Membangun Kualitas Kepribadian Diri


Built an Excellene Image
Kepribadian
pada diri seseorang dan mengurangi sifat- sifat buruk. Proses mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki seseorang agar bisa terwujud lebih efisien dengan penekanan pada. Kemampuan diri dan kemampuan.
FAKTOR PEMBENTUK KEPRIBADIAN MANUSIA
Teori Kepribadian manusia terbentuk dari bawaan.(Potensi yang dimiliki karena faktor bakat)Kepribadian manusia lebih di dominasi oleh faktor luar.(Seberapa jauh lingkungan luar membentuk kepribadian seseorang.)
Konvergensi. Kepribadian manusia dibentuk oleh hasil interaksi dari “Nature dan Nurture”. Jadi hasil interaksi dari potensi dfri yang dimiliki manusia dan seberapa besar lingkungan mempengaruhi perwujudan potensi dan bakat yang dimiliki.
Manifestasi/perwujudan dari ketrampilan sosial yang telah individu dari pengenalannya terhadap lingkungan dan pengenalannya pada diri sendiri.
TUJUAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN
Membantu seseorang (individu) mewujudkan potensi diri yang dimiliki. nilai tambah untuk diri sendiri maupun lingkungan jatenkan perannya dengan optimal sebagai makhluk social.
POTENSI MANUSIA
Cipta (akal, imajinasi)
Rasa (emosi, nurani)
Karsa (motivasi, semangat)
Karya (prestasi, kreasi) Kemampuan.untuk,mengubah-kondisi
TAHAPAN-TAHAPAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN
© Pengenalan diri © Konsep diri © Potensi diri © Nilai Tambah
Menggugah kesadaran diri. Mengetahui hal-hal (potensi) yang dimiliki. Bagaimana kita berfikir bertindak tidak hanya untuk saat ini, diri sendiri tapi berfikir dan bertindak untuk yang akan datang dan bermanfaat untuk orang lain dan lingkungan.
HASIL-HASIL YANG DIPEROLEH DARI PROSES PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN
Mengubah perilakiLDegatitmepjadi positif Dapat menerima kegagalanDapat menerima kelebihan dan kekurangan orang lain Dapat bekerjasama baik dengan lingkungan keluarga maupun ingkungan social lebih mawas dirirabah terhadap cobaan hidup mampu mengendalikan diri.
Berusaha lebih giat untuk mencapai kebahagiaan dan kesuskesan
FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG
Orang tua/Lingkungan Pendidikan
Diri sendiri:
Keinginan
Kemauan
Melaksanakan kesempatan
FAKTOR-FAKT. R. PENGHAMBAT )orang tua / lingkungan pendidikan
diri sendiri:
Gelisah
Merasa bersalah
Malu
Takut
Superior (angkuh)
Minder
Frustasi
Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment