena terlalu banyaknya enceng gondok yang tumbuh. Masyarakat sekitar rawa menjaga kelestarian rawa dengan cara membuang sebagian enceng gondok. Enceng gondok ini dapat dimanfaatkan untuk membuat barang-barang kerajinan. Rawa juga dapat digunakan untuk mengairi sawah pasang surut. Rawa juga dapat digunakan sebagai objek wisata. Contoh rawa adalah Rawa Pening di Ambarawa.
 (gb. Rawa)
Ayo, Uji Pemahamanmu
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Jelaskan yang dimaksud dengan lingkungan alam!
Jawab:
Lingkungan alam adalah lingkungan yang merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Coba kamu ceritakan apa saja yang ada di gunung!
Jawab:
Di gunung banyak terdapat pohon yang rindang, perkebunan, tebing, jurang, dan lembah.
3.      Apa yang dimaksud dengan heterogen?
Jawab:
Hutan heterogen yaitu hutan yang isinya bermacam-macam pohon.
4.      Sebutkan tiga danau yang terdapat di Pulau Sumatra!
Jawab:
Danau yang terdapat di Pulau Sumatra yaitu,Danau Singkarak, Danau Toba, dan Danau Maninjau.
5.      Tanaman apa yang biasa tumbuh di rawa?
Jawab:
Enceng gondok dan pandan.
C.      Lingkungan Buatan
       Lingkungan buatan adalah lingkungan yang sengaja dibuat oleh manusia. Lingkungan ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Alam belum dapat memuaskan keinginan manusia. Hal tersebut mendorong manusia berpikir untuk mengubahnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia. Banyak sekali lingkungan buatan di sekitar kita.
1.        Permukiman Penduduk
             Permukiman penduduk adalah suatu kawasan yang terdiri atas beberapa puluh rumah yang menjadi tempat tinggal. Kawasan permukiman ini apabila di perkotaan umumnya berupa kompleks perumahan. Manusia membuat rumah untuk berlindung dan berteduh dari hujan dan panas matahari. Rumah merupakan tempat berkumpul dengan keluarga.Rumah memberikan keamanan dari penjahat. Rumah juga sebagai tempat istirahat.
             Di kompleks perumahan ada tempat-tempat yang digunakan oleh penghuni perumahan secara bersama atau bergantian. Itulah yang disebut fasilitas umum. Contoh fasilitas umum adalah taman bermain, tempat-tempat ibadah, tempat olahraga, dan masih banyak lagi. Semua warga harus ikut menjaga fasilitas umum ini karena fasilitas tersebut dibuat untuk mereka.
       (gb. Perumahan)
2.        Sekolah
               Sekolah adalah bangunan yang sengaja didirikan sebagai tempat untuk mendidik siswa-siswi sekolah. Bangunan sekolah biasanya berbentuk kompleks. Sekolah ada bermacam-macam, misalnya TK, SD, SMP, SMA, universitas, dan lain-lain. Sekolah merupakan tempat untuk belajar dan mengajar.
(gb. Gedung sekolah)
3.        Gedung
               Gedung merupakan bangunan yang dibuat manusia utuk keperluan tertentu. Misalnya untuk rumah sakit, perkantoran, pertokoan, pertemuan, dan lain-lain. Di kota besar lahan sudah semakin sempit. Oleh karena itu, di kota banyak dibangun gedung-gedung bertingkat. Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan membuat manusia dapat membangun gedung pencakar langit. Orang yang ahli dalam merancang gedung disebut sebagai arsitek.
(gedung pencakar langit)
4.        Jalan dan Jembatan
             Jalan digunakan oleh manusia untuk sarana berpindah ke tempat lain. Jalan yang bagus akan mempermudah kita mencapai tempat yang kita tuju. Untuk menghubungkan antara daerah satu dan daerah lain yang terpisah sungai atau jurang, maka manusia membangun jembatan. Dengan jalan dan jembatan transportasi menjadi lancar. Hasil pertanian dapat dijual ke daerah lain dan pembangunan dapat sampai ke pelosok-pelosok daerah.Di daerah pedesaan terdapat jalan setapak, jalan bebatuan, serta jalan raya. Sedangkan di kota-kota besar, jalan rayanya lebar-lebar, ada jalan tol, serta ada pula jalan layang.
(gb Jalan)
5.        Sawah
        Sawah adalah lahan yang dimanfaatkan manusia untuk menanam padi. Sawah terletak di dataran rendah yang cukup airnya. Bentuk sawah bermacam-macam disesuaikan dengan daerahnya. Bila di dataran tinggi, sawah dibentuk dengan pola terasering. Pada saat sulit mendapatkan air, petani memanfaatkan sawah untuk menanam jagung, palawija, dan sayuran. Sebagian besar penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani. Sawah dibuat untuk menanam padi.
6.        Waduk
                    Pada musim kemarau banyak orang yang kesulitan mencari air, sedangkan pada saat musim penghujan air melimpah. Agar air pada musim penghujan dapat dimanfaatkan, maka dibuatlah waduk. Selain menampung air hujan, waduk juga merupakan tempat berkumpulnya aliran sungai.
       Manfaat waduk banyak sekali, antara lain:
a.   sebagai objek wisata,
b.   sebagai sarana irigasi bagi lahan pertanian,
c.   sebagai tempat budidaya ikan air tawar,
d.   sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA),
e.   sebagai sarana kegiatan olahraga, dan
f.    sebagai tempat pengendali banjir.
7.        Pasar
Pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk tukar-menukar barang dalam perdagangan. Keberadaan pasar disebabkan orang memerlukan lebih dari satu jenis barang. Selain itu, keberadaan pasar dapat juga disebabkan hasil barang antara satu tempat dan tempat lain berbeda. Dengan demikian, untuk memenuhi kebutuhan masing-masing diperlukan pasar.
Pasar ada yang bersifat tradisional dan bersifat modern. Pasar tradisional umumnya jenis barang dagangannya tidak lengkap, suasananya ramai tidak teratur, ada kesan kumuh, dan sebagainya. Adapun pasar modern yang dimaksud adalah tempat perbelanjaan modern, seperti mall, swalayan, dan sebagainya. Pasar modern umumnya jenis barangnya lebih lengkap dan suasananya lebih nyaman. Namun, harga barang di swalayan lebih mahal daripada harga barang di pasar tradisional.
8.        Perkebunan  
Text Box: Perkebunan yang dikelola dengan baik (manajemen modern) memiliki manfaat yang besar. Perkebunan tersebut akan mendatangkan pedapatan yang besar. Perkebunan tersebut bisa dijadikan obyek wisata (agro wisata).        Perkebunan adalah lahan yang digunakan untuk menanam tanaman perkebunan. Tanaman perkebunan adalah jenis tanaman tertentu yang laku di pasaran dan sebagai bahan industri. Tanaman di daerah pegunungan adalah jenis tanaman perkebunan yang bisa tumbuh dengan baik di daerah sejuk, seperti teh, kopi, dan tembakau. Selain di dataran tinggi usaha perkebunan juga diusahakan di dataran rendah, misalnya untuk tanaman tebu. Contoh hasil dari tanaman perkebunan lainnya adalah kelapa sawit, karet, cokelat, kapas, dan sebagainya. Perkebunan juga termasuk dalam lingkungan buatan. Perkebunan dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk memenuhi berbagai kepentingan hidupnya.
(gb. Perkebunan)
9.        Bandara
       Bandara atau bandar udara sering disebut airport. Bandara merupakan sebuah fasilitas di mana pesawat terbang, seperti pesawat udara dan helikopter dapat lepas landas dan mendarat. Suatu bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landasan pacu atau helipad(untuk pendaratan helikopter), sedangkan untuk bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya, seperti bangunan terminal dan hanggar. Indonesia memiliki beberapa bandara, seperti Bandara Soekarno–Hatta di Jakarta, Husein Sastranegara di Bandung, Polonia di Medan, dan masih banyak lagi. Bila ingin berpergian menggunakan pesawat kita harus pergi ke bandara.
(gb Bandara)
10.    Terminal
             Terminal bus adalah tempat sekumpulan bis mengakhiri dan mengawali lintasan operasionalnya. Berdasarkan pengertian tersebut maka pada bangunan terminal penumpang dapat mengakhiri perjalanannya, atau memulai perjalananya atau juga dapat menyambung perjalanannya dengan mengganti (transfer) lintasan bus lainnya.
        Di lain pihak, bagi pengemudi bus maka bangunan terminal adalah tempat untuk memulai perjalanannya, mengakhiri perjalannya, dan juga sebagai tempat bagi kendaraan beristirahat sejenak yang selanjutnya dapat digunakan juga kesempatan tersebut untuk perawatan ringan ataupun pengecekan mesin.
11.    Pelabuhan
       Pelabuhan adalah sebuah fasilitas di ujung samudra, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan  barang kargo maupun penumpang ke dalamnya. Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh. Crane dan gudang berpendingin juga disediakan oleh pihak pengelola maupun pihak swasta yang berkepentingan. Sering pula di sekitarnya dibangun fasilitas penunjang, seperti pengalengan dan pemrosesan barang.
             Kata pelabuhan laut digunakan untuk pelabuhan yang menangani kapal-kapal laut. Pelabuhan perikanan adalah pelabuhan yang digunakan untuk berlabuhnya kapal-kapal penangkap ikan serta menjadi tempat distribusi maupun pasar ikan.
12.    Kawasan Industri
             Kawasan industri merupakan daerah perindustrian. Di kawasan tersebut banyak berdiri pabrik. Kawasan industri merupakan pusat produksi barang. Beberapa daerah di Indonesia merupakan pusat industri. Misalnya di daerah Karawang dan Cilegon, Rungkut, Surabaya, Batam, dan masih banyak lagi.
                     Di kawasan industri banyak terdapat pabrik. Pabrik di kawasan industri membentuk sebuah lingkungan. Lingkungan tersebut disebut lingkungan pabrik. Kawasan industri dibuat jauh dari lingkungan permukiman. Tujuannya supaya masyarakat tidak terkena dampak negatifnya. Misalnya dampak berupa polusi udara dari pabrik.
(gb. Pabrik)
13.    Stasiun Kereta  Api
             Stasiun kereta api adalah tempat di mana para penumpang dan barang  dapat naik-turun dalam memakai sarana transportasi kereta api. Stasiun kereta api umumnya terdiri atas tempat penjualan tiket, peron atau ruang tunggu, ruang kepala stasiun, dan ruang PPKA (Pengatur Perjalanan Kereta Api) beserta peralatannya, seperti sinyal, wesel (alat pemindah jalur), telepon, telegraf, dan lain sebagainya.
Ayo, Uji Pemahamanmu
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Apa yang dimaksud dengan sekolah?
Jawab:
 Sekolah merupakan tempat untuk belajar dan mengajar.
2.      Apa tujuan dibangun jembatan!
Jawab:
Jembatan dibangun dengan tujuan menghubungkan tempat satu dan tempat lain yang terpisah sungai atau jurang.
3.      Apa saja yang ditanam di sawah jika sulit mendapatkan air?
Jawab:
Petani biasa menenam jagung, palawija, kacang, dan ketela di sawah ketika sulit mendapat air.
4.      Apa yang kamu ketahui tentang pasar tradisional?
Jawab:
Pasar tradisional umumnya jenis barang dagangannya tidak lengkap, suasananya ramai tidak teratur, ada kesan kumuh, dan terdapat banyak lapak.
5.      Apa kepajangan dari PPKA di Stasiun?
Jawab:
PPKA adalah Pengatur Perjalanan Kereta Api.
        I.            Memupuk Kerja Sama
Kerjakan sesuai dengan pertintah!
Bentuklah kelompok dengan beranggotakan lima orang! Amtilah lingkungan disekitar sekolahmu! Tulisalah apa saja yang termasuk kedalam lingkungan alam dan lingkungan buatan! Kerjakan pada buku tugas!
      II.            Mengasah Kemampuan
Kerjakan sesuai dengan perintah!
Carilah lima gambar lingkungan buatan dari koran atau majalah! Gunting gambar tersebut dan tempelkan pada kertas folio! Berilah keterangan pada masing-masing gambar!
Daftar Istilah
Fasilitas                             :     merupakan perwujudan dari barang-barang sebagai pelengkap atau peralatan penunjang
Irigasi                                  :     saluran air
Jalan                                   : tempat untuk lalu lintas orang, kendaraan, dan sebagainya.
Objek wisata                     :     tempat tujuan wisata.
Terasiring/sengkedan    :     sistem persawahan di daerah pegunungan yang dibuat secara bertingkat-tingkat
Kepribadian Anak Indonesia
Fasilitas umum seperti jalan, jembatan, pasar, stasiun, dan terminal dibuat untuk kepentingan masyarakat. Agar fasilitas tersebut dapat digunakan maka kita harus menjaganya. Salah satu cara untuk menjaga fasilitas tersebut adalah tidak mencorat-coretnya.
Uji Kompetensi
                                        
A.        Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling benar!
1.          Berikut ini yang termasuk dalam lingkungan abiotik pada aquarium adalah ….
a. ikan
b. ganggang
c. lumut
d. koral
2.          Berbagai tanaman yang berada di sekolah bermanfaat untuk ….
a. pelengkap
b. tempat bermain
c. tempat berjualan
d. peneduh
3.          Batas antara laut dengan daratan disebut ….
a. jurang
b. lembah
c. rawa
d. pantai
4.          Pulau adalah daratan yang dibatasi oleh ….
a.   laut   
b.   pagar
c.    hutan
d.   pegunungan
5.          Dataran yang menonjol dan tingginya lebih dari 600 m adalah  ….
a. plato
b. bukit
c. gunung
d. lembah
6.          Di daerah pegunungan biasa bersuhu …..
a. panas
b. dingin
c. tinggi
d. sejuk
7.          Stasiun dibuat untuk tempat berhentinya ….
a. bus
b. kereta api
c. taksi
d. pesawat
8.          Berikut termasuk kedalam lingkungan alam adalah ….
a. danau
b. waduk
c. sawah
d. perkebunan
9.          Berikut ini adalah jenis tanaman pada hutan homogen adalah ….
a. pinus
b. rotan
c. mangga
d. sengon
10.     Padi biasa ditanam dengan sistem ….
a. kebun
b. ladang
c. sawah
d. terasering
11.     (gb. Pesawat terbang)
Alat transportasi diatas berhenti di ….
a. bandara
b. terminal
c. stasiun
d. pelabuhan
12.     Alam semesta merupakan ciptaan ….
a.   Tuhan                 
b.   nenek moyang               
c.    para leluhur 
d.   pendiri bangsa
13.     Aliran sungai dibendung manusia dan ditampung di ….
a. waduk
b. telaga
c. rawa
d. lembah sungai
14.     Danau Bedugul terdapat di Pulau  ….
a. Jawa
b. Sumatra
c. Sulawesi
d. Bali
15.     Masyarakat yang tinggal di Pantai bermata pencaharian sebagai ….
a. nelayan
b. petani
c. guru
d. karyawan
16.     Berikut bukan termasuk ketampakan alam adalah ….
a.   gunung, sungai, dan laut
b.   sawah, bandara, dan waduk
c.    dataran tinggi, lembah, dan pantai
d.   dataran rendah, sungai, dan laut
17.     Perairan yang terus mengalami pendangkalan akibat enceng gondok adalah ….
a. laut
b. sungai
c. waduk
d. rawa
18.     Tanaman bakau biasa dijumpai di lingkungan ….
a. rawa
b. gunung
c. dataran rendah
d. pantai
19.     Tempat bertemunya penjual dan pembeli disebut dengan ….
a. gedung pertemuan
b. stasiun
c. terminal
d. pasar
20.     Sungai dimanfaatkan sebagai jalur transportasi dijumpai di pulau ….
a. Jawa
b. Bali
c. Sulawesi
d. Kalimantan
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Lingkungan alam merupakan ciptaan dari …. TuhanYang Maha Esa.
2.       Suatu kontur daratan dikatakan sebagai gunung bila ketinggiannya diatas …. 600 m.
3.      Sumber air yang muncul dari dalam tanah .disebut ….mata air.
4.      Danau Batur berada di Pulau ….. Bali.
5.      Air laut bisa menajdai air minum setelah melalui proses …. Destilasi.
6.      Tanah basah yang digenangi air dan ditumbuhi tanaman disebut …. Rawa.
7.      Tempat berkumpulnya keluaraga bernama … rumah.
8.      Jalan bebas hambatan dan tidak boleh dilalui motor disebut dengan … jalan tol.
9.      Prinsip waduk adalah menampung air pada musim penghujan dan mengalirkannya pada musim … kemarau.
10. Tempat pendaratan khusus untuk helikopter disebut …. Helipad.
C.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Apakah lingkungan itu?
Jawab:
Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. 
2.      Sebutkan tiga manfaat danau bagi kehidupan manusia!
Jawab:
Manfaat danau sebagai berikut:
a.  budi daya ikan air tawar,
b. tempat wisata,
c. irigasi atau pengairan sawah, dan
d. sarana olahraga (dayung). 
3.      Apa pengertian ketampakan alam bukit?
Jawab:
Bukit adalah tanah yang berbentuk kubah dan mempunyai ketinggian antara 200-300 meter. Bukit lebih rendah dari gunung.
4.      Mengapa manusia membuat lingkungan buatan?
Jawab:
Manusia membuat lingkungan buatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang beragam.
5.      Sebutkan tiga lingkungan buatan!
Jawab:
Lingkungan buatan antara lain, waduk, sawah, perkebunan, stasiun, terminal, dan pasar.
Perbaikan
A.        Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Di perkotaan tampak yang mendominasi adalah lingkungan ….. buatan.
2.      Gunung, sungai, dan laut adalah contoh lingkungan … alam.
3.      Tanaman bakau sangat baik untuk mencegah erosi olehombak.
4.      Lingkungan sekolah dibuat indah supaya …. nyaman.
5.      Orang yang ahli merancang bangunan disebut …. arsitek.
B.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Sebutkan pembagian lingkungan berdasarkan penciptanya!
Jawab:
Lingkungan dibagi menjadi lingkungan alam (diciptakan tuhan) dan lingkungan buatan (diciptakan manusia).
2.      Apa yang dimaksud dengan lingkungan abiotik?
Jawab:
Lingkungan abiotik adalah lingkungan yang terdiri atas benda mati.
3.      Sebutkan contoh tanaman perkebunan!
Jawab:
Contoh tanaman perkebunanantara lain, tebu, kelapa sawit, teh, kakao, dan kopi.
4.      Apakah tujuan orang membangun jalan?
Jawab:
Tujuan dibuat jalan adalah menghubungkan tempat satu dengan yang lain agar lebih mudah dan lancar.
5.      Apa yang dimaksud denganhutan?
Jawab:
Hutan adalah daerah yang ditumbuhi banyak pohon. Di hutan terdapat banyak sekali jenis pohon.
Pengayaan
Kerjakan sesuai dengan perintahnya!
Amatilah lingkungan buatan apa saja yang ada di rumahmu! Catatlah lingkungan tersebut! Jelaskanlah manfaat dari lingkungan buatanmu tersebut! kerjakan pada buku tugas!
BAB 2
Memelihara Lingkungan
Standar Kompetensi
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama di sekitar rumah dan sekolah.
Kompetensi Dasar
1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
             Manusia tidak bisa dilepaskan dari lingkungannya. Manusia sangat bergantung pada lingkungannya baik lingkungan alam maupun buatan. Manusia banyak mengambil manfaat dari lingkungan sekitarnya.Agar lingkungan sekitar lestari maka harus dijaga. Caranya dengan memelihara dan merawatnya. Kita harus ikut memelihara lingkungan sekitar. Sebab kita pun bagian dari lingkungan sekitar. Lakukan pemeliharaan tersebut sesuai kemampuan. Memelihara lingkungan harus menjadi kebiasaan. Bahkan, harus menjadi perilaku sehari-hari. Kita harus membiasakan diri memelihara lingkungan. Mulailah dari lingkungan terdekat dengan kita. Misalnya, lingkungan sekitar rumah. Rumah harus dirawat dan dijaga kebersihannya. Rumah harus dibersihkan setiap hari. Dengan demikian, rumah menjadi nyaman dan sehat.
            (gambar orang menanam pohon)

artikel

INFORMASI BERMANFAAT UNTUK ANDA KUNJUNGI PUSAT BATIK MURAH BERKUALITAS DAN NYAMAN

BATIK INDOKABANA SEBAGAI PRODUSEN DAN PENJUALAN KAIN BATIK CAP DAN TULIS TERBAIK DAN MURAH

http://www.indokabana.com/

>>> GROSIR BAJU, KLIK DISINI <<<

KAIN-BAJU.COM SEBAGAI GROSIR KAIN DAN BAJU TERMURAH DAN BERSAHABAT MODEL UPDATE

TEMUKAN SOLUSI DAN DAPATKAN SEGERA, LENGKAP, KEBUTUHAN BAJU, KAIN & SERAGAM BATIK TERBAIK DAN MURAH

http://www.kain-baju.com/

>>> GROSIR BAJU, KLIK DISINI <<<

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya BAB 1 Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan Manusia

Tuesday 29 August 2017 | Post

*INFO BAZAAR* Calling All Tenant !! Hallo sahabat Jakarta, Podjok Production kembali menyelenggarakan acara bazaar loh.…

Thursday 13 April 2017 | Post

You, the travelers, have spoken! TripAdvisor has released it’s Certificate of Excellence awards this year! Based…

Monday 16 March 2015 | Post

PERUSAHAAN DANA PENSIUN YANG MENGELOLA DAN MENJALANKAN PROGRAM PENSIUN Perusahaan dana pensiun yang mengelola dan menjalankan…

Monday 14 August 2017 | Post

Top Romantic Getaways Di Filipina Dalam beberapa tahun terakhir Filipina telah dengan cepat menjadi tujuan bulan…