Menu

ASAL USUL MOYANG INDONESIA

Mar
25
2015
by : PakdheBudi Kayamara. Posted in : Post
Asal-Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Sangat sulit untuk mengetahui asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia. Para ahli telah melakukan berbagai penelitian mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan memunculkan berbagai pendapat mengenai hal tersebut.

             Adapun pendapat para ahli tentang asal usul bangsa Indonesia, antara lain sebagai berikut.
                           1.    Prof. Dr. H. Kern
                    Bangsa Indonesia berasal dari Campa, Kochin Cina, Kamboja. Ia memperkirakan nenek moyang bangsa Indonesia datang ke Kepulauan Indonesia dengan menggunakan perahu bercadik. Pendapatnya ini didukung adanya persamaan nama dan bahasa di daerah asal nenek moyang bangsa Indonesia dengan daerah-daerah di Indonesia. Itu karena bahasa-bahasa yang dipakai di Kepulauan Indonesia, Polinesia, Melanesia, Micronesia berasal dari satu akar bahasa yang disebut bahasa Austronesia.
                           2.    Dr. Branders
                    Bangsa yang bermukim di Kepulauan Indonesia memiliki banyak persamaan dengan bangsa-bangsa pada daerah yang membentang dari sebelah utara Pulau Formusa; sebelah barat wilayah Madagaskar; sebelah selatan, Jawa dan Bali; sebelah timur sampai ke tepi Pantai Barat Amerika. Penelitiannya melalu perbandingan bahasa.
                           3.    Willem Smith
                    Ia membagi bangsa-bangsa di Asia atas dasar bahasa yang digunakan. Misalnya, bangsa yang menggunakan bahasa Togon, bangsa yang berbahasa Jerman, dan bangsa yang menggunakan bahasa Austria. Selanjutnya, pemakai bahasa Austria dibagi lagi menjadi bangsa yang menggunakan bahasa Austro Asia dan bangsa yang menggunakan bahasa Austronesia. Bangsa yang menggunakan bahasa Austronesia mendiami wilayah Indonesia, Melanesia, dan Polinesia.
                           4.    Drs. Moh. Ali
                    Bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan. Pendapat ini dipengaruhi oleh pendapat Moens yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Mongol dan terdesak oleh bangsa-bangsa yang lebih kuat. Akibatnya, mereka tersebar ke arah selatan sampai dengan wilayah Indonesia. Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari hulu-hulu sungai besar di Asia dan kedatangannya ke Indonesia dilakukan secara bergelombang pada tahun 300 SM–1500 SM dan tahun 1500 SM–500 SM.
                           5.    Majundar
                    Bangsa Indonesia yang berbahasa Austronesia berasal dari India. Mereka kemudian menyebar ke Indocina terus ke wilayah Indonesia dan Pasifik. Pendapat ini didukung oleh penelitiannya berdasarkan bahasa muda di India Timur.        
                           6.    Max Muller
                    Bangsa Indonesia adalah daerah Asia Tenggara. Namun, ia tidak memberikan alasan jelas tentang pendapatnya itu.
                           7.    Hogen
                    Bangsa yang mendiami daerah pesisir Melayu berasal dari Sumatra. Bangsa ini bercampur dengan bangsa Mongol yang kemudian disebut bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu. Bangsa Melayu Tua (Deutro Melayu) menyebar ke wilayah sekitar Indonesia pada sekitar tahun 1300 SM–1500 SM. Adapun bangsa Deutro Melayu (Melayu Muda) masuk dan menyebar ke wilayah Indonesia pada sekitar 1500 SM–500 SM.
                           8.    Prof. Dr. Kroom
                    Asal-usul bangsa Indonesia berasal dari daerah Cina Tengah. Hal itu disebabkan di daerah tersebut terdapat sumber-sumber sungai besar. Mereka menyebar ke wilayah Indonesia sekitar 2000 SM–1500 SM.   
                           9.    Van Heine Geldern
                    Bangsa Indonesia berasal dari Asia. Teorinya didukung oleh penemuan artefak-artefak di Indonesia yang memiliki banyak persamaan dengan penemuan serupa di daratan Asia.
                           10.  Prof. Dr. Moh. Yamin
                    Bangsa Indonesia berasal dari wilayah Indonesia sendiri. Teorinya didukung dengan penemuan fosil dan artefak tertua dengan jumlah lengkap yang terbanyak di wilayah Indonesia.
Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya ASAL USUL MOYANG INDONESIA

Monday 25 September 2017 | Post

*INFO BAZAAR* Calling All Tenant !! Hallo sahabat Jakarta, Podjok Production kembali menyelenggarakan acara bazaar loh.…

Wednesday 3 May 2017 | Post

Stunning city skyline, award-winning temples of gastronomy, elegant museums and spectacular public art spaces make Doha…

Thursday 20 July 2017 | Post

Jakarta Nightlife – Blowfish dan Puro adalah restoran, bar, dan juga Club yang paling keren. Salah…

Friday 16 June 2017 | Post

Setelah sedikit bernostalgia dengan Deni Manusia Ikan, sekarang saya akan mengenang memori dengan komik Nina. Saya…