Komunikasi Non Verbal Populer Dalam Dunia Komunikasi


Komunikasi nonverbal mervjpakan kata yang sedang populer saat ini. ‘Setiap orang tampak tertarik pada pesan yang dikomunikasikan oleh gerakan tubuh, gerakan ‘mata, ekspresi wajah, sosok tubuh, pengguna jarak (ruang), kecepatan dan volume bicara, bahkan juga keheningan. Fungsi. komunikasi nonverbal adalah untuk menekankan, untuk melengkapi, untuk mempertentangkan, untuk mengatur, untuk m enanggulangi dan untuk menggantikan.
Gerakan tubuh menurut Paul Ekman dan Wallace V. Friesen (1969) diklasifikasikan menjadi Emblim adalah perilaku nonverbal yang secara agak langsungmenerjemahkan kata-kata atau ungkapan. Ilustrator adalah perilaku non verbal yang mnyertai dan secara harafiah mengilustrasikan peasan verbal. Effect display adalah gerakan-gerakan nonverbal yang mengkomunikasikan makna emosional. Regulator adalah gerakan-gerakan nonverbal yang mengkoordin.r.i, memantau, memelihara, atau mengendalikan pembicaraan orang lain, Adaptor adalah perilaku nonverbal ya.ng dilakukan tanpa sadar dan biasanya berfungsi memenuhi kebutuhan tertentu, misalnya menggaruk kepala ketika gatal.
Gerakan wajah dapat mengkomunikasikan berbagai beragam emosi, yang paling sering ditelaah adalah kebahagiaan, keterkejutan, ketakutan, kemarahan, kesedihan, dan kesebalan. Pengkomunikasian keenam emosi ini disebut affect display primer. Ekspresi Mikromomentari adalah gerakan.yang sangat singkat yang tidak secara sadar tertangkap dan yang dianggap mengungkapkan keadaan emosi seseorang yang sebenarnya. Gerakan mata dapat berfungsi untuk mencari umpan balik, meminta orang lain untuk berbicara, mengisaratkan sifat hubungan, dan mengkompensasi jarak fisik yang menjauh. Ukuran pupil mata tampaknya menampakkan tingkat minat seseorang dan tingkat kebangkitan emosinya.
Definisi parabahasa ( paralanguage) adalah satu latihan kuno guna meningkatkan kemampuan mahasiswa mengungkapkan berbagai emosi, perasaan dan sikap untuk mengajak mahasiswa mengucapkan sebuah kalimat dengan penekanan pada kata-kata yang berbeda. Parabahasa mengacu pada dimensi vokal tetapi nonverbal dari pembicaraan , ini meliputi kecepatan, tekanan, volume, resonansi dan kualitas vokal selain juga jenak (pause) dan nada ragu.)
nunikasi dan Hubungan Antar Pribadi munikasi antarpribadi didefinisikan menurut para ahli komunikasi secara ‘beda-beda (Bochner, 1978Cappella, 1987Miller, 1990). Disini kita imbahas tiga rancangan utama:
– Definisi berdasarkan Komponen (Componential)
kita mengidentifikasi komponen-komponen atau elemen-elemen dalam tindak komunikasi antarpribadi.
Definisi berdasarkan Hubungan Diadik (Relational[dyadic]) komunikasi antarpribadi didefinisikan sebagai komunikasi yang berlangsung antara dua orang yang mempunyai hubungan yang jelas.
Definisi berdasarkan Pengembangan (Developmental) komunikasi antarpribadi didefinisikan sebagai perkembangan atau kemajuan dari komunikasi tak-pribadi pada satu ekstrim ke komunikasi pribadi ke ekstrim yang lain.
Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comment